on

Keunggulan Windows Phone Dibanding Android dan iOS

Inilah Alasan Kenapa Windows Phone Lebih Baik dari Android. Beberapa tahun lalu ketika popularitas Blackberry meredup orang berpaling pada sistem operasi Android yang dianggap sebagai trend baru. Padahal masih ada iOS dan Windows Phone yang dalam beberapa hal justru lebih baik ketimbang Android.

Windows Phone memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh Android, demikian pula halnya iOS. Hanya saja karena device dengan ssitem operasi iOS cenderung dibanderol lebih mahal maka cukup wajar jika tak banyak orang meliriknya, kalaupun sanggup membeli biasanya setelah device tersebut berusia dua atau tiga tahun. Sebaliknya harga device WP cukup variatif mulai dari smartphone harga 1 jutaan hingga 10 jutaan, karenanya mengherankan jika orang tidak melihat kelebihan Windows Phone dibanding Android.

Keunggulan Android memang terletak pada jumlah aplikasi pihak yang sangat banyak, namun sebenarnya selain faktor kuantitas tak ada kelebihan Android bagi pengguna biasa dibanding Windows Phone maupun iOS. Beberapa keunggulan sistem operasi Windows Phone berikut ini mungkin bakal membantu Anda berpikir ulang sebelum memilih antara smartphone Android atau Windows Phone di kemudian hari.


Keunggulan Sistem Operasi Windows Phone

Cortana


Nama Cortana diambil dari karakter virtual assistant yang ada pada salah satu game terkenal buatan Microsoft yaitu Halo. Senada dengan karakter aslinya itu Cortana memiliki kemampuan sebagai virtual assistant yang tak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya seperti melakukan recharging baterai smartphone melalui perintah suara atau memerintahkan untuk melakukan pemesanan delivery order Pizza Domino. Tak cukup sampai di situ Cortana pun layaknya sebuah karakter nyata, bisa memberikan prediksi hasil sebuah pertandingan, bernyanyi, melontarkan lelucon dan bahkan membacakan cerita.

Ketika sebuah pertanyaan diajukan kepada Cortana, asisten virtual ini bukannya memberikan hasil penelusuran sebagaimana dilakukan oleh Siri atau Google Now namun langsung memberikan jawaban. Beberapa hal yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil dari kelebihan Cortana, karenanya untuk saat ini Cortana pada Windows Phone lebih unggul dibanding Google Now pada Android dan bahkan Siri pada iOS.

Keunggulan Sistem Operasi Windows Phone : Live Tiles


Live tiles menjadi salah satu ciri khas sistem operasi Windows sejak pertama kali diperkenalkan. Selain informatif, tampilannya juga membuat smartphone Windows Phone tampak lebih enak dilihat ketimbang smartphone Android maupun iOS. Sementara iOS dan Android menampilkan widget statis pada layar smartphone, Windows Phone dengan Live tiles-nya mampu menyuplai informasi kepada pengguna secara terus menerus tanpa menyebabkan konsumsi baterainya menjadi lebih boros. Selain itu Live tiles bisa diatur apa yang bisa ditampilkan dan di resize ukurannya, sebuah fitur yang tak bisa dilakukan oleh Android bahkan sampai pada Android Lollipop sekalipun.

Live Lock Screen

Pada sistem operasi Windows Phone 8.1 bahkan lock screen-nya pun bisa diskostumisasi sesuai keinginan pengguna. Memang iOS dan Android pun menawarkan pilihan serupa, hanya saja kebebasannya tidak sebebas pada sistem operasi WP. Pada lock screen WP 8.1 Anda bisa menampilkan album baik dari Facebook atau Reddit, pun demikian halnya dengan prakiraan cuaca.

Aplikasi Eksklusif Lumia


Jika Anda memilih smartphone WP keluaran Nokia bahkan ada beberapa aplikasi eksklusif yang hanya tersedia untuk handset Lumia. Jumlahnya tidak sedikit, namun beberapa diantaranya yang termasuk populer adalah Glance Screen yang memungkinkan Anda melihat jam atau notifikasi tanpa harus mengaktifkan smartphone dari mode sleep. Selain itu masih ada beberapa aplikasi seperti Lumia Selfie, Lumia Panorama dan sebagainya yang memberikan fungsi tambahan bagi kamera smartphone Anda.





Hubs

Hub juga menjadi salah satu fitur unggulan Windows Phone, pada dasarnya fitur ini menghubungkan hal-hal yang saling terkait dalam satu lokasi. Jadi Anda bisa melihat aktivitas kenalan dalam kontak Anda baik aktivitasnya di Twitter, Facebook, Linkedin dan sebagainya.

Itulah beberapa keunggulan utama Windows Phone yang membuatnya lebih baik dibanding Android, bahkan dalam beberapa hal juga lebih baik daripada iOS. Kecuali Anda suka melakukan rooted rasa-rasanya kelebihan Android termasuk jumlah aplikasi yang jutaan tak lebih dari sekedar gimmick.