on

Perbedaan Motorola Moto G Gen.2 dan Motorola Moto G Gen. 1

Motorola Moto G mencatatkan penjualan yang sangat baik sejak pertama kali dirilis. Segmen mid-end yang selama ini sudah lelah dengan strategi Samsung yang membanderol dengan harga tinggi namun kualitasnya tak sebanding mendapat angin segar dengan kehadiran Motorola Moto G. Belajar dari kesuksesan dan kritikan yang ada pabrikan yang dimiliki oleh Lenovo tersebut berbenah dan merilis Motorola Moto G generasi kedua.

Motorola Moto G Gen. 2 atau dikenal juga dengan sebutan Motorola Moto G 2014 dijanjikan lebih baik dari sebelumnya namun dipatok dengan harga yang tak terpaut jauh. Bahkan di beberapa negara harga Motorola Moto G 2014 sama persis dengan Motorola Moto G generasi pertama. Lantas apa saja perbedaan antara Motorola Moto G Gen. 2 dengan Motorola Moto G versi aslinya?

Perbedaan Motorola Moto G Gen.2 dan Motorola Moto G Gen. 1


Parameter Moto G 2nd Gen Moto G
Display 5 inch 720×1280 pixels 4.5 inch 720×1280 pixels
Processor 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon 400 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon 400
RAM 1GB 1GB
Camera 8MP/2MP 5MP/1.3 MP
OS Android 4.4 Kitkat Android 4.3 Jellybean
SIM type Micro Mini
Price N/A IDR 1.949.000

Perbedaan Layar Motorola Moto G Gen. 2 dan Motorola Moto G

Jika dibandingkan Motorola Moto G generasi pertama ukuran layarnya sedikit bertambah dari 4.5 inch menjadi 5 inch. Di sini Motorola tampaknya sadar betul perilaku konsumen segmen low-end dan mid-end di emerging markets yang umumnya hanya menilai layar dari ukurannya saja. Karena itu alih-alih meningkatkan kualitas pabrikan tersebut mencoba mengekor gaya Samsung Mobile dengan memberikan layar lebih lebar. Alhasil dengan penambahan ukuran tanpa diimbangi peningkatan resolusi maka kepadatan warna Motorola Moto G Gen.2 turun menjadi 294 ppi jika dibanding Motorola Moto G generasi pertama yang memiliki kepadatan warna 326 ppi.

Baik Motorola Moto G terbaru maupun pendahulunya sama-sama sudah menggunakan layar IPS LCD yang memiliki keunggulan dalam hal viewing angles.

Perbedaan Spesifikasi Motorola Moto G Gen. 2 dan Motorola Moto G

Kedua generasi Motorola Moto G memiliki kesamaan di sektor performa karena keduanya menggunakan prosesor 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon 400 didampingi oleh RAM sebesar 1 GB. Tak salah jika demi menekan ongkos produksi Motorola tidak meningkatkan spesifikasi Motorola Moto G Gen. 2 karena faktanya performa hasil perpaduan prosesor dan RAM tersebut masih terbilang mumpuni untuk ukuran HP Android kelas menengah.

Untuk media penyimpanan internal masih sama seperti sebelumnya tersedia dalam pilihan 8 GB dan 16 GB meski Motorola Moto G di Indonesia hanya tersedia dengan satu pilihan saja. Perbedaan antara Motorola Moto G Gen.2 dan Motorola Moto G tampak pada dukungan memori eksternal dimana generasi pertama tidak menyediakan slot microSD sementara untuk Motorola Moto G 5 inch sudah mendukung penambahan eksternal memori hingga kapasitas 32 GB.

Perbedaan antara Motorola Moto G Gen.2 dengan Motorola Moto G paling kentara bisa dilihat di sektor kamera yang pada versi terbaru sudah ditingkatkan menjadi 8 MP di belakang dan 2 MP di depan. Sebagaimana diketahui bahwa Motorola Moto G generasi sebelumnya mengusung kamera 5 MP dan 1.3 MP. Di luar sensor sisanya masih tetap sama seperti autofocus, LED flash, geo-tagging, face detection, HDR dan panorama.

Berbeda dengan Motorola Moto G pertama yang standarnya masih menjalankan sistem operasi Android Jelly Bean, Motorola Moto G generasi kedua sudah menggunakan Android KitKat meski dalam waktu dekat Motorola menjanjikan update Android KitKat pula untuk Motorola Moto G generasi pertama bersamaan dengan Motorola Moto E. Baru-baru ini bahkan untuk Motorola Moto G generasi kedua pihak pabrikan sudah menyediakan update Android Lollipop.

Untuk SIM card yang digunakan Motorola Moto G generasi pertama adalah tipe mini SIM, namun mengikuti trend terkini pihak pabrikan memutuskan menggunakan micro SIM untuk Motorola Moto G generasi kedua. Selain itu jika pada Motorola Moto G generasi pertama belum mendukung jaringan DLNA maka dukungan jaringan tersebut sudah tersedia pada Motorola Moto G Gen. 2. Bagaimanapun demi menghemat biaya produksi maka kompensasi dari dukungan jaringan DLNA itu adalah menghilangkan radio FM yang sebelumnya ada pada Motorola Moto G. Mungkin pihak produsen beranggapan bahwa dukungan terhadap jaringan DLNA lebih dianggap penting bagi konsumen dibanding Radio FM.

Cek Harga Motorola Moto G
Motorola Moto G Motorola Moto G Gen.2
Perbedaan Motorola Moto G Gen.2 dan Motorola Moto G Gen. 1
Perbedaan Motorola Moto G Gen.2 dan Motorola Moto G Gen. 1
Sony Xperia Z2 beli sekarang

Dengan berbagai konsekuensi yang ada rasa-rasanya masih cukup adil bahwa dengan harga yang sama Motorola Moto G Gen. 2 lebih baik dibandingkan Motorola Moto G generasi pertama yang hingga saat ini pun masih menjadi salah satu ponsel Android terlaris di kelas mid-end. Layar lebih besar, kamera lebih baik dan dukungan DLNA rasa-rasanya bakal membuat Motorola Moto G Gen.2 kembali menuai sukses sebagaimana pendahulunya.

Image Courtesy: Maxabout