on

Spesifikasi Sony Xperia E4: Penerus Sukses Xperia E3?

Dirilisnya Sony Xperia E4 merupakan sebuah kabar baik bagi penggemar ponsel Android keluaran Sony. Pasalnya perusahaan asal Jepang itu pada akhir tahun lalu mengumumkan keputusannya untuk merampingkan portofolio produk mereka di kategori telepon genggam. Dalam pernyataannya itu Sony menyebut bahwa mereka hanya akan merilis satu ponsel high-end dalam satu tahun.

Namun kehadiran Sony Xperia E4 menunjukkan bahwa Sony belum sepenuhnya bakal melepaskan diri dari industri ponsel, setidaknya untuk saat ini. Memang akan sangat disayangkan jika Sony pada akhirnya benar-benar memutuskan cabut diri dari industri ponsel, sebab siapapun yang pernah menggunakan ponsel seri Sony Xperia pasti tahu bahwa ada keunggulan tersendiri dari seri Xperia yang tak bisa disamai oleh merek manapun bahkan sampai sekarang. Setidaknya untuk saat ini penggemar produk Xperia masih bisa menikmati ponsel Sony di kelas low-end lewat Sony Xperia E4.

Spesifikasi Sony Xperia E4


Build Quality dan Spesifikasi Sony Xperia E4

SIM Free & Unlocked
Yes
Operating SystemAndroid
Version4.4.4 (KitKat) - update to 5.0 Lollipop confirmed.
Custom SkinSony UI
Processor
Speed1.3GHz
Dual Core
Quad Core
Yes
Make/ModelAdreno 330
Other
Expansion Slot
Yes
TypeMicroSD
Capacity (Up to)32GB
RAM1GB
ROM
Internal Storage
Yes
Capacity8GB (5GB user-accessible)
Display/Screen
Touchscreen
Yes
Size5
TypeQuad HD IPS
Resolution 960 x 540
OtherScratch resistant glass
GSM/GPRS
Yes
Frequencies
Speed
3G/HSPA
Yes
Frequencies
Speed
4G
Frequencies
Speed
Bluetooth
Yes
Version4.1
Functions
WiFi
Yes
Version
DLNA
Version
Ports
DataMicroUSB
PowerMicroUSB
Audio3.5mm
Video Out
Facebook
Yes
Device Controls
Keyboard
Optical Trackpad
Hardware ButtonsPower, Voume Up & Down
Other
GPS
Yes
Antenna TypeInternal
A-GPS
Yes
Built-in SoftwareGoogle Maps
Camera
Yes
Megapixels5
FlashAuto Focus and LED Flash
Camera Lens
Other4x digital zoom, auto scene recognition, 1080p HD video recording, HDR, image stabaliser, geotagging
Front Facing Camera
Yes
Type2MP with 720p HD video recording
Sensors
G-Sensor
Yes
Proximity Sensor
Yes
Digital Compass and Gyro
Light Sensor
Yes
Audio
FormatsMP3, 3GPP, MP4, SMF, WAV, OTA, Ogg vorbis
Recording3GPP™, MP4, AMR
Video
Formats3GPP™, MP4, WebM
Recording3GPP, MP4
Near Field Communication
FM Radio
Yes
Battery
Capacity2300mAh
Type
Removable
Call Time
GSMUp to 12 hours 43 minutes
3G
Standby Time
GSMUp to 696 hours
3G
Dimensions137 x 75 x 10.5 mm
Weight 144g
Software
OtherSony 3D Surround Sound technology, Clear AUdio , xLoud, WiFi Hotspot
Warranty24 months

Penampilan Sony Xperia E4 sekilas mirip dengan salah satu ponsel unggulan di kelas low-end lainnya yaitu Lumia 535. Desain yang sederhana, dengan paduan warna elegan serta tidak berkesan murahan membuat HP Android terbaru keluran Sony ini cocok digunakan oleh konsumen dari berbagai kelompok usia.

