on

Oppo F3 Cuma Cocok Buat Selfie Mania

Oppo F3 kerap disebut sebagai versi lebih terjangkau dari Oppo F3 Plus, seperti tahun lalu pabrikan asal Cina ini merilis beberapa tipe Oppo lini F dalam satu tahun sejauh ini sudah dua yang resmi dijual dan F3 sebagai pengganti F1 adalah yang paling murah.

Oppo sendiri meski merupakan merek yang pertama kali terjun ke ceruk selfie beberapa bulan lampau mendapat tantangan serius dari Vivo yang juga merilis tiga tipe ponsel selfie sekaligus yaitu Vivo V5, Vivo V5 Plus dan Vivo V5s.
Kelahiran Oppo F3 sendiri merupakan langkah jitu dari Oppo, pasalnya dikisaran harga sama sejauh ini belum ada ponsel selfie yang menawarkan kamera sekunder dengan lensa ganda.

Harga Oppo F3 dan Spesifikasi




Harga Oppo F3 dan Spesifikasi

JADWAL Released Mei, 2017
Availability Lihat Disini
DIMENSI Dimensions 153.3 x 75.2 x 7.3 mm
Weight 153g
SIM Slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Type IPS LCD capacitive touchscreen
Size 5.5 inches (~72.3% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Multi-touch Yes
JARINGAN Network Support GSM/3G/4G
2G Bands 900/1800
3G Bands 2100
4G Bands 1800
Speed HSPA+ 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat.5 150/50 Mbps
PLATFORM Os ColorOS 3.0 berbasis Android 6.0 (Marshmallow)
Chipset Mediatek MT6750T
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T860MP2
MEMORI Card Slot Yes, up to 256GB
Internal 16 GB, 4 GB
KAMERA Primary 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Features 1/3" sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video [email protected]
Secondary Dual 16 MP (1/3.1" sensor size, f/2.0) + 8 MP, f/2.4
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.1, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS
Radio No
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
FITUR Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATERAI Non-removable Li-Ion 3200 mAh battery
HARGA (Cek Di sini)
LAIN-LAIN Warna Gold, Rose Gold

Kelebihan Oppo F3

Penampilan atau desain Oppo F3 tidak berbeda dari Oppo F3 Plus, namun selain dimensinya lebih kecil material yang digunakan juga berbeda. Jika F3 Plus mengadopsi material logam sepenuhnya maka untuk F3 yang dibanderol lebih murah hanya menggunakan polycarbonate dengan finishing menyerupai logam.

Sama halnya seperti F3 Plus di atas layar terdapat modul kamera ganda bersama dengan ambient light sensor serta earpiece. Sedangkan di bawah layar selain capacitive buttons terdapat pula tombol home yang tidak bisa diklik dan sekaligus berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari.
Sensor pemindai sidik jari pada Oppo F3 ini berjalan dengan akurat serta responsif, selama penggunaan tidak sekalipun ia mengalami miss dalam mengenali sidik jari.

Meski hanya menggunakan bodi dari polycarbonate tapi build quality handphone terbaru Oppo ini sangat solid, penampilannya juga elegan untuk ukuran ponsel kelas menengah.

Kelebihan kedua dari handphone Oppo terbaru ini terletak pada layar 5.5 inch berteknologi IPS LCD dengan tingkat resolusi setara FHD. Memang layar ini tidak sempurna, misalnya di bawah paparan sinar matahari langsung cenderung tidak terbaca. Tapi di luar itu tingkat ketajaman, akurasi warna serta viewing angles -nya sangat baik.
Kapasitas memori internal juga membengkak dibanding pendahulunya menjadi 64 GB, dimana setelah minus sistem dan aplikasi bawaan pengguna masih memiliki ruang sisa sekitar 51 GB.

Namun selain tiga kelebihan Oppo F3 yang sudah disebut di atas nilai keunggulan sesungguhnya dari ponsel ini terletak pada kamera selfie dengan lensa ganda. Meski beberapa orang sempat pesimis dengan beranggapan bahwa konfigurasi lensa ganda tersebut sekedar gimmick faktanya tidak demikian.

Oppo meletakkan lensa 16 MP untuk ber- selfie dan lensa lebar 8 MP 120 Derajat untuk wefie dan groupie.
Aplikasi pendukungnya praktis dan mudah dipahami. Mode HDR disediakan untuk kamera depan tersebut, selain itu berpindah mode dari lensa tunggal ke lensa ganda atau sebaliknya bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Dari sisi kualitas kamera selfie Oppo F3 mampu menghasilkan kualitas foto yang tajam dengan tingkat detil di atas rata-rata kamera selfie kala digunakan di luar ruangan. Sementara itu di dalam ruangan memang terjadi degradasi kualitas namun masih terbilang baik asalkan ada cahaya lampu yang layak. Dalam kondisi lebih gelap sang produsen menyediakan LED flash untuk membantu penerangan, tapi kala LED flash tersebut diaktifkan foto-foto yang dihasilkan cenderung grainy.

Sementara itu pada mode lensa ganda yang dimaksudkan untuk berfoto wefie dan groupie meski benar bahwa konfirgurasi tersebut memungkinkan Anda tidak lagi perlu menggunakan tongsis namun untuk hasil ideal tetap disarankan menggunakan tongsis. Pasalnya tanpa tongsis tangan si pemegang ponsel/kamera menjadi terlihat sangat panjang pada foto-foto yang dihasilkan.

Kekurangan Oppo F3

Jika di atas Gizmo Je-Jo sudah membahas beberapa kelebihan maka kini saatnya membuka mata untuk menilik apa saja kekurangan Oppo F3.

Meski kami memberi apresiasi tinggi untuk kamera sekundernya namun pada saat bersamaan kami merasa kecewa dengan kamera primer Oppo F3.
Kamera dengan sensor 13 MP ini tidak mampu menghasilkan kualitas foto mendekati ideal, terlepas apapun kondisi pencahayaan di sekitar tetap saja foto-foto tersebut tidak menunjukkan warna tajam.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F3

Di bawah paparan sinar matahari kondisinya makin memburuk karena foto-foto tersebut cenderung overexposed.

Kekurangan kedua dari handphone Oppo terbaru ini terletak pada performa, entah atas pertimbangan apa sang produsen memilih chipset MT6750T alih-alih Snapdragon 625. Meski secara teoritis kedua chispet tersebut berada di kelas yang sama tapi dalam implementasinya tidak demikian. Jeda yang cukup panjang kala menanti aplikasi loading sangat kentara kala menggunakan Oppo F3.
Bandingkan saja misalnya dengan Xiaomi Redmi Note 4 yang menggunakan Snapdragon 625 maka kesenjangan performa antara kedua ponsel sekelas itu terasa sangat berbeda.

Terakhir, yang juga menjadi nilai merah bagi rapor F3 adalah sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, padahal untuk sebuah ponsel yang rilis di pertengahan tahun 2017 wajarnya Oppo F3 sudah menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Bahkan pada unit yang direview tercatat versi security patch yang digunakan masih keluaran bulan Maret, padahal versi terbaru saat tulisan ini dipublikasikan dirilis pada bulan April.

Layak Beli Oppo F3 kah?

Sebelum memutuskan membeli Oppo F3 baiknya Anda pertimbangkan, untuk apa Anda membeli handphone baru? Jika jawabannya adalah dalam rangka memiliki ponsel dengan kamera selfie di atas rata-rata maka pilihan tersebut tidaklah salah.
Tapi kalau faktor tersebut (selfie/wefie/groupie) tak terlalu penting maka saran kami beralihlah pada pilihan lain.