on

Perbandingan Samsung Galaxy A7 vs. Oppo R1C

Perbandingan Samsung Galaxy A7 vs. Oppo R1C cukup menarik untuk disimak karena selain sama-sama ponsel kelas menengah, keduanya juga adalah yang terbaik dari segi desain di segmennya. Banderol keduanya pun juga tak banyak berbeda satu sama lain. Mana yang lebih baik antara kedua ponsel Android kelas menengah tersebut?

Setelah mendapat kritikan Samsung akhirnya mulai mendengarkan aspirasi konsumen dengan meninggalkan casing plastik. Samsung Galaxy A menjadi lini produk perusahaan asal Korea itu yang secara khusus hadir dengan casing metal dan Galaxy A7 tak lain adalah yang tertinggi di jajaran Galaxy seri A untuk saat ini. Di sisi lain dengan mengandalkan casing saphire Oppo R1C pun langsung mendapatkan respon positif dari pasa semenjak pertama kali diperkenalkan.

Perbandingan Samsung Galaxy A7 vs. Oppo R1C


Perbandingan DEsain dan Spesifikasi Samsung Galaxy A7 vs. Oppo R1C

Alasan utama Samsung merilis Galaxy seri A adalah untuk mengakomodir konsumen yang menginginkan ponsel dengan tampilan solid, premium dan berkelas di atas segalanya. Meski desain serta build quality adalah fokusnya namun untuk produk tertinggi di keluarga Galaxy A ini pihak produsen memberikan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Galaxy A3 dan A5. Chipset yang diusung oleh Galaxy A7 adalah Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 yang di dalamnya terintegrasi prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 didampingi oleh RAM dengan kapasitas 2 GB. Meski belum terbukti secara langsung karena belum dirilis resmi, namun di atas kertas kombinasi tersebut adalah kombinasi spesifikasi terbaik untuk ponsel kelas menengah.

Sementara itu meski sebagian calon konsumen masih meragukan kualitas ponsel buatan Cina dibanding Korea namun Oppo R1C juga bukan ponsel yang bisa dipandang sebelah mata. Sebaliknya dari sisi desain justru tampak jauh lebih eksotis dan atraktif dibanding Galaxy A7. Bahkan chipset berikut kapasitas RAM yang diusungnya pun persis sama dengan Samsung Galaxy A7.

Meski dari sisi konfigurasi perangkat keras keduanya berimbang di atas kertas namun untuk mennggunakan data di atas kertas tersebut untuk memberi nilai imbang keduanya di lapangan masih terlalu dini. Sebab performa sebuah ponsel tak semata-mata bisa dilihat begitu saja dari spesifikasi yang dimiliki namun juga perangkat lunaknya sendiri. Keduanya sama-sama mengandalkan sistem operasi Android KitKat, Samsung Galaxy A7 mengkombinasikannya dengan tampilan antar muka TouchWiz sedangkan ColorOS menjadi andalan Oppo R1C.

Untuk bisa menyebut mana yang lebih baik di antara keduanya dari sisi performa masih perlu kesabaran, sebab sampai saat ini Samsung masih belum merilis Galaxy A7 di pasaran sehingga tidak adil memberikan penilaian hanya berdasar data di atas kertas atau mengacu pada performa versi purwarupa-nya saja.

Di sektor layar, Galaxy A7 mengandalkan layar Super AMOLED berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixels yang menghasilkan kepadatan warna 401 ppi. Sedangkan Oppo R1C hanya mengusung layar 5 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixels serta kepadatan warna 294 ppi berteknologi IPS. Pada perbandingkan kualitas layar jelas Galaxy A7 unggul dibanding R1C, meski demikian layar Oppo R1C juga bukan berarti di bawah standar.

Untuk perbandingan kamera Samsung Galaxy A7 vs. Oppo R1C meski di atas kertas keduanya berimbang karena sama-sama menawarkan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP namun di lapangan kondisinya sedikit berbeda. Kualitas kamera utama Galaxy A7 masih sedikit di atas Oppo R1C, karenanya Samsung lagi-lagi menjadi pemenang pada poin perbandingan kamera.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy A7 vs. Oppo R1C

Perbandingan Samsung Galaxy A7 vs. Oppo R1C poin demi poin di atas menunjukkan bahwa Samsung Galaxy A7 tampil sebagai pemenang terutama pada poin kualitas kamera serta layar. Meski Oppo R1C harus mengakui keunggulan Samsung namun dari segi estetika desain R1C tetap lebih baik dibanding Galaxy A7.