on

Harga HTC Desire 820: Smartphone Selfie dari HTC

HTC Desire 820 bakal menjadi smartphone selfie kelas menengah yang pertama kali dirilis oleh pabrikan asal Taiwan itu. Tampaknya popularitas Sony Xperia C3 menjadi inspirasi bagi pabrikan lain untuk terjun ke ceruk pasar baru yaitu penggemar selfie. Meski demikian ditilik dari spesifikasi saja tampaknya HTC Desire 820 berada satu kelas di atas Xperia C3.

HTC Desire 820 sendiri dirilis bersamaan dengan HTC Desire 820q dan 820g yang tak lain adalah penerus bagi HTC Desire 816 yang cukup sukses di pasaran. Seri Desire 820 menurut penjelasn resmi dari HTC merupakan varian tertinggi dari seri Desire. HTC seri Desire dalam beberapa kurun waktu terakhir terbilang sukses menguasai segmen menengah smartphone Android dan menyisihkan Samsung. Tentu pihak pabrikan berharap kehadiran HTC Desire 820 bakal memperkuat daya saingnya.

Kamera selfie bukan satu-satunya keunggulan yang ditawarkan oleh HTC Desire 820, sebab di balik itu masih ada prosesor octa-core 64 bit dari Qualcomm dan modem LTE yang tentunya hanya berfungsi di negara-negara tertentu saja. Dari tampilan luar tak tampak perbedaan signifikan antara ponsel Android terbaru HTC ini dengan HTC Desire 816 yang juga sangat populer di Indonesia saat ini.


Baik Desire 816 maupun 820 mengadopsi desain dari ponsel kelas di atasnya yaitu HTC One, bedanya jika seri One menggunakan casing metal sementara seri Desire menggunakan casing plastik. Namun demikian berkat kualitas dan finishing yang baik ponsel-ponsel tersebut tak lantas berkesan murahan.

Bobot keseluruhan HTC Desire 820 sendiri lebih ringan dari Desire 816 yaitu hanya 155 gram. Sementara itu posisi tombol power kini terletak di sebelah kanan bersama tombol volume. Pada bagian kiri terdapat dua slot untuk SIM card dengan ukuran nano dan slot microSD.



Spesifikasi HTC Desire 820

General

Release date


September 2014

Form factor

Touchscreen

Dimensions (mm)


157.70
x
78.74
x
7.74

Weight (g)

155.00

Battery capacity (mAh)

2600

Removable battery

No

SAR value

NA
Display

Screen size (inches)

5.50

Touchscreen

Yes

Touchscreen type

Capacitive

Resolution

720x1280
pixels

Colours

16M
Hardware

Processor


1GHz
octa-core

Processor make

Qualcomm Snapdragon 615

RAM

2GB

Internal storage

16GB

Expandable storage

Yes

Expandable storage type

microSD

Expandable storage up to (GB)

128
Camera

Rear camera

13-megapixel

Flash

Yes

Front camera

8-megapixel
Software

Operating System

Android 4.4

Java support

Yes

Browser supports Flash

No
Connectivity

Wi-Fi

Yes

Wi-Fi standards supported

802.11 a/ b/ g/ n

GPS

Yes

Bluetooth

Yes, v 4.00

NFC

No

Infrared

No

DLNA

Yes

Wi-Fi Direct

No

MHL Out

No

HDMI

No

Headphones

3.5mm

FM

Yes

USB

Micro-USB

Charging via Micro-USB

Yes

Proprietary charging connector

No

Proprietary data connector

Yes

Number of SIMs

2

SIM 1


SIM Type

Nano-SIM

GSM/ CDMA

GSM

3G

Yes

SIM 2


SIM Type

Nano-SIM

GSM/ CDMA

GSM

3G

Yes
Sensors

Compass/ Magnetometer

Yes

Proximity sensor

Yes

Accelerometer

Yes

Ambient light sensor

Yes

Gyroscope

No

Barometer

No

Temperature sensor

No

Ukuran layarnya termasuk lebar dan hampir setara dengan phablet yaitu 5-inch dengan viewing angles yang luas serta warna natural. Keuntungan layar lebar beresolusi 720 x 1820 pixels ini tentu saja adalah font yang lebih mudah terbaca dibanding layar dengan ukuran lebih kecil.

Bersama dengan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 615 adalah RAM 2 GB yang berarti sudah ditingkatkan jika dibanding Desire 816 yang hanya memiliki RAM 1.5 GB.

Fitur utama dari HTC Desire 820 sebagai smartphone selfie tentu saja adalah kamera belakang 13 MP dengan f/2.2 aperture, LED flash dan BSI sensor. Sedangkan kamera 8 MP terletak di bagian depan. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kedua kamera tersebut konon terbilang baik meski dalam kondisi minim cahaya sekalipun.
Beberapa aplikasi untuk melakukan editing serta mempercantik foto tentu saja turut tersedia di dalamnya.



Harga HTC Desire 820

Sebagai penerus dari HTC Desire 816 rasa-rasanya Desire 820 patut diapresiasi, lebih-lebih bagi para maniak selfie. Namun harga HTC Desire 820 sendiri hingga saat ini belum diumumkan oleh pihak pabrikan dan rencananya baru akan dirilis pada bulan November nanti. Pastinya Sony Xperia C3 bukanlah tandingan dari ponsel selfie keluaran HTC ini.