on

Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5?

HP Asus Zenfone 5 dan Motorola Moto G adalah dua HP Android paling ideal di segmen mid-low. Banderolnya masuk akal jika dibandingkan dengan merek lain di kelas ini, bahkan pada beberapa benchmark keduanya acapkali meraih point lebih baik dibanding HP Android yang satu tingkat di atasnya. Namun mana diantara kedua HP Android tersebut yang lebih cocok bagi Anda?

Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5? – Spesifikasi

Rivalitas Motorola Moto G vs. Asus Zenfone 5 belakangan ini makin memuncak setelah banyak blog terpercaya di bidang teknologi kerap memberikan pujian pada keduanya. Harga HP Asus Zenfone 5 8 GB hanya beberapa puluh ribu rupiah lebih mahal dibanding Motorola Moto G 8 GB. Namun Asus menyediakan pilihan yang lebih variatif ketika bicara soal kapasitas RAM. Asus Zenfone 5 tersedia dengan opsi kapasitas RAM yang lebih beragam. Sementara Motorola Moto G hanya tersedia dalam 1 pilihan sebagaimana umumnya ponsel Android merek lain.

Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5?



Asus Zenfone 5 sesuai namanya menggunakan layar berukuran 5 inch IPS LCD yang memiliki resolusi 720 x 1280 pixels. Dilapisi dengan Gorilla Glass 3 layar dengan kepekatan warna 294 ppi layar HP Asus di kelas mid-low ini menghasilkan reproduksi warna yang cukup baik. Sementara kompetitornya Motorola Moto G menawarkan tipe dan resolusi layar yang sama, namun karena ukurannya lebih kecil yaitu 4.5 inch maka keuntungan yang didapat adalah nilai kepekatan yang lebih baik yaitu 329 ppi yang juga dilapis dengan Gorilla Glass 3.

Mereka yang lebih peduli terhadap kualitas layar sudah pasti cenderung menjatuhkan pilihan pada Motorola Moto G, sementara mereka yang lebih menyukai layar berukuran sedikit lebih lebar cenderung lebih tertarik pada Asus Zenfone 5 meski konsekuensinya kualitas dan ketajaman warnanya tak sebaik Moto G.
Motorola Moto G menang di ketajaman warna, sementara Asus Zenfone 5 unggul di ukuran layar. Di luar kedua hal itu reproduksi warna, viewing angles maupun tingkat brightness keduanya bisa dikatakan imbang.

Di bagian performa Asus Zenfone 5 sama seperti keluarga Asus Zenfone lainnya mengandalkan prosesor besutan Intel. Kali ini adalah Intel Atom Z2560 dengan laju maksimal 1.6 GHz. Sementara Motorola Moto G seperti sebagian besar HP Android merek lain memercayakan performanya pada prosesor besutan Qualcomm yaitu Snapdragon 400 dengan kecepatan 1.2 GHz. Keduanya relatif berimbang, hanya saja prosesor Intel mampu melepas panas lebih baik sehingga ponsel tidak terasa panas meski digunakan dalam jangka waktu lama sebagaimana umumnya terjadi pada ponsel Android dengan prosesor Qualcomm atau MediaTek.

Meski performa prosesornya berimbang namun pemilik Asus Zenfone 5 diuntungkan dengan kapasitas RAM yang dua kali lipat lebih besar dibanding RAM Motorola Moto G. Perbedaan ini menjadi sangat terasa saat melakukan multitasking. Di sektor performa secara keseluruhan HP Asus Zenfone 5 menunjukkan keunggulannya atas Motorola Moto G.

Untuk kapasitas penyimpanan Asus Zenfone 5 menawarkan pilihan internal memori yang sama dengan Moto G. Namun ketika bicara memori eksternal smartphone Asus Zenfone 5 mendukung hingga  kapasitas 64 GB, sementara Motorola Moto G tidak menyediakan dukungan yang sama sehingga pengguna selamanya bergantung pada internal memori yang dipilihnya kala membeli ponsel ini. Lagi-lagi Asus mengalahkan Motorola di sektor media penyimpanan.

Kamera menjadi fitur penting kedua setelah layar, setidaknya menurut sebuah hasil studi mengenai perilaku konsumen telepon genggam. Di atas kertas lagi-lagi Asus yang menawarkan kamera 8 MP dan 2 MP mampu mengungguli Motorola Moto G yang memiliki kamera 5 MP dan 1.3 MP. Memang nilai resolusi dalam satuan MP tersebut tidak selamanya mewakili kualitas sebuah kamera, namun dalam kasus ini terbukti kamera Asus Zenfone 5 sedikit lebih unggul dibanding kamera Motorola Moto G dalam hal detil dan reproduksi warna.

Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5?

Dua sektor dimana Motorola Moto G unggul atas Asus Zenfone 5 adalah pada sistem operasi dimana Moto G sudah menjalankan Android KitKat sementara Zenfone 5 masih menjalankan Jelly Bean. Selain itu baterai Motorola Moto G juga mampu bertahan sedikit lebih lama dibanding Asus Zenfone 5.

Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5? – Harga

Cek Harga HP Asus Zenfone 5 dan Motorola Moto G
Asus Zenfone 5 Motorola Moto G
Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5? Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5?
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Motorola Moto G maupun harga Asus Zenfone 5 relatif setara. Motorola Moto G dengan internal memori 8 GB dibanderol Rp 1,9 juta-an, sementara Asus Zenfone 5 dengan internal memori yang sama dibanderol Rp 2.03 juta-an. Namun karena Asus Zenfone tersedia dalam opsi yang lebih beragam maka pembeli bisa menyesuaikan antara anggaran dan kebutuhan. Pada dasarnya keduanya sama-sama yang terbaik di kelasnya. Jika Anda mempertimbangkan membeli sebuah HP Android dengan harga 2 juta-an maka untuk saat ini tak ada yang lebih baik diluar kedua smartphone tersebut.