on

Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Mega 2?

Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Mega 2? Keduanya sama-sama populer di emerging markets yang memang merupakan pangsa pasar utama dari kedua lini produk Samsung Galaxy tersebut. Sejak awal kedua smartphone Android Samsung Galaxy Grand itu dimaksudkan untuk menarik minat konsumen yang menghendaki ponsel layar lebar namun dengan budget terbatas. Selisih harga Samsung Galaxy Grand 2 dan harga Samsung Galaxy Grand Mega 2 pun tak seberapa, karena itu cukup wajar jika banyak calon pembeli merasa bingung menentukan pilihan antara keduanya.

Memilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Mega 2 selama ini membawa calon konsumen untuk sekedar melihat perbedaan dukungan SIM card. Dimana yang satu hanya mendukung single SIM dan yang lain mendukung dual SIM (Duos). Namun apakah itu saja perbedaan antara Samsung Galaxy Grand 2 dan Samsung Galaxy Mega 2?

Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Mega 2?


Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Mega 2? – Perbandingan Spesifikasi

Dari sisi konfigurasi hardware atau yang di kalangan awam sering menyebutnya sebagai perbandingan spesifikasi, Samsung Galaxy Mega 2 tampak sedikit lebih unggul berkat prosesor quad-core Exynos 4415 dengan kecepatan 1.5 GHz dan GPU Mali 400. Sementara pad sisi lain Samsung Galaxy Grand 2 mengusung prosesor quad-core Snapdragon 400 berkecepatan 1.2 GHz dengan dukungan GPU Adreno 305.

Lagi-lagi Samsung Galaxy Mega 2 unggul karena dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB sedangkan Samsung Galaxy Grand 2 hanya dibekali RAM 1 GB. Dengan selisih harga beberapa ratus ribu tentu saja dari sisi konfigurasi hardware rasa-rasanya cukup jelas bahwa Samsung Galaxy Mega 2 merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy Grand 2 Duos.

Sedangkan untuk perbandingan layar Samsung Galaxy Mega 2 vs. Samsung Galaxy Grand 2 Duos rasanya kedua ponsel Android Samsung Galaxy tersebut cukup berimbang. Galaxy Grand Mega 2 memang menawarkan ukuran layar yang sedikit lebih besar yaitu 6 inch dimana Galaxy Grand 2 Duos 5.25 inch. Namun oleh karena resolusi keduanya setara maka layar yang lebih kecil pada Samsung Galaxy Grand 2 Duos menghasilkan kerapatan warna yang lebih tinggi dibanding Samsung Galaxy Mega 2.

Di sektor media penyimpanan memang kedua HP Android Samsung Galaxy menawarkan dukungan memori eksternal yang sama yaitu hingga kapasitas 64 GB. Namun untuk kapasitas memori internal tentu saja Samsung Galaxy Mega 2 yang mengusung 16 GB lebih layak difavoritkan dibanding Samsung Galaxy Grand 2 Duos yang hanya 8 GB.

Perbandingan kamera Samsung Galaxy Grand 2 vs. Samsung Galaxy Mega 2 lagi-lagi menempatkan keduanya dalam posisi seimbang. Keduanya dilengkapi dengan kamera utama 8 MP berikut dukungan auto-focus, geo-tagging dan LED flash. Sedangkan di bagian depan Samsung Galaxy Mega 2 sedikit unggul karena dibekali kamera 2.1 MP sementara Galaxy Grabd 2 Duos hanya 1.9 MP. Namun demikian di lapangan keduanya tak banyak berbeda.

Oleh karena spesifikasi Samsung Galaxy Mega 2 yang sedikit lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy Grand 2 Duos maka wajar saja jika pihak produsen menempatkan baterai dengan daya sedikit lebih besar pula yaitu 2800 mAh dibanding 2600 mAh pada Samsung Galaxy Grand 2 Duos. Lagi-lagi dalam keseharian performa baterai keduanya berimbang.

Dukungan konektivitas juga untuk kesekian kalinya menempatkan keduanya dalam perbandingan Samsung Galaxy Grand 2 Duos vs. Samsung Galaxy Mega 2 dalam posisi imbang karena sama-sama mendukung 3G, WiFi 802.11 a/b/g/n with dual-band, WiFi Direct, WiFi hotspot, Bluetooth 4.0, GPRS, EDGE, GPS, dan microUSB 2.0. Sedikit perbedaannya adalah dimana Samsung Galaxy Grand 2 Duos mendukung DLNA sementara Samsung Galaxy Mega 2 mendukung NFC.

Pilih Samsung Galaxy Grand 2 Duos atau Samsung Galaxy Mega 2? – Perbandingan Harga

Point terakhir dalam menentukan pilihan antara Samsung Galaxy Grand 2 Duos atau Samsung Galaxy Mega 2 tentu saja adalah perbandingan harga keduanya. Saat ini harga Samsung Galaxy Grand 2 Duos dibanderol sekitar Rp 2,9-3,2 juta-an tergantung pada masing-masing retailer. Sementara harga Samsung Galaxy Mega 2 ada di kisaran Rp 3.8-3,9 juta-an.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy Grand 2 dan Samsung Galaxy Mega 2
Samsung Galaxy Grand 2 Duos Samsung Galaxy Mega 2
Harga Samsung Galaxy Grand 2 Duos Harga Samsung Galaxy Mega 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Dual SIM Card memang fitur yang menarik, namun tidak semua orang juga membutuhkan fitur tersebut. Jika Anda termasuk konsumen yang tidak memerlukan dukungan dual SIM card dan tak berkeberatan menambah beberapa ratus ribu rupiah sudah pasti Samsung Galaxy Mega 2 lebih ideal dibanding Samsung Galaxy Grand 2 Duos. Namun jika kondisinya berbalik maka tak ada salahnya pula memilih Samsung Galaxy Grand 2 Duos. Lagi pula untuk kondisi saat ini dukungan DLNA yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Grand 2 terasa lebih bermanfaat ketimbang NFC pada Samsung Galaxy Mega 2.