on

5 Keunggulan Android Lollipop

Setelah sekian lama dinanti akhirnya Google merilis Android Lollipop atau yang dikenal juga sebagai Android L. Seperti biasa, jauh-jauh hari sebelum pengumuman dan rilis resminya pun berbagai berita yang menyebut keunggulan Android Lollipop sudah beredar di dunia maya. Pada akhirnya kebenaran dari semua rumor sistem operasi Android terbaru itu terkonfirmasi dan sebagian sisanya terbantahkan.

Keunggulan Android Lollipop jika dibanding versi sebelumnya tampak cukup mencolok. Karena kali ini Google sebagai developer-nya melakukan banyak perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan perubahan yang terjadi pada waktu-waktu sebelumnya. Tampilan antar muka serta fitur hanyalah beberapa dari sekian banyak keunggulan Android Lollipop.

Keunggulan Android Lollipop


Keunggulan Android Lollipop dalam Hal Desain

Keunggulan Android Lollipop

Desain atau tampilan antara muka pada Android Lollipop tampak jauh lebih menarik dibandingkan Android KitKat. Bukan hanya itu kini transisinya juga terasa lebih cepat dan ringan. Meski soal user friendly masih belum bisa menyamakan diri dengan iOS maupun Windows Phone namun jika dibandingkan versi-versi sebelumnya sudah jelas jauh lebih meningkat. Mungkin perubahan desain dan UI inilah yang boleh disebut sebagai keunggulan utama Android Lollipop.

Keunggulan Android Lollipop : Notifikasi

Keunggulan Android Lollipop

Diakui atau tidak notifikasi merupakan fitur penting pada sebuah smartphone, apapun sistem operasi yang digunakan. Tampaknya Google pun sadar betul akan hal itu, karenanya pada sistem operasi Android terbaru kali ini pihak pengembang bahkan memberikan opsi notifikasi “Do Not Disturb” yang memungkinkan pengguna smartphone Android menikmati film atau musik tanpa terganggu oleh notifikasi. Tentu masih banyak lagi opsi dan setting yang bisa diatur terkait notifikasi sesuai kebutuhan masing-masing pengguna.

Fitur Penghemat Baterai

Keunggulan Android Lollipop

Jika selama ini sebagian besar pengguna smartphone Android masih membutuhkan aplikasi Android dari pihak ketiga hanya untuk menghemat baterai, kali ini fitur yang disediakan oleh Android Lollipop rasanya sudah cukup. Google bahkan mengklaim bahwa fitur penghemat baterai pada Android Lollipop yang sudah disempurnakan ini mampu memperpanjang usia baterai 90 menit lebih lama dari versi sebelumnya.

Fitur Berbagi

Fitur ini mungkin sudah cukup akrab bagi Anda yang bisa menggunakan sistem operasi Windows pada laptop maupun desktop. Tujuannya tak lain adalah agar dalam sebuah PC bisa digunakan oleh orang lain tanpa mengganggu privasi pemiliknya. Konsep yang sama kini diterapkan juga pada smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop. Pemilik bisa mengijinkan orang lain menggunakan smartphone miliknya tanpa khawatir terganggu privasinya karena sebatas melalui “guest account”. Pada “guest account” ini pemilik boleh menentukan file dan aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh orang lain.

Keamanan

Konektivitas bukanlah sesuatu yang terelakkan untuk smartphone, tablet atau PC saat ini. Karena itu keamanan pada Android Lollipop saat sebuah device terkoneksi dengan device yang lain pun ditingkatkan. Saat koneksi dengan device lain dilakukan maka secara otomatis data-data yang ada di-enkripsi.

Di atas hanyalah beberapa keunggulan utama dari Android Lollipop. Di luar itu masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lain yang dimiliki oleh sistem operasi terbaru lansiran Google ini. Gambaran seperti apapun rasanya takkan cukup untuk mendefinisikan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Android terbaru. Satu-satunya cara adalah bersabar hingga smartphone Anda mendapatkan update dan segera merasakan sendiri berbagai keunggulan Android Lollipop.