on

Nikon D3300 Kamera SLR Pemula Berwarna Ceria

Nikon D3300 yang merupakan versi update atau pengganti dari Nikon D3200 mencoba tampil mencolok lewat warna casing ceria. Untuk ukuran sebuah entry level DSLR sebenarnya tak banyak hal baru yang ditawarkan oleh kamera digital terbaru keluaran Nikon ini. Kebebasan sang fotografer untuk menentukan setting masih tetap terbatas jika dibandingkan kamera DSLR kelas di atasnya.

Meskipun demikian bagi mereka yang baru mulai memiliki ketertarikan terhadap fotografi dan sebelumnya masih sebatas menggunakan kamera otomatis maka banyak hal bisa Anda pelajari ketika menggunakan Nikon D3300. Dan jika pada saat-saat tertentu pemiliknya merasa enggan berepot-repot dengan berbagai pengaturan, kamera digital ini juga masih menawarkan mode otomatis yang membuatnya mampu beroperasi bak point-and-shoot-camera. Beberapa filter built-in berikut scene modes juga cukup mampu mempercantik hasil foto dengan mode otomatis tersebut.

Harga Nikon D3300


Mode dial-nya sendiri terletak pada bagian atas kamera dan hanya menyediakan pengaturan exposure. Sedangkan fungsi-fungsi lain umumnya bisa ditemukan pada menu di layar. Tujuannya cukup jelas, Nikon tidak ingin pemula di bidang fotografi merasa bingung dengan mode dial yang umumnya jauh lebih kompleks pada kamera DSLR tingkat advance.

Setelah Anda terbiasa dan mengenal Nikon D3300 dengan baik maka seketika Anda akan dibuat kagum oleh kualitas foto yang sanggup dihasilkan oleh kamera ini. Selama menggunakan nilai ISO rendah maka foto yang dihasilkan sangat tajam, sekalipun kala diperbesar pada ukuran maksimal. Namun pada nilai ISO yang lebih tinggi baru keliahatan kelemahan Nikon D3300 berupa gambar grainy seperti umumnya kamera di kelas ini.

Keunggulan dan Kelemahan Nikon D3300

Foto yang disimpan dalam format JPEG menunjukkan warna yang cerah serta gambar yang hidup. Jika Anda berencana melakukan editing maka kamera Nikon D3300 ini pun menyediakan pilihan menyimpan file dalam format RAW.

Sensor 24 MP-nya sendiri terletak di belakang lens mount sehingga lebih sanggup mengambil foto dalam ukuran besar. Jika Anda berencana melakukan cropping kala melakukan edit foto nantinya tentu keunggulan Nikon D3300 ini terasa bermanfaat. Dan kabar baiknya lagi Anda bisa menggunakan semua jenis lensa yang kompatibel dengan F Mount.

Cek Harga Nikon D3300
Nikon D3300
Harga Nikon D3300
Nikon D3300


Sejujurnya tak banyak hal bisa dibahas pada review Nikon D3300 ini, sebab seperti sudah disinggung di atas nyaris tak ada sesuatu yang benar-benar baru di sini. Namun seperti umumnya kamera DSLR entry level, para fotografer pemula bisa mempelajari banyak hal lewat setting manual yang disediakan oleh Nikon D3300.