on

Harga Vivo V5s Pas Buat Segmennya, Bagaimana Spesifikasinya?

Harga Vivo V5s yang beberapa bulan lalu mulai dijual di Indonesia bisa dikatakan sesuai dengan daya beli yang menjadi target market -nya. Sebenarnya tidak sulit bagi Vivo untuk membuat penetapan harga itu, sebab kompetitornya yaitu Oppo secara tidak langsung sudah menjadi penguji pasar.

Vivo V5s sendiri merupakan varian ketiga dari handphone selfie produsen tersebut setelah sebelumnya dirilis terlebih dahulu Vivo V5 dan Vivo V5 Plus. Semakin kentara bahwa merek yang terbilang masih belia di Indonesia ini mengekor sekaligus memanfaatkan Oppo.

Harga Vivo V5s dan Spesifikasi


Membedah Spesifikasi Vivo V5s

Handphone terbaru Vivo di kisaran harga Rp 3 Juta-an ini mengusung layar berukuran 5.5 inch berteknologi IPS LCD dengan mengadopsi desain 2.5D serta menampilkan resolusi setara HD. Tidak seperti umumnya handphone kelas menengah di rentang harga tersebut yang sudah mengadopsi resolusi FHD.

Desainnya sendiri sama sekali tidak asing sebab sebelumnya sang produsen sudah menerapkan desain serupa pada Vivo V5 Plus, kesamaan itu semakin kental kala beralih ke bagian belakang yang sama-sama mengadopsi desain antena berbentuk “U”.
Di bagian belakang ini pula handphone Vivo terbaru menggunakan material logam sehingga berkesan cukup premium.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V5s

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 6.0 Marshmallow dengan tampilan antar muka Fun Touch versi 3.0. Tampilan antar muka ini masih seperti sebelumnya yaitu terinspirasi dari tampilan iOS.
Meski tidak menyediakan app drawer tapi pengguna bisa mengelompokkan aplikasi sehingga cukup membantu bagi pengguna yang memiliki banyak aplikasi.

Di sisi performa Dombort tidak menemukan cela untuk dikritik, meski menggunakan chipset MT6750 besutan MediaTek namun kala dicoba menjalankan aplikasi rutin seperti Facebook, Whatsapp bahkan menjalankan beberapa game termasuk “Asphalt 8” tidak terjadi gejala lag.

Bicara soal game, ada hal lain yang menjadi kelebihan Vivo V5s yaitu kualitas speaker dengan volume yang termasuk kuat untuk standar ponsel harga Rp 3 Juta-an. Suara bass –nya cukup kuat dan kala tingkat volume ditingkatkan tidak muncul gejala distorsi.

Sekedar catatan ponsel Vivo ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Hi-Fi (AK4376) untuk meningkatkan kualitas suara kala menggunakan earphone.

Kapasitas baterai yang dijejalkan cukup besar yaitu 3.000 mAh, sayang sekali Dombort tidak menemukan informasi mengenai screen on time pada informasi baterai yang ditampilkan. Namun berdasarkan uji PCMark tercatat waktu 8 jam dan 25 menit, artinya stamina baterai Vivo V5s sedikit di atas rata-rata ponsel sekelasnya.

Vivo V5s
Spesifikasivivo V5s
Layar 5.5 inches, 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Dimensi 153.8 x 75.5 x 7.6 mm
Bobot 154g
OS Android 6.0 (Marshmallow)
Kamera Primer 13 MP, F/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Kamera Sekunder 20 MP, f/2.0, 1/2.8" sensor size, 1080p
ROM 64GB
MicroSD microSD, up to 256 GB
RAM 4GB
Prosesor Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53 Mediatek MT6750
Baterai 3,000mAh
Standar Desain No rating
Biometrics Fingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass
Harga Rp 3,5 Juta

Bagaimana Kualitas Jepretan Kamera Vivo V5s?

Sebagai handphone selfie tentu saja semua kelebihan di atas tidak banyak berarti jika kualitas kamera selfie –nya sendiri tidak sesuai harapan.
Untungnya tidak demikian, kamera dengan sensor Sony IMX376 20 MP f/1.9 yang didampingi oleh “Moonlight” ini mampu menghasilkan foto-foto selfie serta wefie yang baik dengan tingkat detil maupun ketajaman tinggi untuk standar kamera sekunder.

Kualitasnya memang mengalami degradasi ketika digunakan di dalam ruangan atau malam hari namun secara keseluruhan sangat pantas menempatkan dirinya sebagai handphone selfie.
“Moonlight” sendiri adalah lampu flash rancangan Vivo yang dikhususkan untuk memaksimalkan kualitas foto selfie pada kondisi pencahayaan terbatas.

Harga Vivo V5s
Vivo V5s
Harga Vivo V5s
Vivo V5s


Foto Hasil Kamera Utama Vivo V5s

Hasil Jepretan Kamera Vivo V5s

Kritikan atau kekurangan Vivo V5s justru terlihat pada kamera utama 13 MP di bagian belakang yang tergolong biasa-biasa saja. Di luar ruangan hasilnya masih lumayan, tapi di dalam ruangan tingkat noise -nya lebih tinggi dibanding kamera utama kebanyakan handphone harga 3 Juta-an merek lain.