on

Perbandingan Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E

Sampai saat ini jika bicara ponsel Android kelas low-end maka mayoritas calon konsumen bakal langsung teringat pada Motorola Moto E. Namun semenjak Microsoft merilis Lumia 532 yang lebih murah dengan kualitas yang tampaknya setara maka proses pengambilan keputusan beli tak lagi menjadi sederhana. Microsoft Lumia 532 dan Motorola Moto E sejauh ini tampak sebagai dua pilihan terbaik di kelas paling bontot.

Perbandingan Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E memang layak diamati. Karena sejauh ini untuk segmen low-end boleh dibilang nyaris tak ada yang mampu menyamai keduanya dalam menyeimbangkan antara kualitas, performa dan harga. Namun mana yang lebih pas untuk Anda? Silakan menyimak terlebih dahulu perbandingan Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E berikut:

Perbandingan Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E


Perbandingan Desain & Spesifikasi Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E

Lumia 532 yang hadir belakangan menawarkan layar berukuran 4 inch dengan resolusi 800 x 480 pixels. Dari sisi ukuran maupun tingkat resolusi jelas masih di bawah Moto E dengan layar 4.3 inch dan resolusi 540 x 960 pixels. Hal yang sama juga berlaku kala membandingkan kepadatan warna layar keduanya, sebab Lumia 532 yang terbatas pada angka 233 ppi sedangkan Moto E mencapai 256 ppi.
Pada perbandingan layar Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E, sudah cukup jelas bahwa Moto E unggul atas kompetitornya yang berbasis WP tersebut.

Pada konfigurasi perangkat keras meski awalnya tampak seimbang dengan menggunakan prosesor dual-core berkecepatan 1.2 GHz berikut RAM 1 GB, namun Lumia 532 yang dibekali memori internal 8 GB unggul dalam kapasitas penyimpanan dibandingkan Moto E yang hanya 4 GB. Kedua ponsel sama-sama mendukung penambahan eksternal memori hingga kapasitas 128 GB. Meski tipis namun Lumia 532 unggul berkat kapasitas media penyimpanan internal yang dua kali lipat lebih besar dibanding Moto E.

Di sektor perangkat lunak meski kami seringkali enggan membandingkan dua ponsel dengan basis sistem operasi yang berbeda namun sekedar membantu calon konsumen yang sedang mempertimbangkan keduanya maka mau tak mau harus dibahas pula.

Lumia 532 jelas menggunakan sistem operasi Windows Phone, sementara Moto E menjalankan sistem operasi Android. Kelemahan utama sistem operasi Windows Phone saat ini sudah barang tentu adalah minimnya aplikasi dibanding Android. Saat ini menurut klaim Microsoft telah tersedia 500.000 aplikasi yang mendukung sistem operasi WP, meski angka tersebut tampak besar namun masih jauh dibandingkan ketersediaan aplikasi Android yang saat ini sudah mencapai angka 1,5 juta. Jika fleksibilitas memang dianggap penting maka ada baiknya mempertimbangkan ponsel berbasis Android ketimbang WP. Karena alasan itu maka kami memberi poin plus untuk Motorola Moto E pada perbandingan ini.


Pada perbandingan kamera Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E, memang keduanya sama-sama mengandalkan kamera utama 5 MP yang secara kualitas terbilang baik untuk ukuran kamera ponsel sekelas ini namun Lumia 532 unggul berkat kamera depan 2 MP sementara Moto E masih belum memiliki kamera depan.

Kesimpulan Perbandingan Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E

Pada akhirnya perbandingan Microsoft Lumia 532 vs. Motorola Moto E memaksa kami harus memilih satu di antara keduanya, meski tentu pilihan tersebut tidaklah mudah. Pada dasarnya kedua ponsel tersebut relatif seimbang hampir dalam setiap sektor hanya saja karena Lumia 532 sudah dilengkapi kamera depan maka kami menjadikan fitur ini sebagai penentu dalam penilaian akhir.