on

Handphone Xiaomi Terbaik 2016: Xiaomi Mi 5

Kandidat Handphone Xiaomi Terbaik 2016 akhirnya secara resmi diperkenalkan dalam wujud tiga varian Xiaomi Mi 5. Masing-masing adalah Xiaomi Mi 5 Pro, Xiaomi Mi 5 32 GB dan Xiaomi Mi 5 64 GB yang oleh sang produsen ketiganya sama-sama diposisikan sebagai flagship models terbaru mereka.

Lebih kurang dua tahun berlalu semenjak terakhir kali produsen asal Cina tersebut memperkenalkan Mi 4. Selama itu, berbagai spekulasi mengenai Xiaomi Mi 5 terus bermunculan namun pihak pabrikan tak bergeming dalam memberi jawaban. Selama waktu itu pula mereka mempersiapkan flagship phone terbaru yang hampi pasti bakal menjadi handphone Xiaomi terbaik tahun ini.

Kelebihan dan Kekurangan Handphone Xiaomi Terbaik 2016: Xiaomi Mi 5


Mengenal Desain Handphone Xiaomi Terbaik: Xiaomi Mi 5

Memiliki dimensi 144.55 x 69.20 x 7.25 mm serta bobot 129 gram, sang kandidat handphone Xiaomi terbaik ini terasa ringan sekaligus tipis dalam genggaman. Xiaomi Mi 5 juga tercatat sebagai smartphone pertama buatan Xiaomi yang mengadopsi penempatan sensor pemindai sidik jari pada tombol ‘Home’.

Desainnya juga cenderung mengkurva dibanding smartphone Xiaomi yang sudah beredar sebelumnya, menurut penjelasan resmi pihak produsen pilihan itu diambil agar handphone tersebut tidak licin kala digenggam. Perbedaan itu meski sepele namun cukup terasa kala digenggam.

Untuk menampilkan kesan elegan maka Xiaomi Mi 5 mengadopsi desain all-glass pada casing bagian belakang, meski tujuannya tercapai namun bukan rahasia bahwa permukaan semacam ini cenderung mudah tampak kusam selama penggunaan sehari-hari. Sementara untuk Mi 5 Pro pihak pabrikan menggunakan material keramik yang tampaknya sedang digemari dalam dua tahun belakangan ini.

Mi 5 yang disebut-sebut sebagai handphone Xiaomi terbaik ini juga sudah mengadopsi port USB tipe C serta fitur Qualcomm Quick Charge 3.0.

Awalnya dirumorkan bahwa Xiaomi Mi 5 bakal mengusung layar dengan resolusi 1440 pixels, namun ketika resmi diperkenalkan handphone terbaik Xiaomi tersebut masih menerapkan resolusi konvensional yaitu 1080 pixels. Sedikit mengecewakan namun sama sekali tidak perlu disesali, pasalnya layar ini menampilkan warna serta gambar yang apik.
Layar berukuran 5.15 inch tersebut memiliki tingkat kerapatan warna 428 ppi.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 5 di Indonesia

Perhatian detil Xiaomi terhadap desain kembali kentara pada penempatan kamera depan dan speaker dimana keduanya tampak disusun simetris. Lagi-lagi bagi kebanyakan orang mungkin hal ini terasa begitu sepele namun jika diperhatikan kesimetrisan tersebut sebenarnya berperan besar dalam menciptakan penampilan keseluruhan yang secara subjektif kami menyebutnya outstanding.

Handphone Xiaomi Terbaik 2016: Xiaomi Mi 5

Fitur lain dari sebuah smartphone yang hampir selalu dianggap penting oleh konsumen tentu saja adalah kamera. Sebelumnya kamera Xiaomi Mi 4i sempat menuai apresiasi dari banyak kalangan. Kali ini sang produsen memercayakan kamera belakang pada lensa saphire anti gores Sony IMX298 16 MP dengan fitur pendukung yang diunggulkan berupa four-axis optical image stabilization, phase detection autofocus serta deep trench isolation (DTI). Fitur DTI sendiri sebelumnya diketemukan pada dua iPhone terbaru yaitu iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Dalam pengujian awal kamera Xiaomi Mi 5 menunjukkan hasil yang memuaskan dari sisi akurasi warna maupun tingkat detil yang ditangkap. Sementara itu fitur four-axis OIS yang mengkombinasikan antara longitudinal, latitudinal dan transversal stabilization dalam mengkompensasi goncangan selama proses pengambilan foto juga terbukti sangat membantu utamanya untuk low-light performance. Hasilnya foto-foto yang didapat pada kondisi tersebut (low-light) masih terlihat tajam.

Hasil Kamera Xiaomi Mi 5

Sedangkan pada bagian depan ditempatkan kamera sekunder 4 MP dengan sensor 2µm yang bekerja relatif baik pula dalam berbagai situasi.

Xiaomi Mi 5 menjalankan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 dengan tampilan antarmuka MiUI versi 7.0 yang tampak sederhana namun elegan.

Impresi Awal Terhadap Handphone Xiaomi Terbaik: Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi 5 yang mengandalkan chipset Snapragon 820 dan LPDDR4 RAM hadir dalam balutan desain apik nan elegan berikut fitur kamera impresif serta sensor pemindai sidik jari yang layak menempatkannya berhadapan dengan flagship models dari merek-merek mapan.
Sampai hari ini sang produsen belum mengumumkan harga resmi Xiaomi Mi 5 di Indonesia yang disebut-sebut bakal menjadi handphone Xiaomi terbaik itu.