on

Spesifikasi Vivo V5 Plus Handphone Selfie Terbaik

Spesifikasi Vivo V5 Plus mengusung layar IPS LCD 5.5 inch Full HD, prosesor 2.0 GHz Cortex A53 dan RAM 4 GB menjalankan sistem operasi Android Marshmallow. Hal paling pantas disoroti tak lain adalah kombinasi kamera selfie 20 MP + 8 MP yang konon menjadikannya sebagai handphone selfie terbaik yang ada di bursa handphone saat ini.

Banderol harga Vivo V5 Plus ada di rentang Rp 6-6.5 Juta-an, sebelum kehadirannya tak banyak handphone kelas menengah dengan kisaran harga tersebut yang secara spesifik men-spesialisasikan dirinya sebagai handphone selfie. Walau dibanderol lebih mahal sejatinya handphone terbaru Vivo ini dimaksudkan untuk menjegal Oppo F1s.

Harga Vivo V5 Plus dan Spesifikasi


Bedah Spesifikasi Vivo V5 Plus

PerformaOcta Core, 2 GHz, Snapdragon 625, 4 GB RAM
Layar5.5 inches (13.97 cm), Full HD, 401 PPI, IPS LCD
ROM64 GB
Kamera16 MP Primary Camera, LED Flash, 20 MP + 8 MP Dual Front Cameras
Baterai3055 mAh, Fast Charging, Non-Removable
RAM4 GB

Fitur Lain
Posisi sensor pemindai sidik jariFront
Sensor lainLight sensor, Proximity sensor, Accelerometer, Compass, Gyroscope
Fingerprint sensorYes
general
Quick chargingYes
Sistem operasiAndroid v6.0 (Marshmallow)
Slot SIMDual SIM, GSM+GSM
ModelV5 Plus
Rilis resmiFebruary 2017
MerekVivo
Tipe kartu SIMSIM1: NanoSIM2: Nano
Jaringan4G: Available (supports Indian bands) 3G: Available, 2G: Available
fingerprint sensorYes
multimedia
loudspeakerYes
audio jack3.5 mm
performance
chipsetQualcomm Snapdragon 625 MSM8953
graphicsAdreno 506
processorOcta core, 2 GHz, Cortex A53
architecture64 bit
ram4 GB

Build Quality dan Desain Vivo V5 Plus

Sama seperti Vivo V5 yang hadir terlebih dahulu penampilan V5 Plus ini kentara sekali mengambil inspirasi atau lugasnya meniru desain iPhone milik Apple. Memang dari sisi keaslian ide fakta ini bakal dipersepsi negatif namun jika Anda mengesampingkan fakta tersebut maka yang disajikan oleh Vivo lewat V5 ini adalah sebuah desain yang apik, ramping, dengan build quality sangat solid.

Kombinasi kelir putih dan emas memberi kesan elegan pada ponsel yang ramping ini. Bagian depannya didominasi oleh layar 5.5 inch dengan resolusi Full HD yang menjadikan Vivo V5 Plus selangkah lebih unggul dibanding Oppo F1s yang masih menggunakan layar dengan resolusi HD.

Di atas layar tersebut terletak daya tarik utama dari V5 Plus yang tak lain adalah kamera selfie dual sensor masing-masing 20 MP dan 8 MP. Sedangkan tombol “home” yang diintergrasikan dengan sensor pemindai sidik jari (fingerprints scanner) diposisikan di bawah layar tersebut.

Bagian belakangnya didesain minimalis dengan hanya menempatkan sensor kamera utama beserta LED di sudut kiri atas. Sisanya hanya terlihat logo “Vivo” dan sertifikasi dari ponsel bersangkutan.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V5 Plus

Kualitas layarnya sendiri tergolong sangat baik untuk standar handphone harga 6 Juta-an, kualitas tersebut bisa dilihat dari poin akurasi warna, viewing angles hingga tingkat kecerahan yang menjadikannya ideal digunakan menjalankan game, memutar video dan sebagainya. Satu hal yang disayangkan adalah karakter layar yang termasuk reflektif sehingga tidak nyaman digunakan di bawah paparan sinar matahari.

Performa

Pada sektor performa Vivo V5 Plus mengandalkan chipset Snapdragon 625 yang digunakan pula oleh beberapa kompetitor seperti Xiaomi Redmi Note 4 serta Asus Zenfone 3. Oleh karena ingin menjegal Oppo F1s maka tidak mengherankan jika Vivo memberikan surplus RAM 1 GB dibanding Oppo F1s yang menjadikan kapasitas total RAM Vivo V5 Plus menjadi 4 GB.

Untuk menguji performa Vivo V5 Plus tersebut kami mencoba membuka beberapa tab pada browser Chrome kemudian secara acak berpindah dari satu tab ke tab yang lain juga berpindah ke aplikasi lain. Dalam proses tersebut tak diketemuka gejala lag, artinya untuk penggunaan harian rasanya performa V5 Plus ini boleh dibilang handal.

Sayang sekali saat diuji menjalankan game “Asphalt 8” hanya dalam waktu singkat saja bagian belakang handphone Vivo terbaru ini langsung terasa panas hingga pada tahap mengganggu kenyamanan. Karena was-was dengan peningkatan suhu yang termasuk tinggi itu maka kami terpaksa menghentikan game bersangkutan kemudian mematikan ponsel selama beberapa saat hingga suhunya kembali stabil.

Kamera


Kualitas Kamera Vivo V5 Plus

Poin yang paling menarik dari Vivo V5 Plus sudah jelas terletak pada fitur kamera, terutama kamera selfie. Kombinasi sensor 20 MP Sony IMX376 f/2.0 dengan sensor 8 MP langka ditemukan pada sebuah kamera selfie. Sensor 8 MP –nya sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan detil yang ditangkap.

Fitur menarik dari kamera selfie Vivo V5 Plus yang dibangga-banggakan oleh sang produsen adalah kemampuannya menghasilkan efek bokeh. Artinya semua bagian dari foto dibuat kabur (blur) kecuali objek utamanya, dalam hal ini tentu yang dimaksud adalah wajah. Tidak memerlukan mode manual untuk menciptakan efek tersebut karena aplikasinya secara otomatis bakal mendeteksi wajah dan mengaburkan objek lain.

Mode standarnya juga bekerja dengan baik, kualitas foto yang dihasilkan masuk dalam kategori superior jika dibandingkan dengan foto selfie yang dihasilkan oleh ponsel lain.

Sementara itu kamera utama di bagian belakang yang mengandalkan sensor 16 MP meski menghasilkan foto dengan akurasi warna cukup berimbang sayang pada sisi lain tingkat detilnya tidak sebaik yang kami harapkan. Kebanyakan kamera utama ponsel sekelasnya mampu menangkap detil lebih baik.

Impresi dan Harga Vivo V5 Plus

Memosisikan diri sebagai handphone selfie rasanya Vivo V5 Plus layak disebut sebagai handphone selfie terbaik untuk saat ini. Dengan banderol Rp 6,5 Juta-an jika Anda memang selfie maniac takkan sayang menjatuhkan pilihan pada V5 Plus namun jika fitur tersebut tidak terlalu di-dewakan rasanya harga Vivo V5 Plus terlampau mahal mengingat dengan jumlah uang yang sama ada begitu banyak handphone kelas menengah dengan performa lebih baik.