on

Perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2

Perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2 tentu merupakan salah satu perbandingan yang ditunggu oleh penggemar ponsel dengan desain lain daripada yang lain. Hanya berjarak setahun setelah perusahaan asal Korea itu membuat terobosan menghadirkan smartphone Android yang layarnya bisa dilengkungkan lewat LG G Flex kini generasi kedua yang mengusung beberapa penyempurnaan pun dihadirkan melalui LG G Flex 2. Karena dibangun berdasarkan feedback dari pengguna produk generasi pertama maka secara teori semestinya LG G Flex 2 lebih unggul dibandingkan LG G Flex.

Namun perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2 kali ini tetaplah relevan. Sebab meski di atas kertas generasi kedua jelas lebih baik dibanding pendahulunya namun selisih harga yang lumayan antara keduanya menempatkan calon pembeli pada posisi harus lebih bijak mempertimbangkan apakah selisih harga tersebut layak untuk menebus keunggulan LG G Flex 2 atas LG G Flex. Berikut perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2 versi Bursa Harga Ponsel dan Laptop.

Perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2

Perbandingan Spesifikasi LG G Flex dan LG G Flex 2


LG G Flex (D955)

LG G Flex 2 (H955)

Processor

2.26GHz Qualcomm Snapdragon 800, 32-bit, quad-core

2GHz Qualcomm Snapdragon 810, 64-bit, octa-core

Graphics processor

Adreno 330

Adreno 430

Operating System

Android 4.2.2 KitKat

Android 5.0.1 Lollipop

Screen

6in full-HD (1280x720, 245ppi) curved P-OLED screen, Gorilla Glass 2

5.5in full-HD (1920x1080, 403ppi) curved P-OLED screen, Gorilla Glass 3

Storage

32GB

16/32GB with microSD card slot (up to 2TB)

RAM

2GB

2GB

Back camera

13Mp (4K video recording with KitKat 4.4 update)

13Mp with OIS+ and Laser Auto Focus and 4K video recording

Front camera

2.1Mp

2.1Mp

Cellular

4G/LTE/HSPA+ 21/42Mb/s

4G/LTE/HSPA+ 21/42Mb/s

SIM

micro

micro

Wi-Fi

802.11a/b/g/n/ac (2.4/5GHz dual band)

802.11a/b/g/n/ac (2.4/5GHz dual band)

Bluetooth

4.0 with apt-X

4.1 with apt-X

NFC

Yes

Yes

GPS

A-GPS

A-GPS

Video output

Miracast

SlimPort

Battery

3500mAh non-removable

3000mAh non-removable

Dimensions

160.5 mm x 81.6 mm x 7.9-8.7 mm

149.1x75.3x7.1-9.4mm

Weight

177g

152g

LG G Flex 2 tidak dibangun dari nol melainkan penyempurnaan dari LG G Flex. Karena itu pada dasarnya keduanya adalah ponsel yang sama, dan kesamaan-kesamaan tersebut masih bisa dirasakan ketika membandingkan keduanya secara bersamaan. Antara lain adalah kapasitas memori internal 32 GB, kamera depan 2.1 MP serta kamera utama 13 MP. Bedanya pada LG G Flex 2 kamera utamanya sudah didukung oleh fitur dual LED flash dimana pada LG G Flex masih single LED flash serta laser autofocus seperti yang bisa ditemukan pada LG G3, untuk mempercepat proses autofocus meski hanya efektif untuk objek dengan jarak dekat.

Beberapa kesamaan antara LG G Flex dan LG G Flex 2 lainnya bisa dilihat dari fitur dual-band Wi-Fi, Bluetooth, NFC, layar dan casing mengkurva, modul FM Stereo Radio dan IR Blaster.

Penyempurnaan yang dilakukan LG Mobile terhadap LG G Flex 2 cukup kentara dari build quality-nya. Meski LG G Flex generasi pertama sendiri sebenarnya termasuk baik namun pada LG G Flex 2 terasa jauh lebih solid dibanding generasi pertama. Kesan mewah makin diperkuat oleh layar OLED FHD yang memiliki kerapatan warna 403 ppi, jelas merupakan peningkatan signifikan mengingat LG G Flex generasi sebelumnya hanya memiliki kerapatan warna 245 ppi.

Untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi Android Lollipop maka prosesor Snapdragon 800 yang sebelumnya bercokol di LG G Flex digeser oleh prosesor 64 bit Snapdragon 810 meski kapasitas RAM nya sendiri masih tetap 2 GB karena pihak produsen merasa kapasitas tersebut sudah ideal.

Menariknya meski mengalami beberapa peningkatan namun justru LG menyunat kapasitas baterai yang semula 3500 mAh menjadi hanya 3000 mAh, pihak pabrikan sendiri mengklaim bahwa baterai tersebut sanggup terjaga selama sehari penuh. Selain itu karena Snapdragon 810 mendukung Quick Charge 2.0 maka baterainya dapat diisi ulang sebesar 50% hanya dalam waktu 40 menit.

Di sektor audio sang produsen juga melakukan perbaikan dengan memberi dukungan fitur Dolby Mobile. Namun bagi para penggemar Android yang bakal menarik perhatian tentu saja adalah sistem operasi Android Lollipop yang menjadi standar LG G Flex 2 ini.

Bagaimana dengan LG G Flex generasi pertama sendiri? Sebenarnya selain desain dan layar mengkurva tak ada keistimewaan apapun dari G Flex generasi pertama ini. Spesifikasinya biasa-biasa saja dan harganya bahkan terbilang mahal untuk sekedar keunikan tersebut. Dibandingkan LG G2 saja banyak kekurangan dari LG G Flex seperti resolusi layar yang biasa saja serta ketiadaan dukungan memori eksternal.

Perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2

Kesimpulan Perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2

Sejak awal sudah cukup jelas bahwa dilihat dari sisi manapun perbandingan LG G Flex dan LG G Flex 2 menempatkan sang pendatang baru sebagai unggulan. Dengan build quality yang lebih solid, dukungan prosesor 64 bit berikut Android Lollipop, layar dengan resolusi tinggi, penambahan fitur OIS+, laser autofocus dan dual LED flash pada kameranya belum lagi dukungan quick charge 2.0 sudah cukup menjabarkan alasannya.

Perbandingan Harga LG G Flex vs. LG G3
LG G Flex LG G3
Harga LG G Flex Harga LG G3
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Sedangkan dari sisi harga meski belum ada rilis resmi dari pihak pabrikan namun diduga nantinya harga LG G Flex 2 kurang lebih sama dengan LG G Flex saat ini, dan saat LG G Flex 2 mulai diperdagangkan pada bulan Februari nanti besar kemungkinan harga LG G Flex akan turun secara signifikan.