on

Sony Xperia M4 Aqua: Ponsel Android Anti Air

Sony Xperia M4 Aqua menjadi penerus ponsel anti air keluaran perusahaan asal Jepang yang bermain di segmen menengah. Sebelumnya produsen yang mulai mengurangi lini produknya di industri ponsel tersebut cukup sukses dengan Xperia M2 Aqua meski ada beberapa kritikan ditujukan kepadanya. Bagaimana peluang generasi terbaru ponsel kelas menengah anti air besutan Sony ini?

Build Quality dan Desain Sony Xperia M4 Aqua

Ketika membahas soal desain, Sony adalah satu dari sedikit produsen ponsel Android yang selalu konsisten dalam menjaga build quality maupun estetika setiap produknya. Tingkat konsistensi tersebut kembali terbukti pada Sony Xperia M4 Aqua. Penggunaan bingkai berbahan logam berikut tombol daya (power) yang terbuat dari aluminium menegaskan hal tersebut.



Sony Xperia M4 Aqua

Perpaduan tersebut makin menyiratkan kesan premium ketika menyatu dengan layar IPS LCD berukuran 5 inch di bagian depan yang memiliki resolusi 1280 x 720 pixels. Dan sebagaimana sudah diduga, keunggulan layar berteknologi IPS berupa viewing angles yang sangat luas turut menjadi salah satu kelebihan dari Sony Xperia M4 Aqua di sektor ini. Pada cover bagian belakang pihak produsen memilih kontur matte agar tidak licin dalam genggaman, dan calon konsumen diberikan kebebasan memilih warna mulai dari hitam, putih, silver hingga coral.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia M4 Aqua

Walau demikian keunggulan utama dari Sony Xperia M4 Aqua sesuai namanya tentu saja adalah desain OmniBalance yang disertifikasi anti air dan sanggup menahan masuknya air ke dalam komponen hingga kedalaman tertentu dalam waktu tertentu pula.
Dimensinya sendiri relatif tipis yaitu 7.3 mm, sementara bobotnya juga berhasil ditekan hingga hanya menjadi 136 gram saja.

Spesifikasi Teknis Sony Xperia M4 Aqua

Release date 4/2015

Software

Operating system Android
Launch OS version 5.0

Design

Dust and moisture resistant Yes
Thickness 0.28 in
Height 5.7 in
Width 2.85 in
Weight 4.7 oz
Color White, Black, Orange
Dust and moisture rating IP65, IP68

Display

Screen size 5 in
Resolution 1280 x 720

Connectivity

4G (LTE) Yes
3G Yes
2G Yes
Mobile hotspot Yes
NFC support Yes
Bluetooth version 4.1 + LE

Processor

Cores 8
Speed 1.5 GHz
Manufacturer Qualcomm
Model MSM8939

Graphics

Manufacturer Qualcomm
Model Adreno 405

Memory

RAM 2 GB

Storage

External storage Yes
MicroSD support Yes
Internal 8 GB
Maximum external storage 32 GB
Type microSD

Camera

Front-facing camera Yes
Rear-facing camera Yes
Flash Yes
High quality camera Yes
Optical image stabilization Yes
Front camera photo resolution 5 MP
Rear camera photo resolution 13 MP
Digital zoom 4 x

Video

Front camera video resolution 720p
Rear camera video resolution 1080p

Mendukung performa Sony Xperia M4 Aqua, pihak produsen menempatkan prosesor Octa-core dengan arsitektur 64 bit yang potensinya menjadi optimal kala berpadu dengan sistem operasi Android Lollipop. Kapasitas RAM yang diusungnya cukup standar untuk ukuran ponsel kelas menengah yaitu 2 GB. Xperia M4 Aqua tersedia dalam dua pilihan berdasar kapasitas memori internal yang diusungnya yaitu masing-masing 8 GB dan 16 GB. Keduanya juga mendukung tambahan memori eksternal hngga kapasitas maksimum 32 GB.

Sebagai perangkat hiburan pribadi Sony Xperia M4 Aqua pun tak bakal mengecewakan penggunanya. Dukungan fitur Sony 3D Surround Sound Technology, Clear Audio+, Clear Bass, xLoud Experience dan juga equalizer yang bisa diatur secara manual merupakan keunggulan di sektor audio yang tak dimiliki oleh para kompetitor sekelasnya sejauh ini.

Fitur kamera menjadi daya tarik lain dari ponsel Android terbaru Sony, kamera utama 13 MP yang dilengkapi dengan sensor Sony Exmore RS oleh pihak pabrikan diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas baik sekalipun dalam kondisi minim cahaya atau saat diperhadapkan pada backlight yang kuat. Fitur lain yang turut mendukung kamera ini antara lain berupa mode HDR, Sound Photo, Movie Creator dan 4x digital zoom.

Sementara pada bagian depan Sony menempatkan kamera selfie dengan sensor 5 MP dengan lensa lebar.



Untuk melengkapi kesemuanya itu sang produsen juga melengkapi dengan baterai berkapasitas 2400 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 13 jam (talktime), 779 jam standby, 7 jam video playback dan 64 jam music playback.

Pra Kesimpulan First Impression Sony Xperia M4 Aqua

Meski masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan namun sejauh ini tampaknya Sony tetap konsisten terhadap standar kualitas serta estetika produknya, hal ini tercermin pada Sony Xperia M4 Aqua. Untuk ponsel kelas menengah rasa-rasanya Xperia M4 Aqua memiliki kualitas yang menonjol dibanding kompetitor, namun sejarah layanan purna jual Sony yang belum sebaik Samsung atau LG seringkali membuat calon konsumen berpikir dua kali sebelum memutuskan membeli produk buatannya.