on

Sony Xperia C4 – Smartphone Selfie Pengganti Xperia C3

Tahun lalu Sony Mobile beroleh respon kurang positif dari segmen usia muda kala membesut smartphone selfie Sony Xperia C3 bersaing dengan Samsung Galaxy Grand Prime dan Microsoft Lumia 730. Meski di kemudian hari Galaxy Grand Prime mencatat tingkat penjualan lebih baik namun sebenarnya justru Xperia C3 lah yang merupakan pelopor smartphone selfie. Sedangkan kompetitor lainnya sekedar mengikut segmen yang sudah digarap oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

Kini perusahaan yang sama merilis Sony Xperia C4 sebagai versi penyempurnaan dari Xperia C3. Melalui smartphone selfie terbarunya ini Sony berharap mampu mengoptimalkan potensi ceruk baru yang belum tergarap secara maksimal di tahun sebelumya. Seperti apakah sebenarnya perubahan berikut perbedaan Sony Xperia C4 dari Sony Xperia C3?

Spesifikasi Harga Sony Xperia C4


Desain & Spesifikasi Smartphone Selfie Sony Xperia C4

Kegagalan Xperia C3 tahun lalu utamanya disebabkan oleh banderol yang lebih mahal jika dibanding Lumia 730 dan Galaxy Grand Prime. Memang Xperia C3 memiliki beberapa keunggulan jika dikomparasikan dengan kedua rival tersebut, namun konsumen tak melihat bahwa keunggulan tersebut layak dibanderol semahal itu. Lagi pula kebanyakan dari mereka sudah merasa sangat puas dengan apa yang ditawarkan oleh Galaxy Grand Prime maupun Lumia 730.

Mula-mula yang dilakukan pabrikan untuk menebus kekurangannya di tahun lalu adalah dengan mengadopsi desain Sony Xperia Z3 pada desain Sony Xperia C4. Sebelumnya mereka memang mengadopsi desain Xperia Z2 untuk merancang Xperia C3, namun kesamaan antara keduanya sangat minim. Sebalikya pada Xperia C4 ini sekilas saja orang bisa langsung mengenai kesamaan modelnya dengan Xperia Z3. Satu-satunya perbedaan yang mencolok tentu adalah material yang digunakan, sebab pada Xperia Z3 Sony menggunakan campuran logam dan serat kaca sedangkan untuk Xperia C4 yang banderolnya memang jauh lebih murah hanya digunakan material plastik.

Smartphone Selfie Sony Xperia C4

Tahun lalu Xperia C3 juga banyak dikritik karena performa yang ditawarkan olehnya jauh dari ekspektasi, gejala lag kala bernavigasi banyak dikeluhkan oleh para penggunanya. Kali ini memang untuk menghemat biaya produksi dan menjadikan harga Sony Xperia C4 tetap kompetitif maka pihak Sony tak lagi menggunakan chipset Qualcomm melainkan MediaTek. Namun bukan berarti langkah ini merupakan sebuah kemunduran dari sisi performa, sebab chipset MediaTek dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali 720 MP2 yang kini digunakan oleh Sony Xperia C4 mampu menghasilkan performa yang jauh lebih baik.

Untuk melihat perbedaan spesifikasi Sony Xperia C3 vs. Sony Xperia C4 silakan menyimak tabel di bawah ini:

Specifications Xperia C3 Xperia C4
Processor 1.2GHz quad core Qualcomm Snapdragon with Adreno 305 GPU 1.7GHz octa-core 64-bit MediaTek with Mali760 MP2 GPU

RAM
1GB 2GB
Display 5.5-inch 1280x720 pixels IPS display 5.5-inch 1920x1080 pixels IPS display
OS Android 4.4.2 KitKat (upgradable to Android 5.0 Lollipop) Android 5.0 Lollipop
Internal Storage 8GB; expandable up to 32GB with microSD card 16GB; expandable up to 128GB with microSD card
Cameras 8-megapixel rear; 5-megapixel front 13-megapixel rear; 5-megapixel front
Connectivity Dual-SIM; 2G, 3G on SIM 1, 2G only on SIM 2 Dual-SIM; 2G, 3G, 4G on SIM 1, 2G only on SIM 2
Battery 2500mAh 2600mAh
Bluetooth Yes; Bluetooth 4.0 Yes; Bluetooth 4.1
NFC No Yes
FM Radio Yes Yes
GPS Yes Yes
USB Yes; USB 2.0 Yes; USB 2.0
Dimensions 156mm x 78.5mm x 7.6mm 150.3mm x 77.4mm x 7.9mm
Weight 150 gm 147 gm

Meski Xperia C3 tidak istimewa dari sisi performa kecepatan namun yang membuatnya layak disebut sebagai smartphone selfie terbaik adalah kamera sekunder 5 MP yang menggunakan lensa 25 mm dengan didukung oleh LED flash. Kali ini dalam rangka mempertahankan posisi unggul tersebut maka sekalipun tetap mempertahankan lensa 25 mm namun sensor Exmor-nya sendiri merupakan versi terbaru yang kinerjanya lebih baik jika dibanding generasi sebelumnya.

Sementara pada bagian belakang pun Sony Xperia C4 menawarkan kamera 13 MP yang merupakan sebuah peningkatan drastis mengingat pada tahun sebelumnya masih menggunakan kamera 8 MP sebagai kamera utama.

Kamera Sony Xperia C4

Mendukung peningkatan spesifikasi tersebut maka Xperia C4 juga dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar yaitu 2600 mAh, atau meningkat 100 mAh jika dibandingkan baterai Xperia C3.

Kesimpulan Ulasan Smartphone Selfie Sony Xperia C4

Jika harus memilih antara membeli Sony Xperia C3 atau membeli Sony Xperia C4 kami tetap cenderung menjatuhkan pilihan pada Xperia C4. Memang harga Xperia C3 kini sudah jauh lebih murah dibanding saat pertama kali dirilis, namun dengan spesifikasi perangkat keras lebih baik, kamera disempurnakan, belum lagi sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop rasa-rasanya harga Sony Xperia C4 yang lebih mahal terasa lebih menjanjikan ketimbang membeli Xperia C3.