on

Mau Tahu Xiaomi Mi5s? Simak Reviewnya!

Walau belakangan ini tampak agresif melakukan ekspansi produk ke beberapa kategori namun Xiaomi tidak lantas kehilangan fokus terhadap produk ponsel yang membuatnya menjadi salah satu pabrikan global. Baru-baru ini produsen asal Cina tersebut memperkenalkan Xiaomi Mi5s yang mungkin tak lama lagi bakal mulai tersedia di toko online handphone di Indonesia maupun retailer tradisional (off-line).

Sekilas yang menjadi daya tarik dari smartphone Xiaomi terbaru ini adalah balutan material logam berikut chipset Snapdragon 821 yang dipercaya menjadi jantung performanya. Seperti apakah Xiaomi Mi5s? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi5s Indonesia


Membedah Xiaomi Mi5s

Begitu membuka kardus atau box Xiaomi Mi5s rasanya hampir semua bakal sependapat bahwa ponsel Xiaomi terbaru ini merupakan produk ponsel paling menarik dari sisi estetika dibanding ponsel merek Xiaomi yang sudah beredar sebelumnya.
Penerapan desain unibody berpadu dengan material logam serta bentuk bagian tepi yang apik benar-benar membuatnya memukau pada impresi pertama.

Selain bagian antena benar-benar tak ada bagian dari Mi5s yang tidak mengadopsi material logam. Tak heran jika kesan elegan terasa demikian kuat pada ponsel terbaru buatan Xiaomi tersebut.

Review Xiaomi Mi5s Indonesia

Ukuran layrnya terbilang ideal bagi mereka yang mengapresiasi dimensi kompak, meski hanya memiliki layar 5.18 inch namun layar yang sanggup menampilkan resolusi setara FHD tersebut menyajikan gambar serta warna yang sangat atraktif sekaligus tajam.

Sang produsen memutuskan untuk sama sekali meninggalkan phisical button, di bagian bawah layar terdapat cekungan yang berfungsi sebagai tombol “home” sekaligus tempat untuk meletakkan sensor pemindai sidik jari. Sensor ini sendiri dalam pengujian bekerja dengan sangat baik, cepat dan responsif. Sementara capacitive button-nya sudah dilengkapi dengan backlit yang bukan saja praktis digunakan dalam gelap namun sekaligus meningkatkan nilai estetika. Lampu backlit tersebut juga bisa dikustomisasi oleh pemilik.

Pengalaman Menggunakan Xiaomi Mi5s

Sekalipun demikian ada satu hal yang mungkin disayangkan, yaitu pilihan Xiaomi untuk meniadakan IR blaster pada Mi5s yang bisa sangat bermanfaat diposisikan sebagai universal remote control. Setidaknya pabrikan asal Cina ini tidak mengekor Apple yang menghilangkan headset jack seperti pada iPhone 7. Kualitas output yang dihasilkan oleh smartphone ini sendiri termasuk dalam kategori biasa saja, tidak terdengar istimewa.

Di atas layar bersama dengan notifikasi LED yang bisa dikustomisasi sang produsen menempatkan pula kamera selfie 4 MP dengan teknologi Ultrapixel. Kualitas kamera sekunder ini termasuk baik untuk ukuran kamera depan, lebih dari cukup untuk sekedar diunggah ke jejaring sosial.

Sedangkan kamera utama 12 MP menghasilkan kualitas foto sangat baik di luar ruangan sekalipun pada kondisi mendung. Baik ketajaman maupun akurasi warna sesuai ekspektasi dari sebuah smartphonen di kisaran harga ini meski dalam beberapa situasi ia bisa memiliki kecenderungan menjadi overexposed.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi5s

Kamera Xiaomi Mi5s

Di dalam ruangan dan malam hari sebenarnya foto yang dihasilkan kamera Xiaomi Mi5s masih terbilang baik, namun jangan berharap terlalu tinggi. Sama halnya dengan kebanyakan ponsel di rentang harga ini gejala grainy tak bisa disamarkan.

Kala digunakan merekam video kamera ini lagi-lagi menghasilkan kualitas yang relatif baik, ia juga sudah dilengkapi dengan EIS (Electronic Image Stabilization) untuk mengurangi gejala goyang meski tidak menghilangkan secara keseluruhan. Sedangkan untuk kualitas suara masih kalah jernih jika dibandingkan hasil rekaman dengan kamera Xiaomi Mi5.

Seperti disinggung di awal bahwa Xiaomi memercayakan performa Mi5s pada Snapdragon 821 yang didukung oleh LPDDR4 RAM berkapasitas 4 GB untuk versi 128 GB. Sementara versi 32 GB dan 64 GB hanya memiliki RAM 3 GB saja.

Performa Xiaomi Mi5s sangat memuaskan, semua game 3D yang dicoba dijalankan sanggup dimainkan dengan lancar pada mode grafis tertinggi sekalipun. Gejala overheat juga tidak terdeteksi selama pengujian berlangsung.

Baterai 3100 mAh yang dipasang pada smartphone terbaru Xiaomi ini mendukung fitur Quick Charge 3.0 namun Xiaomi sendiri tidak menyertakan fast charger dalam kemasan. Jika digunakan secara agresif baterai ini masih sanggup bertahan selama 1 hari penuh sementara untuk penggunaan normal ia mampu bertahan selama dua hari. Daya tahan baterainya kurang lebih setara dengan LG G2 yang legendaris itu.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi5s

Impresi Terhadap Xiaomi Mi5s

Xiaomi sekali lagi menunjukkan dirinya sebagai pemain penting di segmen menengah, kehadiran Xiaomi Mi5s memperkokoh citra tersebut. Dibekali Snapdragon 821, baterai dengan daya tahan di atas rata-rata ponsel terbaru dari Negeri Cina ini tampil apik berkat desain unibodi metal.

Kemampuan kamera yang istimewa bakal menjadi poin penting lain yang bakal diapresiasi konsumen, sayang Xiaomi Mi5s tidak mendukung penggunaan memori eksternal melalui microSD yang mungkin bakal termaafkan oleh kebanyakan calon konsumennya.