on

Membedah Potensi Microsoft Lumia 640

Microsoft Lumia 640 tak mendapat sambutan hangat kala diperkenalkan sebagaimana didapat oleh kembarannya Microsoft Lumia 640 XL yang mengusung layar lebih lebar. Padahal meski ukuran layarnya biasa saja dan banderolnya termasuk murah ternyata ada segudang kecanggihan yang dimiliki oleh smartphone Lumia terbaru besutan Microsoft ini.

Potensi Microsoft Lumia 640 tidak banyak terperhatikan oleh calon konsumen. Alasannya selain karena sistem operasi Windows Phone memang tak sepopuler iOS maupun Android juga kehadirannya yang berbarengan dengan Lumia 640 XL membuat namanya makin tenggelam. Namun sebelum Anda buru-buru membuat pilihan atau antipati terhadapnya silakan simak terlebih dahulu review Microsoft Lumia 640 berikut ini.

Spesifikasi Harga Microsoft Lumia 640


Bedah Kecanggihan dan Spesifikasi Microsoft Lumia 640

Dari sisi desain tak banyak perbedaan antara Microsoft Lumia 640 dan Microsoft Lumia 640 XL yang sudah pernah diulas beberapa waktu lalu. Pihak produsen masih mengandalkan desain berwarna-warni serta material plastik. Seperti biasa soal build quality Lumia selalu menjadi salah satu yang bisa diharapkan baik ketika masih digarap oleh Nokia maupun setelah berpindah tangan ke Microsoft.
Selain warna yang bisa dipillih, konsumen pun bisa memilih tipe permukaan antara matte atau glossy sesuai preferensi masing-masing. Dan meski yang glossy tampak berkesan murah dibanding tipe matte namun ternyata memiliki keunggulan tersendiri yaitu tidak mudah kotor oleh noda jari dan debu.

Sementara itu dari sisi dimensi meski layarnya tak selebar 640 XL namun layar 5 inch tetap tak bisa dibilang kecil, apalagi tebalnya mencapai 8.8 mm sehingga mengoperasikan dengan satu tangan tetap bukan perkara mudah dengan Microsoft Lumia 640. Beruntung bobotnya yang hanya 145 gram juga termasuk ringan sehingga tak membuat lengan cepat lelah kala menggenggamnya. Layar 5 inch-nya sendiri sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Resolusi yang ditampilkan tidak terlalu tinggi yaitu 720 pixels, meski demikian ketajaman warna serta kejernihan gambarnya tetap tergolong istimewa untuk ukuran ponsel di kisaran harga ini. Memutar film atau melihat foto sama sekali tak bakal menjadi masalah.

Kapasitas media penyimpanan internal yang mencapai 8 GB rasanya cukup wajar untuk sebuah smartphone kelas menengah, namun jika memang dibutuhkan Lumia 640 juga masih mendukung memori eksternal hingga kapasitas maksimal 128 GB.

Jantung performanya sendiri adalah chipset Snapdragon 400 dimana di dalamnya terintegrasi prosesor quad-core 1.2 GHz dan didampingi oleh RAM berkapasitas 1 GB untuk mengoptimalkan kemampuan multitasking.

Pengalaman Microsoft Lumia 640

Menjalankan game 3D terbaru sama sekali bukan halangan bagi Microsoft Lumia 640. Memang loading-nya cukup lama namun begitu selesai game berjalan dengan sangat mulus.
Keunggulan lain dari smarpthone berbasis Windows Phone 8.1 ini adalah daya tahan baterainya yang sanggup bertahan selama dua hari untuk penggunaan wajar.

Kamera Microsoft Lumia 640


Soal fitur, kamera utama 8 MP yang diusungnya di atas kertas tampak biasa saja. Namun ternyata berkat kualitas optik yang baik maka foto yang dihasilkan tergolong menakjubkan untuk sebuah ponsel kelas menengah. Bahkan pada mode auto sekalipun kamera ini mampu menghasilkan foto dengan warna tajam dan natural. Kadang memang pada mode otomatis ini foto cenderung terlalu gelap atau terlalu terang, namun dengan memindahkan ke mode Rich Capture kondisi tersebut seketika bisa teratasi. Mode ini pada dasarnya merupakan penyempurnaan dari mode HDR yang sudah lebih dahulu populer. Sedangkan bagi Anda yang menggemari fotografi pihak produsen pun cukup berbaik hati dengan menyediakan mode manual sepenuhnya.

Microsoft Lumia 640 Microsoft Lumia 640 XL
Microsoft Lumia 640 XL Microsoft Lumia 640
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Kesimpulan Ulasan Microsoft Lumia 640

Bicara soal value for money smartphone seri Lumia memang jagonya, terutama sejak digarap oleh Microsoft. Dan Microsoft Lumia 640 bukanlah sebuah perkecualian. Saat ini harga Microsoft Lumia 640 dibanderol di kisarn Rp 2 juta untuk versi 4G dan versi 3G bahkan lebih murah lagi. Jika dana yang Anda agihkan untuk membeli smartphone baru ada di kisaran tersebut rasanya terlalu sayang untuk melewatkan smartphone keluaran Microsoft ini.