on

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro

Perbandingan antara Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro berikut hendak melihat sehebat apakah flagship model terbaru dari Xiaomi yang resmi dirilis pada tanggal 27 Januari 2015 tersebut. Alasan menggunakan Samsung Galaxy Note 4 sebagai pembanding sederhana saja, pasalnya phablet keluaran Samsung tersebut masih merupakan benchmark untuk phablet Android kelas high-end sampai saat ini.

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro sendiri terasa cukup relevan bukan saja dari sisi spesifikasi namun juga dari sisi harga. Sebab berbeda dengan sebelumnya dimana harga produk Xiaomi jauh lebih murah dibanding kompetitor dalam segmen dan kategori yang sama, kali ini harga Xiaomi Mi Note Pro tak beda jauh dibanding phablet Android sekelasnya meski tidak semahal Samsung Galaxy Note 4. Berikut adalah perbandingan antara Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro:

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro


Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro

Perbandingan keduanya dimulai dari fitur layar dimana kedua phablet Android kelas high-end tersebut sama-sama menawarkan layar berukuran 5.7 inch dengan resolusi QHD yang kerapatan warnanya mencapai nilai 515 ppi. Perbedaan keduanya di sektor layar terletak pada jenis layar yang digunakan dimana Samsung Galaxy Note 4 seperti biasa mengandalkan layar Super AMOLED dan di pihak lain Xiaomi Mi Note Pro mengandalkan layar LCD dengan teknologi JDI besutan Sharp. Dari sisi akurasi warna layar Super AMOLED unggul dibanding para kompetitor namun layar LCD JDI pada Xiaomi Mi Note Pro pun juga tak berbeda jauh kualitasnya dibandingkan Galaxy Note 4.

Features Samsung Galaxy Note 4 Xiaomi Mi Note Pro
Size 153.5×78.6×8.5 mm 155.1×77.6×6.95 mm
Weight 176 grams 161 grams
Display 5.7-inch QHD 5.7-inch QHD
Processor 2.7GHz Snapdragon 805 quad-core Snapdragon 810 octa-core
RAM 3GB 4GB
Storage 32GB (expandable) 64GB (not expandable)
Cameras 16-megapixel/3.7-megapixel 13-megapixel/4-megapixel
Operating system Android 4.4.4 KitKat MIUI 6 based on Android 4.4 KitKat
Battery 3,220mAh 3,090mAh
Price Rp 8.900.000 NA

Di sektor performa Xiaomi Mi Note Pro mampu mengungguli Samsung Galaxy Note 4 sebab smartphone Xiaomi terbaru ini sudah mengandalkan prosesor Snapdragon 810, sedangkan Galaxy Note 4 masih menggunakan Snapdragon 805 atau Exynos 5433. Dari sisi GPU pun Snapdrahon 810 yang digunakan oleh smartphone Xiaomi sudah menggunakan Adreno 430 dimana Galaxy Note masih mengandalkan GPU Adreno 420 atau Mali-T760 untuk versi Exynos. Secara teoritis Xiaomi Mi Note Pro lebih cepat sekitar 30% dibanding Samsung Galaxy Note 4, bagi pengguna pada umumnya mungkin perbedaan 30% tak dianggap penting, namun bagi mereka yang gemar memainkan game dengan phablet perbedaan tersebut jelaslah signifikan.

Sedangkan bagi mereka yang banyak melakukan multitasking lagi-lagi Xiaomi Mi Note Pro menunjukkan keunggulan atas Samsung Galaxy Note 4 karena sudah dibekali dengan kapasitas RAM 4 GB dimana Galaxy Note 4 hanya 3 GB. Perbedaan kecepatan prosesor Snadragon 810 vs 805 atau Exynos 5433 sendiri sebenarnya tak terlalu besar, perbedaannya justru baru terasa manakala keduanya menjalankan sistem operasi Android Lollipop sebab Snapdragon 810 sudah mendukung 64 bit sedangkan tidak demikian halnya dengan Snapdragon 805. Namun khusus untuk Galaxy Note 4 yang menggunakan Exybos 5433 perbedaan ini tidaklah relevan sebab Exynos 5433 pun sudah mendukung 64 bit.

Pada dukungan jaringan Xiaomi Mi Note Pro yang menyediakan fitur Dual SIM kemungkinan bakal lebih diterima oleh pasar di emerging market termasuk Indonesia sebab umumnya konsumen di negara-negara ini cenderung menggunakan lebih dari satu kartu SIM. Sementara Samsung Galaxy Note 4 sampai saat ini hanya tersedia dalam opsi single SIM saja. Di atas kertas dengan catatan infrastrukturnya mendukung Xiaomi Mi Note Pro juga unggul karena sudah menyediakan LTE Cat.9 yang sanggup menghantarkan kecepatan unduh hingga 450 Mbps dimana Samsung Galaxy Note masih mendukung LTE Cat. 3 yang secara teoritis hanya mendukung kecepatan unduh hingga 300 Mbps. Konon Samsung dalam waktu dekat akan segera merilis Galaxy Note LTE Cat. 9.

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro

Untuk fitur kamera di atas kertas Samsung Galaxy Note 4 lebih unggul berkat kamera utama 16 MP, sedangkan Xiaomi Mi Note Pro hanya dibekali kamera utama 13 MP. Memang nilai MP bukanlah tolok ukur menentukan kualitas foto yang dihasilkan sebuah kamera namun melihat sejarahnya selama ini dimana kualitas kamera Samsung lebih superior dibanding kamera Xiaomi maka untuk saat ini bisa diasumsikan Galaxy Note 4 unggul atas Mi Note Pro di fitur ini meski perlu pengujian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro

Melihat perbandingan Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro sejauh ini keduanya cukup berimbang dari sisi fitur utama. Namun dari sisi fitur tambahan Samsung Galaxy Note 4 yang didukung oleh S Pen terasa lebih produktif, belum lagi Galaxy Note 4 juga lebih kaya akan fitur gimmick jika dibandingkan Xiaomi Mi Note Pro.

Dari sisi banderol harga Samsung Galaxy Note 4 saat ini ada di kisaran Rp 9 juta-an sementara harga Xiaomi Mi Note Pro meski belum resmi diumumkan di Indonesia namun jika dikonversi langsung dari mata uang Yuan maka harganya ada di kisaran Rp 7 juta-an. Apakah beberapa fitur unggulan milik Samsung Galaxy Note 4 pantas mengkompensasi harga yang lebih mahal sekitar Rp 2 juta-an tentu kembali pada pertimbangan masing-masing calon konsumen.