on

Perbandingan Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini – Duel Smartphone Android 3 Juta-an

Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini meski sebenarnya tidak untuk diperbandingkan apple to apple namun komparasi keduanya tetap relevan. Pasalnya sebagian besar calon konsumen yang hendak membeli HP Android dengan anggaran Rp 3 jutaan akan mempertimbangkan keduanya sebagai alternatif utama. Untuk membantu para pembaca yang menghadapi situasi demikian berikut adalah perbandingan keduanya.

Perbandingan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini

Di sektor layar sudah cukup jelas bahwa Samsung Galaxy Grand 2 yang dibanderol lebih mahal menawarkan layar lebih baik dibandingkan LG G2 Mini. Layar TFT berukuran 5.2 inch pada Samsung Galaxy Grand 2 menawarkan resolusi 720 x 1280 pixels yang menghasilkan kerapatan warna 280 ppi. Sementara LG G2 Mini yang tak lain adalah versi murah dari LG G2 menawarkan layar yang lebih kompak yaitu IPS LCD 4.7 inch dengan resolusi 540 x 960 pixels dan kerapatan warna 234 ppi. Dengan menimbang selisih harga keduanya yang lumayan maka cukup wajar jika Grand 2 tampil sebagai unggulan dalam perbandingan Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini di sektor ini.

Perbandingan Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini – Duel Smartphone Android 3 Juta-an


Sedangkan dari sisi dimensi Samsung Galaxy Grand 2 yang hadir dengan 146.8 x 75.3 x 8.95 mm serta bobot 166 gram jelas lebih besar dan lebih berat dibandingkan LG G2 Mini dengan dimensi 129.6 x 66 x 9.8 mm dan bobot 121 gram. Apakah fakta ini merupakan keunggulan LG G2 Mini dibanding Samsung Galaxy Grand 2 atau bukan tergantung sudut pandang serta preferensi konsumen. Bagi konsumen yang menggemari layar lebar maka fakta bahwa dimensi serta bobot yang lebih pada Samsung Galaxy Grand 2 akan dianggap sebagai konsekuensi wajar. Sebaliknya bagi kebanyakan konsumen pria yang memilih kepraktisan maka dimensi LG G2 Mini yang kompak dianggap keunggulan dibanding rivalnya itu.

Di sektor performa kecepatan Samsung Galaxy Grand 2 mengandalkan prosesor quad-core Cortex A7 berkecepatan 1.2 GHz dengan chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 didampingi oleh RAM 1.5 GB. Meski LG G2 Mini dilengkapi dengan prosesor serta chipset yang persis sama seperti Samsung Galaxy Grand 2 namun selisih RAM sebesar 500 MB (1.5 GB vs. 1 GB) jelas terasa kala menjalankan aplikasi yang kompleks serta melakukan multitasking. Karena itu lagi-lagi LG G2 Mini harus mengakui keunggulan Samsung Galaxy Grand 2.

Perbandingan media penyimpanan lagi-lagi menempatkan Galaxy Grand 2 sebagai pemenang karena meski sama-sama menawarkan memori internal sebesar 8 GB namun Galaxy Grand 2 mendukung memori eksternal hingga 64 GB dimana LG G2 Mini hanya hingga 32 GB.

Masuk pada perbandingan fitur kamera antara Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini meski di atas kertas keduanya cukup berimbang karena sama-sama menawarkan kamera utama 8 MP didukung LED flash serta auto focus juga kamera depan 1.9 MP pada Samsung Galaxy Grand 2 dan 1.3 MP pada LG G2 Mini namun fakta di lapangan berbicara sebaliknya. Meski tak seberapa namun kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera 8 MP sedikit lebih unggul dalam hal detil serta noise yang lebih minim dibandingkan foto yang dihasilkan oleh kamera 8 MP milik Samsung Galaxy Grand 2.

Sementara untuk kamera depan meski di atas kertas Samsung Galaxy Grand 2 sedikit unggul dibanding kamera depan LG G2 Mini namun lagi-lagi pada prakteknya kualitas foto yang dihasilkan keduanya sangat berimbang.

Performa baterai keduanya juga berimbang. Memang Samsung Galaxy Grand 2 menempatkan baterai dengan daya sedikit lebih besar yaitu 2600 mAh sementara LG G2 Mini 2440 mAh namun karena ukuran layar Samsung Galaxy Grand 2 yang lebih besar serta resolusi yang lebih tinggi maka bisa dipahami jika performanya setara.

Kesimpulan dan Perbandingan Harga Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini


Perbandingan Smartphone Android Harga 3 Juta-an

Samsung Galaxy Grand 2 LG G2 Min
Harga Samsung Galaxy Grand 2 Harga LG G2 Mini
Samsung Galaxy Grand 2 beli sekarang


Harga LG G2 Mini saat ini dibanderol di kisaran Rp 2,5 hingga 2.7 juta-an, sedangkan harga Samsung Galaxy Grand 2 ada di kisaran Rp 3,2 hingga 4 juta-an. Memang dalam beberapa hal Samsung Galaxy Grand 2 lebih unggul dibanding LG G2 Mini namun dengan selisih harga setidaknya Rp 700 ribu-an atau bahkan lebih (tergantung retailer) maka secara ekonomis sudah pasti LG G2 Mini merupakan pilihan yang lebih masuk akal. Karena itu dalam perbandingan Samsung Galaxy Grand 2 vs. LG G2 Mini kami kembali merekomendasikan LG G2 Mini sebagai smartphone Android terbaik di bawah Rp 4 juta.