Tebal casing-nya sendiri beberapa milimeter lebih tebal jika dibandingkan Xperia Z3 yang bermain di segmen high-end, sementara bobotnya mencapai 144 gram.

Harga dan Spesifikasi Sony Xperia E4

Layar yang diusung oleh Sony Xperia E4 terbilang besar untuk sebuah ponsel kelas low-end yaitu 5 inch dengan resolusi 960 x 540 pixels, Sony juga cukup bermurah hati dengan menempatkan layar berteknologi IPS yang memiliki viewing angles luas sekaligus terlindung lapisan anti gores. Dan sebagaimana umumnya ponsel keluaran Sony, meski dibanderol dengan harga murah namun reproduksi warna serta ketajamannya terbilang baik untuk ukuran ponsel sekelas ini.

Performanya sendiri menjadi tanggung jawab dari prosesor quad-core Cortex A7 dengan kecepatan maksimal 1.3 GHz dari chipset MediaTek MT6582 dan RAM dengan kapasitas 1 GB serta GPU Mali-400MP2. Tak ada yang membuatnya menonjol di sektor ini jika dibandingkan kompetitor sekelasnya, namun pada sisi lain spesifikasi ini cukup memastikan bahwa daya tahan baterai Xperia E4 setidaknya sanggup bertahan selama sehari.
Di atas kertas kualitas performanya pun semestinya tak bakal menjadi masalah, kecuali untuk penggemar game yang mungkin harus berkompromi dengan penurunan resolusi grafis.

Dengan kapasitas memori internal sebesa 8 GB semestinya sudah cukup untuk berbagai keperluan, namun jika masih dirasa kurang atau untuk alasan kepraktisan pemindahan data dari ke perangkat lain maka Sony masih memberikan slot micro SD untuk menempatkan keping memori eksternal hingga kapasitas maksimal 32 GB.

Sony Xperia E4 masih mengandalkan sistem operasi Androir KitKat, tentu calon konsumen bakal berharap tersedianya update resmi Android Lollipop dalam beberapa bulan kedepan. Namun yang menjadi keunggulan di sektor perangkat lunak tak lain adalah tampilan antar muka yang meski sederhana namun elegan tanpa terlalu banyak bloatwares seperti yang umum ditemukan pada ponsel Android yang menggunakan tampilan antar muka touchwiz.

Fitur kamera pada Sony Xperia E4 menempatkan sensor 5 MP pada kamera utama di bagian belakang dan kamera sekunder 2 MP di bagian depan. Kualitasnya tentu tak bisa disetarakan dengan seri Sony Xperia yang lebih mahal, namun keberadaan beberapa software pendukung yang mampu memperbaiki kualitas foto yang dihasilkan sekaligus memberikan faktor fun layak diapresiasi untuk sebuah ponsel di kisaran harga ini. Bahkan dalam mode rekam video pun sudah mendukung efek slow motion yang masih langka untuk ukuran ponsel di kelas ini.

Dimensi Sony Xperia E4 yang relatif bulky ternyata membawa keunggulan tersendiri, sebab pihak produsen mampu memanfaatkannya untuk menjejalkan baterai dengan kapasitas cukup besar yaitu 2300 mAh.

Kamera Sony Xperia E4

Kesimpulan Ulasan Singkat Sony Xperia E4

Jelas dan siapapun sudah bisa menduga bahwa Sony Xperia E4 takkan bisa disepadankan dengan Sony Xperia Z3. Namun yang perlu diapresiasi adalah sekalipun Sony memutuskan untuk tidak lagi memfokuskan diri di industri ponsel namun nyatanya perubahan serta penyempurnaan yang didapat pada Sony Xperia E4 dibanding Xperia E3 tergolong signifikan. Padahal beberapa kompetitor merek lain yang nyata-nyata hanya memfokuskan diri pada industri ponsel saja justru tidak melakukan penyempurnaan yang sesignifikan ini.

Meski belum jelas kapan Sony Xperia E4 akan mulai dijual di Indonesia namun sekedar perkiraan harga saat ini harga Xperia E4 di UK dibanderol hanya £99.