on

Spesifikasi Lenovo A6000: HP Android 4G Harga 1 Juta-an

Lenovo A6000 semenjak peluncurannya cukup menyita perhatian. Pasalnya dengan banderol tak sampai Rp 2 juta HP Android terbaru Lenono ini sudah mengusung prosesor dengan arsitektur 64 bit sekaligus mendukung jaringan 4G. Tak hanya itu, jika pada umumnya ponsel di kisaran harga ini hanya menawarkan kebutuhan mendasar maka Lenovo A6000 sudah menawarkan dukungan teknologi Dolby yang memberi nilai ekstra di sektor hiburan (entertainment).

Lenovo A6000 memang masih mengandalkan casing berbahan plastik sebagaimana umumnya ponsel di kisaran harga ini. Namun pada sisi lain penggunaan material plastik ini menjadikan smartphone Android Lenovo di kelas low-end ini terasa ringan (130 gram). Ponsel yang memiliki dimensi 71.04 x 140.87 x 8.07 mm ini relatif baik dalam hal finishing dan build quality-nya.

Spesifikasi Lenovo A6000


Sekilas Spesifikasi Lenovo A6000

Lenovo A6000 menyediakan dua slot micro SIM card (dual SIM) dimana satu diantaranya mendukung jaringan 2G, 3G dan 4G, sementara satu sisanya lagi hanya mendukung jaringan 2G. Pada satu sisi Lenovo tampak bermurah hati dengan menempatkan dual Mic yang berfungsi sebagai noise cancellation namun pada sisi lain produsen asal Cina itu juga terkesan pelit dengan tidak memberikan lampu LED untuk notifikasi maupun backlit bagi tombol navigasinya.

Selama ini ponsel Lenovo selalu dikenal menawarkan kualitas layar yang baik, meski termasuk ponsel murah namun ternyata hal yang sama masih berlaku pada Lenovo A6000. Layar berukuran 5 inch dengan resolusi 1280 x 720 pixels ini bukan saja memiliki viewing angles yang luas namun juga reproduksi warna yang relatif baik. Cukup adil mengatakan bahwa kualitas layarnya tergolong superior untuk sebuah ponsel yang banderolnya tak lebih dari Rp 2 juta ini. Beberapa sensor juga turut melengkapinya yaitu accelerometer, light dan proximity.


Seperti biasa Lenovo mengandalkan tampilan antar muka VibeUI untuk mendampingi sistem operasi Android 4.4.4 KitKat yang dijalankan oleh A6000 ini.
Performanya sendiri cukup baik, rupa-rupanya kombinasi prosesor quad core Snapdragon 410 dengan kecepatan maksimal 1.2 GHz, GPU Adreno 306 dan RAM dengan kapasitas 1 GB sudah cukup mumpuni untuk meladeni permintaan perangkat lunak yang dijalankan oleh ponsel Lenovo A6000. Game komplesk seperti Asphalt 8 pun bisa berjalan mulus dengan Lenovo A6000 pada mode grafis maksimum.

Sedangkan kapasitas media penyimpanan yang disediakan juga cukup lega dengan memori internal 8 GB dan dukungan memori eksternal hingga 32 GB.

Kamera utama 8 MP dan kamera 2 MP memang tak bakal menghasilkan kualitas istimewa, namun cukup mencolok untuk sebuah ponsel di kelas ini. Satu-satunya kelemahan kamera Lenovo ini adalah kesulitannya mendapat focus terutama ketika jarak objek-nya cukup dekat.


Kualitas Kamera Lenovo A6000

Sementara untuk kualitas suara yang dihasilkan oleh dual speaker di bagian belakang dengan dukungan teknologi Dolby terasa keras dan mantap, sebuah nilai plus jika menilik harga ponselnya yang terbilang murah. Jika Anda lebih suka mendengarkan musik lewat earphone ada baiknya membeli earphone berkualitas baik sebab aksesoris bawaannya cenderung di bawah standar.

Harga Lenovo A6000

Sama halnya dengan Sony Xperia E4 yang kebetulan berada di segmen sama, Lenovo A6000 juga dibekali dengan baterai dengan kapasitas besar yaitu 2300 mAh. Keputusan produsen menggunakan baterai tipe removable rasa-rasanya juga bisa dimasukkan sebagai nilai plus. Kala disiksa untuk menjalankan berbagai aplikasi berat secara intensif baterai ini sanggup bertahan selama 4 hingga 6 jam, tak hanya itu panas yang dihasilkan pun relatif rendah dibanding ponsel lain kala melakukan aktivitas serupa.

Kesimpulan dan Harga Lenovo A6000

Cek Harga Lenovo A6000
Harga Lenovo A6000
Harga Lenovo A6000
Nikon D3300


Lenovo A6000 menambah panjang alternatif yang bisa dipilih oleh konsumen di tahun ini. Bagi beberapa calon konsumen keunggulan Lenovo A6000 mungkin bakal dilihat dari dukungan jaringan 4G serta prosesor 64 bit yang diusungnya, namun di mata kami justru Dolby sound-lah fitur yang paling layar digarisbawahi sebagai unggulan dari ponsel keluaran Lenovo ini. Saat ini harga Lenovo A6000 dibanderol setara Rp 1.5 juta-an.