on

Pilih iPhone 5s atau Menunggu iPhone 6 Masuk Indonesia?

iPhone 6 adalah fenomena baru dari perusahaan asal AS, Apple. Sejak awal ponsel canggih ini sudah jadi bahan pembicaraan di berbagai media dan seperti biasa orang sudah mengantri dan berburu dengan gigih demi mendapatkan unitnya. Karena stoknya saja masih diburu dengan berbagai cara maka menunggu kehadiran iPhone 6 di Indonesia pasti tidak akan singkat.

Memang dengan berbagai pembaruan iPhone 6 sudah pasti merupakan pilihan ideal bagi penggemar gadget berkantong tebal. Namun jika Anda adalah pengguna ponsel Android atau BlackBerry yang akan beralih ke iPhone (iOS) atau pengguna iPhone 4s kira-kira mana yang lebih masuk akal? Menunggu kehadiran iPhone 6 yang entah kapan dan harganya pasti selangit? Atau cukup membeli iPhone 5 yang harganya mulai turun dan stoknya mudah didapat?

Harga iPhone 5 sendiri saat ini sudah turun menjadi sekitar Rp 5.5 juta untuk spesifikasi dengan memori internal 16 GB, sementara untuk versi 64 GB pun tak lebih dari Rp 6 juta. Harga yang terbilang murah untuk sebuah ponsel kelas atas mesti teknologinya sudah lewat dua tahun. Memang di antara iPhone 5 dan iPhone 6 masih ada iPhone 5s, namun dengan perbedaan yang tak terlalu signifikan dari iPhone 5 belum lagi harga iPhone 5s yang masih ada di kisaran Rp 7-10 juta-an rasanya lebih baik menunggu iPhone 6 sekalian jika memang siap membelanjakan uang lebih dari Rp 10 juta untuk sebuah ponsel.





iPhone 6 sendiri jika dibandingkan dengan iPhone 5s juga tidak terlalu signifikan, jadi mungkin pemilik 5s sebaiknya berpikir ulang jika hendak melakukan upgrade kecuali Anda memang memiliki dana berlebih. Sebaliknya bagi pengguna iPhone 5 dan versi di bawahnya perubahan yang dibawa oleh smartphone Apple terbaru ini sangat signifikan.

Dari segi dimensi memang iPhone 6 tak sebesar iPhone 6 Plus, meski demikian ukurannya tetaplah terasa besar bagi pengguna iPhone 5 dan seri lain di bawahnya. Bagi sebagian besar orang dimensi lebar adalah nilai plus karena layarnya lebih besar, namun bagi sebagian lainnya dimensi yang lebar mengurangi kenyamanan dan kepraktisan. Jadi hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah mana yang menjadi pilihan Anda? Layar besar atau kepraktisan?

Beruntung meski dimensinya tergolong lebar namun ponsel ini sangat tipis sekaligus ringan, bahkan jika dibanding beberapa smartphone Android yang layarnya 4.5 inch pun iPhone 6 terasa lebih ringan. Di atas kertas bobotnya memang di atas iPhone 5, namun dalam keseharian perbedaan tersebut nyaris tidak terasa.

Bagi pengguna iPhone versi sebelumnya ada hal baru yang perlu pembiasaan yaitu posisi tombol power yang kini tidak lagi terletak di atas melainkan di samping kanan, tepatnya di atas slot SIM card. Mungkin terasa seperti perkara sepele, namun bagi yang sudah terbiasa dengan tombol di atas pasti butuh penyesuaian.

Kualitas layar iPhone 6 sendiri yang menggunakan teknologi Retina HD adalah salah satu yang paling dinanti dan dianggap sebagai keunggulan utama iPhone 6 menurut para calon konsumen. Memang ada peningkatan kualitas, namun tidak istimewa seperti layar Quad HD pada LG G3. Walau demikian tampilan sistem operasi terbaru iOS 8 tampak tajam dan sedap dipandang dengan layar Retina HD ini.


Spesifikasi iPhone 6

Sisi positif dari layar lebar yang diusung oleh iPhone terbaru ini sudah pasti adalah operasional yang terasa lebih nyaman karena icon-icon –nya cukup besar sehingga kesalahan tekan bisa lebih diminimalisir dibanding layar kecil pada iPhone 5.

