on

iPad Mini 2: Masih Menguntungkan untuk Dibeli?

Harga iPad Mini 2 saat ini berselisih Rp 2 juta-an lebih murah dibandingkan iPad Mini 3 yang baru saja dirilis akhir tahun lalu. Sebenarnya ubahan yang ditawarkan oleh iPad Mini dari generasi ke generasi tidaklah signifikan. Dari sisi value for money sebenarnya iPad Mini generasi pertama justru adalah yang paling baik dibanding dua penerusnya, sayang sekali Apple sudah menghentikan produksi iPad Mini saat ini.

Oleh karena alasan itu pulalah banyak calon konsumen yang melirik iPad Mini 2 sebagai alternatif terbaik. Seperti sudah diulas pada review iPad Mini 3 sebelumnya bahwa perbedaan antara iPad Mini 2 dan iPad Mini 3 hanya terletak pada fitur Touch ID. Namun apakah itu berarti bahwa iPad Mini 2 masih menguntungkan untuk dibeli saat ini? Benarkah Touch ID hanya satu-satunya pembeda antara dua generasi terakhir iPad Mini tersebut?

Spesifikasi dan Harga iPad Mini 2


Menganalisa Untung/Rugi Membeli iPad Mini 2 Saat Ini

Harga iPad Mini 2 di Indonesia untuk versi WiFi+selular dengan kapasitas memori internal 16 GB dibanderol Rp 6 juta sedangkan harga iPad Mini 3 juga dengan fitur WiFi+selular berikut kapasitas memori internal 16 GB setidaknya dibanderol Rp 8 juta-an. Selisih harga yang cukup besar tersebut tentu merupakan salah satu pertimbangan utama bagi calon konsumen ketika hendak membeli iPad Mini.

Perbedaan iPad Mini 2 vs. iPad Mini 3


Bukan itu saja yang mestinya Anda pertimbangkan sebagai calon konsumen. Saat ini sang produsen asal Cupertino, AS tersebut tengah mempersiapkan iPad Mini 4 yang jika sesuai jadwal bakal dirilis resmi sebelum Natal tahun ini sehingga faktor ini pun mestinya menjadi pertimbangan bukan saja dalam menentukan pilihan antara iPad Mini 2 dan iPad Mini 3 namun juga apakah kehadiran iPad Mini generasi keempat yang hanya dalam hitungan bulan ini layak untuk dinanti?

Jadi Masih Menguntungkankah Membeli iPad Mini 2 Sekarang?

Mendasarkan pada dua fakta di atas yaitu perbedaan antara iPad Mini 2 dan iPad Mini 3 yang hanya terletak pada fitur Touch ID berikut kemungkinan besar bahwa iPad Mini 4 bakal resmi dirilis sebelum bulan Desember tahun ini kami sendiri masih melihat bahwa iPad Mini 2 masih sangat worth untuk dibeli.

Banderol harga yang hanya Rp 6 juta atau bahkan lebih murah lagi jika Anda hanya membutuhkan koneksi WiFi tanpa selular (Rp 4,3 juta-an) tentulah merupakan banderol yang sangat murah untuk sebuah tablet sekelas iPad. Ada memang banyak pilihan merek lain di kisaran harga tersebut, namun bagi loyalis produk Apple sudah tentu alternatif lain itu tak penting dipertimbangkan bukan?

Bahkan ubahan iPad Mini 2 dibanding iPad Mini generasi pertama sejauh ini merupakan lompatan paling signifikan dalam sejarah produk iPad Mini dari generasi ke generasi. Sekalipun saat iPad Mini 4 nantinya dirilis kami juga masih menilai bahwa iPad Mini 2 masih mampu memberikan great value dengan banderolnya saat ini dan bahkan kemungkinan harganya sedikit turun dalam beberapa bulan kedepan.

Namun jika Anda bersepakat dengan pendapat kami jangan lupa pula bahwa kemungkinan besar Apple akan menghentikan produksi iPad Mini 2 bersamaan dengan kelahiran iPad Mini 4 nantinya. Karenanya saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk membeli iPad Mini 2 jika memang tekad Anda sudah bulat.

Perbandingan Harga iPad Mini 3 vs. iPad Mini 2
iPad Mini 3 iPad Mini 2
Harga iPad Mini 3 Harga iPad Mini 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


iPad Mini generasi keempat sendiri kemungkinan juga akan menawarkan ubahan signifikan jika melihat cycle Apple yang selalu menawarkan ubahan mayor dalam interval dua tahunan. Rumor saat ini menyebutkan bahwa iPad Mini 4 akan mengusung prosesor yang lebih cepat disamping beberapa ubahan lain, yang perlu dipertimbangkan juga bahwa banderol iPad Mini 4 sudah pasti bakal membengkak jauh jika dibanding harga iPad Mini 2 saat ini.

Selama Anda tak berkeberatan menggelontorkan sejumlah uang lebih besar maka iPad Mini 4 layak dinanti namun jika tidak maka inilah saatnya membeli iPad Mini 2 dengan penawaran terbaik.