on

Spesifikasi Panasonic Eluga Prim, HP Android Murah Panasonic

Harga Panasonic Eluga Prim menempatkannya bersaing di segmen low-end yang notabene sudah banyak dibanjiri oleh berbagai merek seperi Xiaomi, Oppo, Vivo hingga pabrikan sekelas Samsung. Handphone terbaru yang diriis resmi pada awal tahun 2017 tersebut sekilas tampak mengadopsi desain à la iPhone.

Panasonic Eluga Prim bukan HP Android murah yang pertama kali meniru penampilan iPhone, sejak beberapa tahun kebelakang praktik tersebut tampak jamak dilakukan oleh banyak produsen dalam rangka menarik perhatian calon konsumen yang menjadi target market -nya.

Spesifikasi dan Harga Panasonic Eluga Prim


Kelebihan dan Kekurangan HP Android Murah Panasonic Eluga Prim

Spesifikasi Panasonic Eluga Prim

Performa Quad Core, 1.25 GHz, 3 GB RAM
Layar 5.0 inches (12.7 cm), HD, 294 PPI, IPS LCD
ROM 16 GB
Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow
Kamera Utama 13 MP, Triple LED Flash
Kamera Sekunder 5 MP
RAM 3 GB
Baterai 2500 mAh

Build Quality dan Desain HP Android Murah Panasonic Eluga Prim

Seperti disinggung sebelumnya bahwa HP Android 2 Juta-an buatan Panasonic ini tampil menyerupai penampilan handphone buatan Apple yang konsisten mengusung nama iPhone semenjak dirilis pertama kali. Panasonic sendiri merilis Eluga Prim dalam dua opsi warna yaitu kombinasi white/gold serta gunmetal grey+black.

Pada bagian depan ditempatkan layar berukuran 5 inch dengan tingkat resolusi setara HD (720 x 1280 pixels). Tingkat resolusi tersebut terbilang rendah untuk ukuran ponsel masa kini, namun karena ukuran layarnya juga tidak termasuk besar maka selama penggunaan tidak tampak terjadi gejala pikselisasi yang umum ditemukan pada layar dengan tingkat resolusi rendah. Ketajaman warna serta tingkat kecerahannya justru terbilang baik untuk ukuran HP Android 2 Jutaan. Selain itu viewing angles -nya cukup luas dan layarnya bisa terbaca cukup jelas kala digunakan di luar ruangan.

HP Android 2 Jutaan Panasonic Eluga Prim

Di atas layar tersebut tampak lensa kamera sekunder dengan sensor 5 MP beserta logo “Panasonic”.
Beralih ke sisi belakang hal yang cukup mencolok adalah kontur yang diadopsi oleh cover bagian belakang ini untuk mengurangi kemungkinan ponsel tergelincir kala digenggam. Lensa kamera utama dengan sensor 13 MP diletakkan di bagian tengah dikawal oleh lampu LED.

Port 3.5 mm dan USB diposisikan di bagian atas, sedangkan bagian bawah hanya ditempati oleh kisi-kisi speaker. Tombol pengatur volume serta tambol daya berada di sisi kanan.

Panasonic Eluga Prim telah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari (fingerprints scanner). Dalam pengujian sensor ini bekerja cukup cepat serta akurat.

Performa

Dengan mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz SoC didampingi oleh RAM sebesar 3 GB sistem operasi Android Marshmallow mampu berjalan relatif mulus selama penggunaan sehari-hari. Tampilan antar mukanya sangat sederhana dan tidak menawarkan banyak keleluasaan untuk dikustomisasi. Beberapa aplikasi bawaan tampak ter- install begitu HP Android murah ini dinyalakan, namun kesemuanya bisa disingkirkan uninstall jika memang tidak dikehendaki.

Menjalalankan browser Google Chrome dengan membuka beberapa tab secara bersamaan tidak menunjukkan penurunan performa selama pengujian, demikian pula perpindahan antar aplikasi berjalan cukup mulus. Waktu loading masing-masing aplikasi juga tidak membutuhkan waktu tunggu yang kelewat lama. Untuk ukuran ponsel kelas low-end kami menilainya cukup baik dari sisi performa.

Saat dicoba menjalankan game “Asphalt 8” dari sisi performa sebenarnya masih bisa dinikmati dengan layak, sayang seperti halnya Oppo V5 Plus terjadi peningkatan suhu secara signifikan meski game tersebut hanya berjalan beberapa menit. Bahkan pengujian bertelepon selama 30 menit pun membawa pada kondisi yang sama (peningkatan suhu) hingga terasa tidak nyaman. Harapannya Panasonic akan segera memberikan firmare update untuk mengatasi kondisi tersebut.

Kamera

Kamera utama dengan sensor 13 MP pada HP Android murah buatan Panasonic ini sebenarnya tidak terlalu kami harapkan, sejujurnya nyaris tak ada kamera ponsel harga kurang dari Rp 6 Juta yang bisa menghasilkan kualitas foto layak. Namun ternyata foto yang dihasilkan oleh kamera Panasonic Eluga Prim tidak terlalu buruk untuk ukuran HP Android 2 Juta-an. Selain cukup tajam juga akurasi warna yang ditampilkan terbilang baik.

Foto Hasil Kamera Panasonic Eluga Prim

Harga Panasonic Eluga Prim dan Kesimpulan

Harga Panasonic Eluga Prim dipatok di kisaran Rp 2 Juta-an, untuk standar ponsel sekelas itu ia tampak unggul dari sisi desain, build quality serta performa. Kualitas kameranya pun masih bisa dinikmati.
Hanya saja kelemahan Panasonic Eluga Prim yang terasa mengganggu sejauh ini adalah manajemen termal yang buruk sehingga ponsel ini relatif cepat panas. Bahkan kala digunakan bertelepon yang notabene merupakan fungsi dasar dari sebuah ponsel pun peningkatan suhu tersebut sampai pada tahap yang mengganggu.