on

Pilih PS4 atau Xbox One?

Pilih PS4 atau Xbox One mungkin merupakan dilema yang dihadapi oleh maniak games di seluruh belahan dunia. Meski saat ini ada begitu banyak pilihan namun tak bisa dipungkiri bahwa kedua konsol tersebut adalah yang paling populer hingga sekarang. Pada satu sisi PS4 menawarkan spesifikasi lebih baik namun pada sisi lain Xbox One kaya akan fitur yang tak bisa dilewatkan oleh para penggemar game.

Saat ini baik PS4 maupun Xbox One sama-sama sudah beredar selama kurang lebih setahun sehingga lebih relevan untuk membandingkan atau melakukan evaluasi ketimbang kala keduanya masih baru dirilis beberapa bulan lalu. Memilih antara PS4 atau Xbox One memang bukan perkara mudah namun dalam artikel berikut kami sajikan perbandingan keduanya berdasar beberapa point dengan harapan membantu Anda yang sedang mempertimbangkan membeli PS4 atau Xbox One.

Pilih PS4 atau Xbox One?


PS4 selama ini lebih populer di kalangan maniak video games. Memang Sony sebagai produsennya tampak memahami keinginan gamers sejati dengan tidak menjadikan konsol PS4 sebagai perangkat hiburan namun berfokus sepenuhnya sebagai konsol permainan. Oleh sebab itu sudah jelas bahwa sebagai konsol PS4 lebih powerful dibandingkan Xbox One. Sedangkan Microsoft lewat Xbox One sendiri tampak belum benar-benar berani memfokuskan diri sebagai konsol permainan, karenanya Xbox One lebih merupakan perangkat hiburan all-in-one ketimbang konsol permainan murni.

Pada awal kehadirannya Xbox One juga kalah populer dibandingkan PS4 karena selain tidak fokus sebagai konsol game juga banderolnya terlalu mahal. Namun kondisi tersebut saat ini sudah berubah cukup signifikan semenjak Mircosoft memutuskan untuk menurunkan harga Xbox One sejak beberapa bulan belakangan. Meski tetap lebih mahal dari harga PS4 namun bagi mereka yang tak sekedar mencari konsol game murni jelaslah Xbox One tetap patut dipertimbangkan sebelum melakukan keputusan pembelian.

Pilih PS4 atau Xbox One? Perbandingan Harga

Seperti sudah disinggung bahwa dari sisi harga PS4 jelas lebih terasa terjangkau. Saat ini harga PS4 dibanderol di kisaran Rp 5,4 hingga Rp 6 juta-an tergantung paket yang ditawarkan. Sedangkan harga Xbox One meski sudah lebih murah dari kala pertama kali diluncurkan namun tetap berada di kisaran Rp 7 hingga 8,5 juta-an. Selain itu salah satu andalan Xbox yaitu Kinect saat ini juga tampak tidak digarap dengan serius oleh Microsoft sendiri, setidaknya hal itu bisa dilihat dari jumlah game-game terbaru Xbox One yang mendukung Kinect yang makin berkurang beberapa waktu terakhir ini.

Perbandingan Spesifikasi PS4 dan Xbox One

PS4 hadir dengan dimensi yang lebih tipis sekaligus lebih kecil jika dibandingkan Xbox One sehingga cukup praktis untuk disimpan maupun dibawa. Jika dibandingan PS3 maka PS4 pun kini terasa lebih handal dan kokoh.

Xbox One di sisi lain memang dimensinya lebih besar dibanding PS4 namun tak sampai pada tahap terlalu besar hingga sulit untuk disimpan. Sama halnya dengan PS4 yang lebih baik dalam hal reliabilitas dibanding PS3 demikian pula Xbox One mengalami penyempurnaan reliabilitas jika dibandingkan Xbox 360.

Kedua konsol sama-sama mengandalkan prosesor Jaguar buatan AMD yang didukung oleh delapan cores. Bedanya jika pada Xbox One kecepatan maksimalnya dipatok 1.75 GHz sedangkan pada PS4 laju maksimalnya hanya 1.6 GHz. Perbedaan keduanya terletak pada GPU dimana Xbox One menggunakan GPU dengan arsitektur Bonaire yang bisa diketemukan juga pada Radeon HD7790 dengan 12 GCN, sedangkan GPU pada PS4 dibangun dengan arsitektur Pitcaim dengan 18 GCN oleh karena itu PS4 lebih unggul dibanding Xbox One dari sisi komputasi grafis.

Tak cukup sampai disitu, PS4 pun menggunakan RAM berkapasitas 8 GB 5500 MHz GDDR5 yang bandwith-nya jelas lebih besar dibandingkan Xbox One yang hanya menggunakan 2133 MHz DDR3. Memang Microsoft mengkompensasi kekurangan ini dengan menambah kapasitas RAM menjadi 32 GB. Namun secara keseluruhan PS4 tetap lebih bertenaga dibandingkan Xbox One.

Apa artinya perbedaan tersebut bagi pengguna secara langsung? Ketika diuji menggunakan video games yang sama dengan kemampuan lintas platform pada PS4 mampu berjalan lebih mulus dengan resolusi tinggi. Sedangkan ketika game yang sama dijalankan pada Xbox One perlu menurunkan resolusi agar tetap berjalan mulus. Meski demikian perbedaan keduanya juga tidak selalu seekstrem itu, dalam sebagian besar kasus perbedaan keduanya nyaris tidak tersadari kecuali Anda benar-benar memerhatikan perfoma visualisasinya secara seksama.