Spesifikasi iPhone 6




 Whats New? Apple iPhone 6 – Apple’s Next Generation iPhone, This time its 6
It is not set for release until September 2014, but the brand new Apple iPhone 6 has already been hailed as “the most anticipated Apple Smartphone ever” by one US survey, and if the list of preliminary specifications is anything to go by, Apple’s next generation iPhone is going to be actually a 6 and going to be bigger, faster, and better than anything we have seen before. Leaks and rumours indicate that the Apple iPhone's 6 will be available in two models, one with a 4.7-inch LED-backlit IPS LCD touchscreen, and the other with a slightly larger 5.5-inch touchscreen. Both iPhone 6 handsets will be equipped with an iOS 8 operating system, an Apple A8 chipset and a Quad-core processor, and both Apple iphone 6's rear will feature an 8-Megapixel camera with simultaneous video and image recording with HDR Panorama and HDR photo. Slimmer, stronger, and tougher than anything we have seen from Apple before, the new water-resistant iPhone 6 comes with an innovative Sapphire crystal-glass touch screen that is virtually impossible to break, and a whole range of improved features including Apple’s fingerprint sensor, noise-cancelling technology, and up to 128GB of internal memory. A premium smartphone with revolutionary technology, the brand new Apple iPhone 6 is set to become the fastest selling Smartphone of all times, so pre-order yours today!  
 Dimension 138.1 x 67 x 6.9 mm  
 Weight  129 g  
 Battery  Talk-Time up to 14 hrs, Stand-by up to 250 hrs, Music Play up to 50 hrs
Non-removable Li-Po battery  
 OS  iOS 8 
 Memory  16/64/128 GB GB built-in, 1 GB RAM 
 Processor  1.4 GHZ Dual-core Cyclone (ARM v8-based) Chipset Apple A8, GPU PowerVR GX6650 (hexa-core graphics) 
 Connectivity  Bluetooth v4.0 with A2DP, USB, WLAN (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi hotspot), GPRS, EDGE, 3G (HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; EV-DO Rev. A, up to 3.1 Mbps, 4G LTE, Cat4, 150 Mbps DL, 50 Mbps UL  
 Display Size  750 x 1334 pixels, 4.7 inches (~326 ppi pixel density)
Shatter proof glass, oleophobic coating Sensors: Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer  
 Display Colour  LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors, Multitouch, Fingerprint sensor (Touch ID)  
 Operating
 Frequency / Band 
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900  
 3G Band  HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100  
 4G Band  LTE 700 / 850 / 900 / 1800 / 1900 / 2100 / 2600  
 Browser HTML (Safari)  
 Colors Space Gray, White/Silver, Gold  
 Entertainment  Audio/video player and editor, 3.5mm audio jack, TV-out, Twitter and Facebook integration, iCloud cloud service, iCloud Keychain, Image editor, Games (built-in + downloadable)  
 Camera  8MP, 3264x2448 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face and smile detection, image stabilization, panorama, HDR, Video (1080p@60fps, 720p@240fps), 2ndry 1.2 MP, 720p, burst, HDR  
 Other Features  GPS + A-GPS support and GLONASS, MicroSIM card support only, Active noise cancellation with dedicated mic, iBooks PDF reader Siri natural language commands and dictation, Google Maps, AirDrop file sharing, Scratch-resistant glass back panel, Voice memo/command/dial, Speakerphone  
 Ring Tones  Proprietary ringtones  
 Messaging  iMessage, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email  
 Price  Price in Rp: TBC    Price in USD: $1120  


Sedangkan di sektor kamera tampak ada perubahan signifikan yang membedakan iPhone 5 dengan iPhone 6. Kualitas foto yang dihasilkan jauh lebih baik pada smartphone Apple terbaru itu. Berbeda dengan smartphone lain yang umumnya orang masih menenteng kamera saku karena kualitas fotonya cenderung tidak berguna saat dicetak, dengan iPhone 6 Anda bisa benar-benar meninggalkan kamera saku di rumah karena kualitas foto yang dihasilkan sudah cukup baik untuk dicetak sekalipun.

Soal performa juga demikian, jika pada iPhone 5 kadang masih terasa gejala lag selama satu atau dua detik namun pada iPhone 6 gejala tersebut sudah hilang. Entah spesifikasi hardware yang lebih baik atau sistem operasi iOS 8 yang menjadi kuncinya. Pastinya kecepatan keduanya terasa berbeda.

Harga iPhone 6

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih antara iPhone 5 dan iPhone 6, jika Anda bisa menerima beberapa kekurangan iPhone 5 rasanya harga yang tak lebih dari Rp 6 juta untuk sebuah produk keluaran Apple merupakan deal yang baik. Tapi jika sekedar ponsel saja tak cukup memuaskan dan Anda memiliki dana lebih sudah pasti iPhone 6 lebih layak ditebus.

Harga iPhone 6 di Indonesia

Harga iPhone 6 di Indonesia masih sebatas perkiraan karena unitnya masih belum secara resmi dirilis di sini, namun melihat harga iPhone 5s yang masih di kisaran Rp 10 juta-an dan harga iPhone 6 di US maka rasanya tak bakal dilepas kurang dari Rp 12 juta.