on

Bedah Potensi dan Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Samsung Galaxy J5 yang belum lama ini diperkenalkan oleh produsen elektronik asal Korea cukup jelas diposisikan sebagai smartphone Android kelas menengah dengan harga terjangkau. Secara tersirat kehadiran Galaxy J5 ini menunjukkan bahwa Samsung sudah mulai terusik dengan kehadiran smartphone Android asal Cina yang meski dibanderol murah namun kualitasnya mampu melebihi ekspektasi konsumen.

Samsung Galaxy J5 sekaligus juga menunjukkan bahwa pabrikan asal Korea itu mulai tersadar dari tidur panjangnya yang selama ini menikmati tingkat penjualan prestisius di segmen mid-end dan low-end meski hanya mengandalkan produk smartphone yang sebenarnya tidak cukup valuable. Mulai sirna smartphone Samsung Galaxy kelas menengah dengan spesifikasi medioker sebagaimana akrab ditemukan di tahun-tahun sebelumnya. Sejauh ini Samsung Galaxy J5 tampak begitu menjanjikan di kelasnya, berikut analisa kami terhadapnya:

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5

Ulas Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Sekalipun dalam beberapa hal tampak ada kemauan Samsung memperbaiki standar produknya di kelas menengah namun ada hal-hal tertentu pula yang masih mengidikasikan niat setengah hati mereka. Tengok saja misalnya keputusan pabrikan itu untuk tetap menggunakan teknologo TFT untuk layar 5 inch beresolusi 720 x 1280 pixels dan kepadatan warna 294 pixels yang diusungnya. Padahal mayoritas kompetitor di kelas ini sudah jauh-jauh hari meninggalkan teknologi layar TFT dan menggantinya dengan teknologi IPS yang lebih unggul terutama dalam hal viewing angles.

Sebaliknya, produsen asal Korea yang tersohor di industri ponsel berkat kesukesan Samsung Galaxy seri S itu tampak berusaha mengungguli kompetitornya dari sisi performa. Memang chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 berikut prosesor Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.2 GHz dan GPU Adreno 305 yang terintegrasi hanya menempatkannya sejajar dengan kompetitor di kelas menengah lainnya, namun kapasitas RAM 1.5 GB pada Samsung Galaxy J5 membuat ponsel Android Samsung Galaxy terbaru ini unggul dalam hal multitasking.

Mungkin poin yang bisa disebut sebagai daya tarik atau keunggulan utama Samsung Galaxy J5 adalah fitur kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP. Umumnya perpaduan tersebut baru bisa diketemukan pada ponsel Android kelas high-end, kalaupun ada HP Android kelas menengah yang menggunakan kombinasi 13 MP/5 MP tersebut dari sisi kualitas foto yang dihasilkan masih jauh dari ekspektasi. Walau belum teruji namun selama ini Samsung cenderung memiliki reputasi positif ketika bicara fitur kamera, karena itu cukup beralasan untuk memiliki ekspektasi tinggi pula sejauh ini.

Kualitas Kamera Samsung Galaxy J5

Kapasitas media penyimpanan yang diusungnya relatif lega untuk ponsel kelas menengah. Di memori internal tersedia ruang 8 GB, sedangkan untuk memori eksternal ponsel ini sanggup mendukung hingga kapasitas maksimal 64 GB.

Dan sisi lain yang menjadikan Samsung Galaxy J5 semakin terdengar menjanjikan adalah keyakinan bahwa sejauh ini tampaknya Samsung untuk pertama kalinya akan merilis ponsel kelas menengah yang sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop sejak awal (Android 5.1).

Sedangkan untuk mendukung mobilitas dan produktivitas pemiliknya pihak produsen menempatkan baterai dengan kapasitas 2600 mAh yang diklaim sanggup bertahan selama sehari penuh dan bahkan hampir dua hari untuk penggunaan wajar.

Lazada Indonesia

Kesimpulan Ulasan Samsung Galaxy J5

Dari sisi penampilan Samsung Galaxy J5 tampak elegan dan pula memiliki build quality yang solid khas ponsel besutan Samsung. Dengan dukungan dual SIM, jaringan 4G serta kamera yang sejauh ini diyakini bakal mampu mengungguli kompetitor sekelasnya dari sisi kualitas foto yang dihasilkan, belum lagi nama besar serta reputasi layanan purna jual Samsung yang selama ini dipersepsi positif oleh konsumen rasa-rasanya tak butuh upaya besar bagi produsen asal Korea itu untuk kembali mendominasi segmen menengah lewat Samsung Galaxy J5.

Estimasi harga Samsung Galaxy J5 sendiri yang akan resmi dirilis dalam beberapa bulan kedepan ini diyakini bakal dibanderol di kisaran Rp 3 juta-an.