on

Perbandingan Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535

Perbandingan Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535 merupakan perbandingan dua smartphone kelas low-end dengan kualitas terbaik di pasaran saat ini. Meski harga Microsoft Lumia 535 maupun Motorola Moto E tergolong sangat murah untuk ukuran harga smartphone namun bukan berarti calon konsumen tidak perlu mempertimbangkan sungguh-sungguh value yang ditawarkan dan bisa didapatkan dari masing-masing ponsel tersebut. Bahkan dengan nilai Rp 1 juta-an sekalipun seorang konsumen yang cerdas akan selalu memastikan sejumlah uang yang dibelanjakan tersebut benar-benar dibelanjakan dengan layak.

Perbandingan Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535 yang akan disajikan berikut hendak menggali kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan demikian harapannya calon pembeli bisa menimbang sendiri value mana yang dianggap penting bagi dirinya dan mana yang bisa dikompromi. Tanpa berpanjang lebar berikut adalah perbandingan Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535.

Perbandingan Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535


Perbandingan Desain dan Kualitas Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535

Dibandingkan smartphone Android di kisaran harga yang sama, Motorola Moto E termasuk satu dari sedikit ponsel Android harga Rp 1 juta-an yang mampu menawarkan desain serta build quality yang layak. Sejujurnya di kisaran harga ini hanya Motorola Moto E dan Asus Zenfone 4 lah yang pantas disebut produk layak diantara sesama HP Android untuk saat ini.

Desainnya sendiri memiliki cukup banyak kemiripan dengan kakaknya yaitu Motorola Moto G yang simetris dan minimalis. Meski desainnya sendiri minimalis namun Motorola juga cukup kreatif dengan menyediakan casing belakang yang warnanya bisa diganti sehingga pemilik tidak lekas bosan. Tak main-main, produsen yang kini dimiliki oleh Lenovo itu bahkan menyediakan sembilan pilihan warna casing belakang.

Meski casing bagian belakang bisa diganti sesuai selera dan keinginan pemilik namun baterai Motorola Moto E tidak bisa diganti. Bagian yang bisa diakses selepas membuka casing belakang ini adalah slot SIM card dan slot untuk keping microSD.

Sementara itu sang kompetitor, Microsoft Lumia 535 juga hadir dengan pilihan warna-warna ceria yang sudah diusung dan menjadi salah satu ciri khas seri Lumia sejak beberapa tahun lalu. Bobotnya sendiri sekitar 2 gram lebih berat jika dibandingkan Motorola Moto E.

Dari sisi desain maupun build quality kedua ponsel harga Rp 1 juta-an berbeda platform ini bisa dibilang seimbang, seimbang dalam arti positif karena desain yang cerdas dan solid.

Perbandingan Spesifikasi Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535

Baik Motorola Moto E maupun Microsoft Lumia 535 sama-sama menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 200 dengan laju maksimal 1.2 GHz yang mana merupakan prosesor entry-level. Keduanya sama-sama didukung dengan RAM sebesar 1 GB. Memang prosesor Microsoft Lumia 535 adalah tipe quad-core sementara pada Moto E masih dual-core. Namun Motorola memberikan tampilan antar muka dan fitur sesederhana mungkin pada Moto E dengan tujuan penggunaan sumber dayanya minimum.

Dari sisi performa kecepatan keduanya relatif berimbang, hanya saja soal media penyimpanan Microsoft Lumia 535 unggul berkat internal memori 8 GB yang berarti dua kali lipat lebih besar dibanding internal memori pada Motorola Moto E. Selain itu Microsoft Lumia 535 mendukung eksternal memori hingga 128 GB dimana kompetitornya hanya 32 GB.

Salah satu alasan mengapa baik Microsoft Lumia 535 maupun Motorola Moto E sanggup menghasilkan performa kecepatan yang baik meski spesifikasinya terbilang rendah adalah karena keduanya sama-sama menggunakan layar dengan resolusi rendah yaitu 960 x 540 pixels. Oleh karena ukuran layar Microsoft Lumia 535 lebih besar yaitu 5 inch maka kerapatan warnanya menjadi 220 ppi. Sedangkan Moto E yang hanya mengusung layar 4.3 inch menghasilkan kerapatan sedikit lebih baik yaitu 256 ppi. Dari sisi detail layar Motorola Moto E unggul atas Microsoft Lumia 535. Namun dari sisi ketajaman warna keduanya berimbang.

Microsoft Lumia 535 kembali unggul atas Motorola Moto E di sektor kamera karena menawarkan kamera depan dan belakang masing-masing dengan resolusi 5 MP. Sedangkan Motorola Moto E hanya mengusung kamera 5 MP di bagian belakang saja. Tak satupun dari keduanya yang mampu menghasilkan kualitas foto istimewa, namun kualitas foto Microsoft Lumia 535 sedikit lebih baik dibanding Moto E.

Pilih Motorola Moto E atau Microsoft Lumia 535?

Di sektor performa baterai Motorola Moto E unggul berkat baterai dengan daya 1980 mAh, Microsoft Lumia 535 dengan kapasitas baterai 1905 mAh hanya sedikit di bawah kompetitornya.

Sedangkan perbandingan sistem operasi Windows Phone vs. Android pada dasarnya adalah masalah selera sehingga tak bisa dinilai mana yang lebih baik atau lebih buruk. Mungkin yang umum menjadi perhatian calon konsumen di segmen ini adalah mengenai ketersediaan aplikasi. Pada satu sisi Motorola Moto E yang mengusung sistem operasi Android menawarkan lebih banyak pilihan aplikasi dibandingkan Microsoft Lumia 535 yang menjalankan Windows Phone. Namun pada sisi lain pengguna Microsoft Lumia 535 juga bisa merasa lebih aman karena semua aplikasi yang tersedia sudah disetujui oleh Microsoft.

Dari sisi kualitas sistem operasi sendiri keduanya berimbang, meski dalam sejarahnya sistem operasi Android relatif bermasalah soal stabilitas namun sejak Android KitKat 4.4.3 seperti yang dijalankan oleh Motorola Moto E ini stabilitasnya sudah bisa disejajarkan dengan Windows Phone maupun iOS.

Kesimpulan Perbandingan Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535


Perbandingan Harga Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto E

Microsoft Lumia 535 Motorola Moto E
Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G
Rp 1.699.000
Rp
1.499.000
Rp 1.399.000
Rp 1.199.000
beli sekarang beli sekarang

Microsoft Lumia 535 unggul di beberapa sektor namun banderolnya juga sedikit lebih tinggi dibanding Motorola Moto E. Harga Microsoft Lumia 535 saat ini ada di kisaran Rp 1,6 juta-an sedangkan harga Motorola Moto E kini sekitar Rp 1,3 juta-an. Apakah selisih tersebut layak untuk menebus keunggulan Microsoft Lumia 535 atas Motorola Moto E berupa kamera yang sedikit lebih baik dan kapasitas penyimpanan yang lebih lega tentu kembali pada pertimbangan tiap-tiap calon konsumen.

Dari perbandingan Motorola Moto E vs. Microsoft Lumia 535 bisa disimpulkan bahwa dalam banyak hal keduanya relatif berimbang, keduanya sama-sama ponsel terbaik di kisaran harga Rp 1 juta-an yang ada saat ini.