on

Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One diangkat pada pembahasan kali ini. Dari sisi kami keduanya menjadi menarik untuk diperbandingkan karena dengan mengusung berbagai fitur berikut spesifikasi mendekati smartphone high-end namun banderol keduanya hanya sekelas smartphone kelas menengah. Tahun lalu produsen smartphone Android asal Cina itu mendapat respon positif dari pasar lewat OnePlus One, akankah kehadiran Zenfone 2 yang dirilis oleh kompetitor yang berasal dari Taiwan mengancam kisah sukses mereka?

Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One mungkin tak terasa berimbang mengingat Zenfone 2 baru dirilis tahun ini sementara OnePlus One sudah hampir berumur setahun. Namun karena sampai saat ini OnePlus Two masih sebatas rumor dan wacana maka perbandingan berikut masih tetap relevan. Berikut adalah perbandingan keduanya poin per poin.

Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One


Mengulas Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One

Jika dibandingkan dengan seri Zenfone yang sudah dirilis sebelumnya seperti Zenfone 4, 5 dan 6 maka tampak ada lompatan signifikan pada Zenfone 2 yang sejak beberapa pekan lalu sudah resmi beredar di beberapa negara di kawasan Asia. Meski potensinya cukup menjanjikan namun Asus harus menghadapi rival-rival yang menggunakan strategi serupa dan umumya berasal dari negara kompetitor yaitu Cina.

Memang ada beberapa rival yang menggunakan pendekatan sama yaitu Xiaomi, Meizu, Huawei, ZTE dan bahkan Lenovo lewat merek Motorola. Namun rival sesungguhnya yang berpotensi memberi ancaman terhadap potensi besar Asus Zenfone 2 justru berasal dari OnePlus. OnePlus lewat OnePlus One sendiri tahun lalu mendapat julukan “the flagships killer” yang bukan saja mengancam kompetitor sekelasnya namun bahkan produk segmen di atasnya.

Dari sisi desain saja tahun lalu banyak yang bersepakat bahwa OnePlus One adalah yang terbaik di segmennya, perusahaan asal Cina ini adalah salah satu yang menunjukkan kepeduliannya dalam hal estetika dan build quality. Memang demi menghemat biaya produksi maka OnePlus masih mengandalkan casing dengan material plastik, namun mengingat harganya yang termasuk murah maka secara umum OnePlus One dianggap sanggup memberikan great value for money jika dibanding dengan Galaxy S5 kala itu.

Pada sisi lain Asus sudah menunjukkan kesuksesan di sektor desain kala merilis Zenfone 4, 5 dan 6 tahun lalu. Apresiasi positif dari konsumen dan para reviewer seolah menjadi latar belakang keputusan perusahaan asal Taiwan tersebut ketika mengadopsi desain ketiganya untuk Zenfone 2. Jika dibandingkan dengan seri Zenfone yang sudah-sudah memang tak ada perubahan, namun dari sisi estetika dan build quality tetap layak mendapat rating tinggi.

Mempertimbangkan hal-hal yang diuraikan di atas maka kami memberikan nilai imbang bagi keduanya di sektor desain dan build quality.

Sedangkan untuk poin perbandingan spesifikasi Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One di atas kertas Asus tampak unggul. Prosesor quad-core Intel Atom 3580 berarsitektur 64 bit dengan kecepatan maksimal 2.3 GHz yang diusungnya secara teoritis lebih optimal menjalankan Android Lollipop. Disamping itu karena sudah menerapkan prosesor berasitektur 64 bit pula maka Zenfone 4 bisa menggunakan RAM dengan kapasitas 4 GB dimana hal tersebut tidak bisa diterapkan pada prosesor 32 bit seperti yang digunakan oleh OnePlus One. OnePlus One sendiri karena dirilis tahun lalu maka chipset Snapdragon 801 berikut RAM berkapasitas 3 GB masih menjadi andalannya. Namun yang perlu dicatat adalah bahwa perbedaan tersebut meski tampak signifikan pada uji benchmark pada prakteknya nyaris tak terasa.

Keduanya sama-sama menawarkan kapasitas memori internal 64 GB. Kondisi yang sama juga bisa ditemukan pada kamera, ukuran layar serta dukungan jaringan dan konektivitas. Oleh karena itu untuk poin spesifikasi kami masih bertahan memberikan nilai imbang untuk kedua flasghip killers ini.

Pada perbandingan poin baterai lagi-lagi Zenfone 2 tampak unggul atas OnePlus One karena menggunakan fitur fast charge yang memungkinkan dayanya diisi ulang sebanyak 69% hanya dalam waktu 39 menit. Sayangnya pada generasi Zenfone yang sudah-sudah prosesor Intel terbukti boros dalam mengkonsumsi daya baterai. Untuk alasan tersebut kami memberikan poin keunggulan untuk OnePlus One.

Sementara itu untuk perbandingan perangkat lunak Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One terasa sedikit rumit. Untuk saat ini Zenfone 2 menjalankan Android Lollipop dengan tampilan antar muka Zen UI. Memang jika dibandingkan TouchWiz maka konsumsi sumber daya berikut bloatware yang diusung oleh Zen UI terbilang minim dan bisa ditolerir. Namun di sisi lain OnePlus One saat ini meski masih menjalankan Android KitKat justru unggul berkat tampilan antar muka Cyanogen 12S yang merupakan tampilan antar muka Android terbaik untuk saat ini. Dalam kasus ini kami memberikan keunggulan untuk OnePlus One.
Masalahnya dalama beberapa waktu kedepan OnePlus One akan mendapatkan update resmi Android Lollipop yang diikuti dengan penggantian tampilan antar muka menjadi Oxygen. Masih perlu dilihat ulang seperti apa performa kombinasi Android Lollipop dan Oxygen nantinya.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One


Harga Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One
Asus Zenfone 2 OnePlus One
Harga Asus Zenfone 2 Harga OnePlus One
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Poin terakhir dalam perbandingan Asus Zenfone 2 vs. OnePlus One adalah layanan purna jual. Pada awal-awal kehadiran Asus Zenfone memang layanan purna jual sering menjadi masalah, namun belakangan Asus memperbaiki sistem dan kinerjanya, salah satunya lewat registrasi handset yang dilakukan ketika konsumen baru saja membeli Asus Zenfone. Dalam beberapa bulan terakhir layanan purna jual Asus sudah membaik meski masih di bawah Samsung dan LG.

Di sisi lain OnePlus tidak pernah memproduksi suku cadang secara khusus, jika ponsel Anda rusak akibat kelalaian produksi maka OnePlus akan mencoba memperbaikinya dan jika tidak mungkin maka akan diganti dengan unit baru. Jika kondisi kedua yang terjadi maka Anda harus menunggu hingga ponsel pengganti selesai diproduksi karena memang OnePlus tidak memiliki stok unit yang siap jual.

Jadi meski dalam banyak hal keduanya berimbang, bahkan OnePlus One lebih unggul dibanding Zenfone 2 namun mempertibangkan faktor purna jual maka kami memilih Asus Zenfone 2 sebagai pemenang final dalam perbandingan ini.