on

Mengenal Samsung Galaxy A3 versi Indonesia

Samsung Galaxy A3 yang tak lain adalah salah satu Hp Android Samsung Galaxy terbaru akhirnya secara resmi dijual di Indonesia belum lama ini dengan banderol kelas menengah. Seri termurah dari jajaran lini Samsung Galaxy seri A ini hadir dengan casing metal yang memberikan kesan lebih premium dibanding produk Samsung Mobile pada umumnya selama ini. Namun selain dari casing tersebut adakah keunggulan Samsung Galaxy A3 yang membuatnya layak dipinang?

Samsung Galaxy A3 memang adalah yang termurah di jajaran lini seri A, namun demikian harganya sendiri juga tidak terbilang murah dibandingkan ponsel kelas menengah lainnya. Saat ini pihak produsen menyediakan Galaxy A3 dalam tiga pilhan warna yaitu hitam, putih dan gold. Desainnya sendiri cukup atraktif untuk sebuah ponsel Android kisaran Rp 3 juta-an.

Harga Samsung Galaxy A3 Indonesia


Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy A3

Samsung Galaxy A3 menjadi salah satu jawaban Samsung untuk mengantisipasi merosotnya penjualan dan keuntungan mereka sepanjang tahun lalu. Jika kemarin-kemarin smartphone Samsung Galaxy harga terjangkau umumnya hadir dengan kualitas amburadul maka Galaxy A3 seolah merupakan bukti pencerahan yang diterima oleh pihak Samsung untuk tidak memperlakukan konsumen semau-maunya sebagaimana mereka lakukan sebelumnya.

Desain Samsung Galaxy A3 sangat elegan, ramping serta mudah dioperasikan dengan satu tangan. Selain desain yang cantik hal menonjol lainnya dari A3 adalah layar 4.5 inch Super AMOLED dengan resolusi qHD yang berpadu dengan bezel super tipis di sekelilingnya. Resolusinya memang tidak terlalu tinggi yaitu 540 x 960 pixels, namun secara keseluruhan kualitasnya cukup baik dengan reproduksi warna yang tajam meski sayangnya sangat reflektif di bawah sinar matahari sehingga kurang cocok digunakan di luar ruangan. Selain itu Samsung juga tidak memberikan lapisan Corning Gorilla Glass atau sejenisnya sehingga layar ini cukup rentan tergores

Dengan tebal sekitar 6,9 mm maka Samsung Galaxy A3 resmi menjadi ponsel tertipis yang dimiliki oleh Samsung saat ini. Perpaduan ketebalan tersebut dengan bobot yang hanya 110 gram terasa ideal dalam arti tidak terlalu ringan hingga terasa murahan namun juga tidak berlebihan bobotnya hingga mengurangi kepraktisan.

Di jantung performa pihak pabrikan memercayakan pada prosesor quad-core Snapdragon 410 dengan laju maksimal 1.2 GHz. Android KitKat beserta TouchWiz mampu dijalankan dengan sempurna oleh prosesor yang bekerjasama dengan RAM 1.5 GB tersebut.

Penggemar selfie dipastikan bakal terakomodir oleh Samsung Galaxy A3 sebab pada bagian depan terdapa kamera 5 MP dengan viewing angles 120 derajat yang bukan saja ideal untuk berfoto selfie namun juga groupie. Kualitas foto yang dihasilkan tidak istimewa namun juga tidak mengecewakan, ditambah lagi kamera ini mendukung penyimpanan gambar animasi dalam format GIF yang cukup menghibur plus perintah suara untuk mengambil foto.

Spesifikasi Samsung Galaxy A3 Indonesia

Media penyimpanan internal tersedia dalam kapasitas 16 GB dengan opsi tambahan memori eksternal hingga kapasitas 64 GB. Sedangkan baterai berkapasitas 1.900 mAh-nya mampu dihemat berkat keberadaan fitur ultra-power saving. Meski demikian performa baterai ini masih jauh dari harapan karena sulit bertahan selama sehari penuh.

Harga Resmi Samsung Galaxy A3

Harga Samsung Galaxy A3 dan Samsung Galaxy A5
Samsung Galaxy A3 Samsung Galaxy A5
Harga Samsung Galaxy A3 Harga Samsung Galaxy A5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Samsung Galaxy A3 di Indonesia saat ini dibanderol di kisaran Rp 3.7 juta-an. Meski di kisaran harga yang sama ada banyak pilihan lain dengan performa baterai lebih baik, layarnya sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass dan bahkan menawarkan kapasitas RAM lebih besar namun harus diakui bahwa dari sisi desain tak ada kompetitor di kisaran harga sama yang mampu menghadirkan sisi estetika sebaik Samsung Galaxy A3.