on

LG G2 Mini: Smartphone Android Terbaik Harga 3 Juta-an

LG G2 Mini hingga saat ini diakui sebagai salah satu smartphone Android terbaik di kisaran harga Rp 3 juta-an. Kakaknya, LG G2 memang sempat menjadi salah satu ponsel Android terbaik sebelum digantikan posisinya oleh LG G3. Namun apakah hal yang sama berlaku juga untuk LG G2 Mini?

LG G2 Mini yang dirilis pada kuartal kedua tahun 2014 lalu hadir dengan desain yang identik dengan LG G2. Perusahaan asal Korea tersebut melakukan sebuah langkah berani dengan tidak menempatkan physical button sama sekali pada beberapa smartphone terbarunya. Bahkan tombol volume dan daya (power) pun dipindahkan ke bagian belakang LG G2 Mini.

LG G2 Mini: Smartphone Android Terbaik Harga 3 Juta-an

Memang perlu pembiasaan namun keputusan tersebut berdampak positif dari sisi estetika, karena tampilan LG G2 Mini sama halnya dengan LG G2 terkesan elegan minimalis dibandingkan sebagian besar kompetitor yang ada saat ini.


Desain dan Spesifikasi LG G2 Mini Smartphone Android Terbaik Harga 3 Juta-an

Meski dengan tambahan nama “Mini” namun dimensi LG G2 Mini sebenarnya tidak benar-benar kompak. Layar berukuran 4.7 inch meski lebih tak sebesar LG G2 namun tetap tak sekompak dan sepraktis layar 4.5 inch. Selain itu justru dengan ketebalan 9,8 mm LG G2 Mini lebih tebal dibandingkan LG G2 yang hanya 8,9 mm. Meski sekilas kemiripannya dengan LG G2 sangat kental namun kala digenggam material casing LG G2 Mini tak sebaik sang kakak.

Kamera LG G2 Mini

Bukan berarti bahwa casing LG G2 Mini berkesan murahan, sama sekali tidak. Bahkan build quality-nya bisa dibilang nyaris sempurna dan sangat solid. Sambungan-sambungan antar bagian tampak menyatu dengan rapi. Disamping itu kontur pada bagian belakang menjadikan smartphone keluaran LG ini tidak terasa licin dalam genggaman.

Untuk menjaga agar harga LG G2 Mini tetap kompetitf maka sang produsen melakukan downgrade pada beberapa komponen. Salah satu yang paling kentara adalah layar. Alih-alih menggunakan layar full HD justru LG G2 Mini menggunakan layar qHD. Memang layarnya IPS qHD ini cukup tajam, hanya saja tidak sebaik kompetitor sekelasnya, dan di sinilah kelemahan utama dari LG G2 Mini.

Spesifikasi LG G2 Mini

  • 1.2GHz quad-core processor, Snapdragon 400
  • 1GB RAM
  • 4.7-inch IPS capacitive display, 540 x 960 resolution
  • 8GB of storage, expandable via microSD up to 64GB
  • 8-megapixel camera with autofocus and LED flash
  • 1.3-megapixel front camera
  • WiFi, Bluetooth 4.0, GPS, GLONASS
  • Dual-SIM, dual standby
  • 3G, HSDPA
  • 2420mAh battery
  • Android 4.4 KitKat
Penanggung jawab performanya sendiri adalah kombinasi prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 400 dan RAM 1 GB. Di atas kertas memang tidak terlalu istimewa, namun kombinasi keduanya mampu memastikan aplikasi dan sistem operasi yang menggunakan tampilan antar muka Optimus UI berjalan dengan sangat lancar. Pada pengujian dengan AnTuTu ponsel Android keluaran LG ini meraih point cukup meyakinkan yaitu 16624 meski tentu saja untuk game-game terbaru kemampuannya termasuk terbatas.

Harga LG G2 Mini

Pengalaman LG G2 Mini

Oleh karena LG G2 Mini merupakan versi murah atau downgrade dari LG G2 maka sudah sewajarnya jika calon konsumen tidak memiliki ekspektasi yang sama terhadap kedua ponsel yang meski namanya mirip namun harganya berselisih hampir dua kali lipat. Pada fitur kamera misalnya, kamera dengan sensor 8 MP pada G2 Mini jelas tidak menghasilkan foto dengan kualitas yang bisa disetarakan dengan kamera G2. Namun demikian untuk sebuah ponsel Android dengan harga kurang dari 3 juta rupiah kualitas foto yang dihasilkan oleh LG G2 Mini tergolong superior atau di atas rata-rata kompetitor sekelasnya.

Namun pada sisi lain justru downgrade yang dilakukan oleh pabrikan dengan menggunakan prosesor yang lebih lambat dibanding G2 membawa dampak positif pada daya tahan baterai. Baterai dengan daya 2440 mAh pada LG G2 Mini mampu menjadikannya bertahan selama sehari penuh untuk penggunaan wajar.

Kesimpulan LG G2 Mini Smartphone Android Terbaik Harga 3 Juta-an


Harga LG G2 Mini: Smartphone Android Terbaik Harga 3 Juta-an

LG G2 Mini Hitam LG G2 Mini Putih
Harga LG G2 Mini Harga LG G2 Mini
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Memang tak berlebihan rasanya jika menyebut LG G2 Mini sebagai HP Android terbaik di kisaran harga 3 juta-an. Selama ini calon konsumen yang hendak membeli smartphone dengan anggaran antara Rp 2,5 – 3.5 juta umumnya melirik Samsung Galaxy atau HP Android buatan Cina seperti Oppo, Xiaomi, OnePlus, Meizu dan sebagainya. Ternyata meski tak sering dilirik justru LG G2 Mini mampu bersaing dan bahkan lebih baik dalam beberapa hal dibanding merek-merek yang lebih populer tersebut. Jika Anda sedang berencana membeli HP Android dengan harga kurang dari Rp 4 juta maka kami sangat merekomendasikan LG G2 Mini.