on

Perbandingan & Harga Samsung Galaxy Note 4 vs. Apple iPhone 6 Plus

Harga Samsung Galaxy Note 4 di Indonesia maupun Apple iPhone 6 Plus masih belum bisa diprediksi mengingat kedua phablet tersebut saat ini belum secara resmi diperdagangkan. Meski demikian potensi rivalitas keduanya sangat layak untuk disimak sebelum keduanya resmi masuk ke Indonesia. Kehadiran iPhone 6 Plus yang mengusung layar 5.5 inch sudah pasti merupakan ancaman bagi Samsung Galaxy Note terbaru itu.

Samsung Galaxy Note 4 sendiri merupakan penerus dari Galaxy Note 3 yang saat ini harganya dibanderol dikisaran Rp 7 juta-an. Semenjak pabrikan asal Korea itu memperkenalkan seri Samsung Galaxy Note beberapa tahun lalu antusiasme masyarakat ternyata cukup positif, maka tak heran jika pabrikan lain lantas ikut-ikutan terjun di kelas yang sama meski hingga hari ini belum satupun yang mampu menyamai kesuksesan Samsung Galaxy Note. Namun ketika Apple pada akhirnya ikut-ikutan merilis iPhone 6 Plus kondisi tersebut sangat mungkin berubah mengingat peminat merek Apple di Indonesia makin hari tampak makin meningkat.

Harga Samsung Galaxy Note 4 vs. iPhone 6 Plus

Harga Samsung Galaxy Note 4 vs. iPhone 6 Plus

Beli Ponsel Murah


Selain mengandalkan layar Retina HD berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 p, Apple juga melengkapi iPhone 6 Plus dengan sistem operasi terbaru yaitu iOS 8 yang telah diadaptasi untuk layar lebar.
Sementara itu Samsung Galaxy Note tampak sedikit unggul dibagian ini sebab layarnya memiliki ukuran 5.7 inch dengan resolusi 2560 x 1440 pixels. Selain itu kombinasi layar lebar pada Samsung Galaxy Note dengan S-Pen selama ini sudah terbukti handal. Karena itu Samsung Galaxy boleh dibilang unggul atas Apple iPhone di bagian ini.

Di sektor desain tak banyak perubahan antara Samsung Galaxy Note 4 dengan pendahulunya Samsung Galaxy Note 3 kecuali pergantian material plastik menjadi metal. Meski berkesan lebih kuat dan mewah dibanding Galaxy Note 3 namun ternyata ketika ditaruh bersebelahan dengan iPhone 6 Plus phablet andalan Samsung tersebut berkesan jadul dan tidak semewah iPhone. Soal desain tak diragukan bahwa iPhone 6 Plus lebih baik ketimbang Samsung Galaxy Note 4.

Beralih ke kamera meski di atas kertas Samsung Galaxy Note 4 tampak lebih unggul karena menggunakan kamera 16 MP sementara iPhone 6 Plus “hanya” 8 MP namun spesifikasi di atas kertas tak selalu bicara banyak di lapangan. Sebab banyak faktor lain yang menentukan kualitas kamera seperti image processor, kecepatan auto focus serta kemampuannya menangkap gambar pada kondisi minim cahaya. Oleh karena keduanya belum resmi dirilis maka rasanya tidak adil membandingkan kamera iPhone 6 Plus vs. Samsung Galaxy Note 4 saat ini.

Harga Samsung Galaxy Note 4 di Indonesia

Harga iPhone 6 Plus Indonesia

Lain ceritanya dengan kamera depan dimana untuk saat ini setidaknya sebagian besar pengguna ponsel dan tablet lebih banyak memanfaatkan kamera depan ini untuk mengambil foto selfie maka kamera depan Samsung Galaxy Note 4 yang menawarkan wide angle 90 derajat dan ultra wide angle 120 derajat bakal lebih disukai penggemar selfie ketimbang iPhone 6 Plus. Walau demikian iPhone 6 Plus pun meski minim fitur wide angles namun lebih mampu mengatasi noise serta sudah ditingkatkan fitur face detection-nya.

Sedangkan untuk sistem operasi banyak yang menilai bahwa kini sistem operasi Android KitKat sudah bisa disejajarkan dengan iOS 8, namun demikian penilaian sistem operasi bukan semata-mata bergantung pada performa namun lebih pada preferensi dan kebiasaan masing-masing pengguna.

Secara umum iPhone 6 Plus memiliki sedikit keunggulan atas Samsung Galaxy Note 4, namun lagi-lagi perbandingan Samsung Galaxy Note 4 vs. iPhone 6 Plus ini masih sebatas teori di atas kertas. Selain itu mana yang terbaik di antara keduanya pada akhirnya kembali pada selera masing-masing calon pembeli. 
Belum kelar persaingan Samsung dengan HTC kini Apple juga turut menabuh genderang perang di medan yang selama ini dikuasai oleh Samsung.