on

Harga Samsung Galaxy Mini S5 dan Ulasan

Harga Samsung Galaxy S5 Mini di Indonesia rupa-rupanya tak bakal jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S5 yang saat ini sudah lebih dahulu beredar. Cukup wajar, sebab meski menyandang embel-embel nama “Mini” namun pada dasarnya kedua ponsel tersebut memiliki spesifikasi dan fitur setara. Bedanya jika versi standarnya menggunakan layar 5.1 inch maka versi mini ini mengusung layar 4.5 inch.

Spesifikasi Samsung Galaxy S5 Mini bukan satu-satunya sektor dimana kedua ponsel high-end keluaran Samsung itu memiliki kemiripan. Dari tampilan luar saja keduanya sudah tampak memiliki begitu banyak kemiripan. Namun kalau diamati lebih seksama maka spesifikasinya pun sebenanrnya tidak sepenuhnya identik, dalam beberapa bagian bisa dibilang bahwa Samsung Galaxy S5 Mini merupakan versi downgrade dari Galaxy S5.


Harga Samsung Galaxy Mini S5


Samsung Galaxy S5 Mini sudah dilengkapi dengan IP67 yang mampu melindungi ponsel ini dari debu maupun air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit seperti halnya dengan Samsung Galaxy S5, sekalipun tidak ada pelindung USB port atau protective flap.

Beli Ponsel Murah

Spesifikasi Samsung galaxy S5 Mini

General

Release date


July 2014

Form factor

Touchscreen

Dimensions (mm)


131.10
x
64.80
x
9.10

Weight (g)

120.00

Battery capacity (mAh)

2100

Removable battery

No

Colours

Charcoal Black, Shimmery White, Electric Blue, Copper Gold

SAR value

NA
Display

Screen size (inches)

4.50

Touchscreen

Yes

Touchscreen type

Capacitive

Resolution

720x1280
pixels

Colours

16M
Hardware

Processor


1.4GHz
quad-core

RAM

1.5GB

Internal storage

16GB

Expandable storage

Yes

Expandable storage type

microSD

Expandable storage up to (GB)

64
Camera

Rear camera

8-megapixel

Flash

Yes

Front camera

2.1-megapixel
Software

Operating System

Android 4.4

Java support

Yes

Browser supports Flash

Yes
Connectivity

Wi-Fi

Yes

Wi-Fi standards supported

802.11 a/ b/ g/ n

GPS

Yes

Bluetooth

Yes, v 4.00

NFC

No

Infrared

No

DLNA

No

Wi-Fi Direct

No

MHL Out

No

HDMI

No

Headphones

3.5mm

FM

Yes

USB

Micro-USB

Charging via Micro-USB

Yes

Proprietary charging connector

No

Proprietary data connector

No

Number of SIMs

1

SIM Type

Micro-SIM

GSM/ CDMA

GSM

3G

Yes
Sensors

Compass/ Magnetometer

No

Proximity sensor

Yes

Accelerometer

Yes

Ambient light sensor

Yes

Gyroscope

No

Barometer

No

Temperature sensor

No


Keunggulan Samsung Galaxy S5 Mini jika dibanding versi aslinya adalah ukuran yang lebih kecil sehingga lebih nyaman untuk digenggam. Lapisan karet di bagian belakang bukan saja makin menambah kenyamanan namun sekaligus juga menjadikan ponsel ini tidak licin saat digenggam.

Samsung Galaxy Mini S5 Indonesia

Finishing Galaxy S5 Mini terbilang baik, meski jika diperhatikan baik-baik ada sedikit gap antara bagian belakang dengan frame-nya yang berwarna krom.
Selain itu layarnya bukan hanya lebih kecil dibanding Galaxy S5 namun juga menawarkan resolusi yang lebih kecil. Jika Galaxy S5 menawarkan layar dengan resolusi Full HD, maka layar Samsung Galaxy S5 Mini hanya menawarkan resolusi 1280x720 pixels atau HD saja dengan kerapatan warna 326 pixels. Dari angka kerapatan warnanya saja sudah bisa ditebak bahwa kualitas gambar yang dihasilkan tak sebaik Samsung Galaxy S5.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Mini S5

Namun jika dibanding ponsel sekelasnya maka Samsung Galaxy S5 Mini tampak lebih unggul. Misalnya untuk prosesor, Samsung menggunakan Exynos 3470 dan GPU Mali 400 MP4 dengan RAM 1.5 GB. Jika dibandingkan dengan spesifikasi Samsung Galaxy S5 bagaimanapun perbandingan perfprma keduanya bagaikan membandingkan mobil hatchback dengan sebuah supercar

Sama halnya dengan sebuah mobil hatchback Samsung Galaxy S5 Mini pun sangat praktis dan mampu memenuhi keperluan sehari-hari. Beberapa fitur unggulan yang ada di Galaxy S5 seperti sensor detak jantung serta sensor sidik jari untuk menjaga privasi dari tangan-tangan jahil juga sudah disertakan pada Samsung Galaxy S5 Mini.

Memori internal yang tersedia berkapasitas 16 GB dengan total kapasitas 11,5 GB yang masih tersediz di luar sistem operasi Android KitKat serta beberapa aplikasi bawaan. Jika dirasa kurang maka pengguna bisa menambahkan memori eksternal lewat slot microSD yang mampu mengakomodir hingga 128 GB.

Speakernya sendiri menghasilkan suara jernih dan mantap pada volume rendah hingga sedang namun kualitasnya berkurang ketika diset pada volume tinggi. Seperti sudah disebutkan bahwa kamera yang digunakan bukan kamera 16 MP seperti Galaxy S5 melainkan kamera 8 MP dilengkapi dengan autoflash. Meski demikian beberapa fitur dan setting keduanya bisa dibilang serupa.

Secara menyeluruh Samsung Galaxy S5 Mini tetap merupakan salah satu ponsel Android keluaran Samsung yang layak dipertimbangkan. Memang resolusi layarnya lebih rendah dari Galaxy S5 namun kualitas gambar yang dihasilkan masih tergolong baik. Sementara untuk spesifikasi lain seperti prosesor dan GPU jelas tidak sebanding dengan S5 standar, tapi faktanya CPU dan GPU tersebut sudah mampu menangani berbagai aplikasi yang umum digunakan oleh sebuah smartphone masa kini.

Jual Samsung Galaxy Mini S5

Harga Samsung Galaxy S5 Mini

Di beberapa negara Eropa ponsel ini dibanderol 375 Euro dimana Samsung Galaxy S5 dibanderol 460 Euro. Bagaimana dengan harga Samsung Galaxy S5 Mini di Indonesia? Masih sulit ditebak, tapi kalau harga Galaxy S5 standar dijadikan patokan kemungkinan versi Mini ini bakal dilepas di kisaran harga Rp 5-6 juta. Pastinya ponsel ini tak bakal lebih mahal dari Samsung Galaxy Note Edge yang dibahas pada artikel lalu.