Kesimpulannya PS4 jelas lebih bertenaga dibandinga Xbox One namun perbedaan ini tak cukup menjustifikasi bahwa membeli PS4 lebih menguntungkan dibanding Xbox One dari sisi performa.
Bahkan dari sisi performa baik PS4 maupun Xbox One sama-sama lebih powerful menjalankan game jika dibanding gaming PC kelas menengah. Alasannya sederhana, sebab para pengembang game yang umumnya adalah pihak ketiga lebih memaksimalkan software mereka untuk dijalankan oleh konsol PS4 maupun Xbox One ketimbang untuk PC lebih-lebih laptop.

Pilih PS4 atau Xbox One?

Perbandingan Dukungan Terhadap Game Lawas PS4 vs. Xbox One

Dalam poin perbandingan ini kedua konsol sama-sama menunjukkan kekurangan, sebab Xbox One tidak kompatibel dengan game-game Xbox 360 demikian pula halnya konsol PS4 tidak dirancang untuk mendukung game-game PS3 dan versi di bawahnya. Namun dalam waktu dekat kabarnya Sony bakal merilis Playstation Now yang memungkinkan pemilik konsol PS4 memainkan game-game PS1, PS2 maupun PS3 secara streaming melalui internet. Namun yang perlu dicatat adalah pengguna masih harus membayar untuk bisa memainkan game lewat metode streaming tersebut.

Perbandingan Games PS4 vs. Xbox One

Salah satu faktor utama menentukan pilihan antara PS4 atau Xbox One adalah ketersediaan game-game secara eksklusif untuk masing-masing konsol tersebut. Bagi para penggemar game dengan genre balap atau racing rasa-rasanya Xbox One bakal lebih menarik. Beberapa games racing yang secara eksklusif tersedia untuk Xbox One antara lain adalah Forza Horizon 2, juga jika Anda sudah kecanduan dengan game Halo maka Xbox One jelas terasa lebih ideal.

Pada sisi lain bagi mereka yang lebih menggemari game dengan genre RPG maka pilihan yang disediakan secara eksklusif untuk PS4 lebih variatif jika dibandingkan Xbox One.

Perbandingan PS4 dan Xbox One


Selain game-game yang eksklusif tersedia untuk masing-masing konsol, game lintas platform seperti GTA, Far Cry, Assassin’s Creed, Call of Duty dan sebagainya pun turut menjadi pertimbangan. Dan faktanya meski game-game tersebut tersedia dalam versi Xbox One maupun PS4 namun kualitas visualisasi grafis serta performanya terasa jauh lebih baik pada versi PS4 dibanding Xbox One. Tabel berikut bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan keduanya pada poin ini.


PS4

Keduanya

Xbox One

Blacklight: Retribution

Assassin's Creed IV: Black Flag

Below

Final Fantasy XIV: A Realm Reborn

Battlefield 4

Crimson Dragon

Daylight

Call of Duty: Ghosts

D4

DC Universe Online

The Crew

Dead Rising 3

Deep Down

Destiny

Forza Motorsport 5

Don't Starve

The Division

Halo

#DriveClub

Dragon Age Inquisition

Killer Instinct

Gran Turismo

Dying Light

Kinect Sports Rivals

Infamous: Second Son

EA Sports UFC

LocoCycle

Killzone: Shadow Fall

Elder Scrolls Online

Minecraft: Xbox One Edition

Knack

FIFA 14

Quantum Break

Mercenary Kings

Final Fantasxy XV

Project Spark

Oddworld: New n' Tasty

Just Dance 2014

Rabbids Invasion

The Order: 1866

Kingdom Hearts 3

Ryse: Son of Rome

Outlast

Mad Max

Sunset Overdrive

PlanetSide 2

Madden 25

Titanfall

Primal Carnage: Genesis

Metal Gear Solid V

Zumba Party Fitness

Ray's The Dead

Mirror's Edge 2

Zoo Tycoon

Transistor

NBA 2K14

Untitled Black Tusk game

War Thunder

NBA Live 14

Plants Vs. Zombies: Garden Warfare

Warframe

Need for Speed: Rivals

Fantasia: Music Evolved

Skylanders Swap Force

Sniper Elite 3

Star Wars Battlefront

Thief

Watch Dogs

The Witcher 3: Wild Hunt

The Witness

Wolfenstein: The New Order

The Evil Within

Trials Fusion

Kesimpulan Pilih PS4 atau Xbox One?

Cek Harga PS4 dan Xbox One
Sony PS4 Xbox One
Harga Sony PS4 Harga Xbox One
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Sebenarnya tidak ada jawaban pasti jika harus menjawab pilih PS4 atau Xbox One mengingat masing-masing menawarkan kelebihan serta memiliki kekurangannya sendiri, demikian pula masing-masing calon pembeli pasti memiliki preferensi yang berbeda. Pastinya manapun yang Anda pilih baik Xbox One maupun PS4 bakal mampu memuaskan dahaga Anda akan video game yang kaya akan kecanggihan visualisasi.