on

Mengenal Kamera GoPro Buatan Cina Xiaomi Yi

Kamera GoPro buatan Cina yang diperkenalkan pada gelaran MWC tahun ini beberapa waktu lalu merupakan upaya Xiaomi untuk terus memperluas lini produknya setelah percaya diri dengan sukses mereka di industri smartphone dalam kurun lima tahun terakhir. Adalah Xiaomi Yi yang menjadi produk kamera aksi (cam action) pertama mereka.

Kamera GoPro buatan Cina memang bukan istilah yang tepat dalam menyebut Xiaomi Yi. Sebab GoPro sendiri mengacu pada merek, bukan kategori. Namun karena begitu terkenalnya merek sang pelopor tersebut pada akhirnya mereka terjebak pada general branding sebagaimana orang menyebut AMDK dengan sebutan “Aqua” atau SUV dengan sebutan “Jeep” (Jip). Lantas seperti apakah kuaalitas kamera GoPro buatan Cina tersebut?

Kamera GoPro Buatan Cina Xiaomi Yi


Menelusur Kualitas Kamera GoPro Buatan Cina Xiaomi Yi

Kamera GoPro buatan Cina yang baru saja dirilis tahun ini tak bisa disangkal merupakan pemanfaatan sukses perusahaan asal AS GoPro yang pada tahun 2007 merilis merek HERO untuk menggarap ceruk pasar (niche) yang tak dilirik oleh pada kompetitor di industri serupa pada masa itu.

Jika di industri smartphone Xiaomi mengekor dan men-copy desain serta resep sukses Apple untuk kemudian dimodifikasi dengan sentuhan mereka sendiri, maka di industri cam action ini sudah jelas GoPro yang menjadi sumber inspirasi mereka kala membesut Xiaomi Yi.

Hanya dengan sekilas melihat wujud Xiaomi Yi saja orang sudah langsung menyadari kesamaan desainnya yang sangat mirip dengan GoPro Hero. Bedanya jika GoPro sendiri memilih warna konvensional yaitu hitam dan abu-abu maka Xiaomi Yi tersedia dalam pilihan warna yang lebih mencolok yaitu perpaduan hijau dan kuning. Selain itu pabrikan asal Cina yang meraih sukses besar sekalipun perusahaannya sendiri masih seumur jagung itu juga meletakkan tombol-tombol pada posisi berbeda dibanding GoPro Hero.

Kamera GoPro Buatan Cina Xiaomi Yi

Secara menyeluruh build quality GoPro Hero buatan Cina ini sebenarnya cukup baik, hanya covernya memang berkesan murahan jika diabandingkan langsung dengan GoPro Hero 3+ versi original. GoPro mendesain cover kameranya dengan kontur yang membuatnya tak terasa licin kala digenggam terlebih saat terkena air atau lumpur. Sedangkan Xiaomi Yi meski mengadopsi kontur serupa namun tak memberikan fungsi yang sama sebab keberadaannya tak lebih dari sekedar pemanis.

Spesifikasi Xiaomi Yi pun tampak meniru spesifikasi GoPro versi asli, sebut saja misalnya penggunaan chip Ambrella A7LS yang menjadi otak pengendali sensor 16 MP keluaran Sony. Chipset sambungan nirkabel-nya pun menggunakan buatan Broadcom, begitu pula dengan lensa lebar 155 Derajat dan aperture f/2.8. Artinya meski dari sisi desain Xiaomi Yi tak setara dengan GoPro asli namun dari sisi spesifikasi teknis GoPro buatan Cina ini sama sekali tak kalah jika dibandingkan GoPro oroginal.

Spesifikasi Kamera Xiaomi Yi

Melalui aplikasi bawaannya pengguna bisa melakukan pengaturan resolusi serta kecepatan video yang dikehendaki yaitu 1080p @ 60 FPS, 120 FPS @ 720p dan 480p @ 240 FPS. Beberapa mode yang juga bisa dipilih dan diatur antara lain adalah normal, countdown, time-lapse atau burst.

Aplikasi bawaan tersebut juga memungkinkan pengguna untuk melihat preview video atau foto yang hendak dibuat. Namun beberapa fitur yang ada pada GoPro asli seperti pengaturan field of view yang berguna mencegah gejala fish eyed masih belum disediakan oleh Xiaomi Yi.

Kualitas video yang dihasilkan oleh GoPro buatan Cina inipun tergolong sangat baik, lebih-lebih mengingat harganya yang hanya ada di kisaran Rp 1 juta-an. Dibandingkan kualitas GoPro Hero justru kualitas video yang dihasilkan oleh Xiaomi Yi menurut kami lebih baik, meski masih kalah dibanding GoPro 3+ Black Edition dengan kamera 12 MP yang memang gambarnya tampak lebih tajam.

Video atau foto yang dibuat selanjutnya bisa disimpan ke dalam media penyimpanan berupa keping microSD yang dijual terpisah. Atau jika dikehendaki perangkat ini juga bisa dihubungkan langsung ke perangkat lain seperti monitor misalnya melalui port mini HDMI yang disediakan.

Spesifikasi Harga Kamera GoPro Buatan Cina

Kamera GoPro Buatan Cina Xiaomi Yi

Menariknya lagi kamera GoPro versi buatan Cina ini dilengkapi universal mounting yang membuatnya kompatibel dipadukan dengan berbagai merek tripod yang ada di pasaran, artinya tingkat kompabilitas Xiaomi Yi dengan tripod justru lebih tinggi dibanding kamera GoPro original. Sayangnya Xiaomi masih belum melengkapi produknya ini dengan waterproof housing karena masih dalam tahap pengembangan dan nantinya akan dijual sebagai akseroris terpisah.

Perbandingan Harga Hero GoPro vs. Xiaomi Yi Action Camera
Hero GoPro Xiaomi Yi
Harga Hero GoPro Harga Xiaomi Yi
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Kesimpulan Untuk Kamera GoPro Buatan Cina Xiaomi Yi

Kehadiran Xiaomi Yi merupakan sebuah alternatif sekaligus kabar gembira bagi para penggemar kegiatan outdoor dengan anggaran terbatas. Ada beberapa kelemahan dibanding GoPro versi original namun pada sisi lain harganya jauh lebih murah, belum lagi spesifikasi serta kemampuan teknisnya dalam menagabadikan momen baik dalam bentuk foto maupun video sama sekali tak kalah dari GoPro Hero original.