on

Perbandingan Singkat Smartphone Selfie 2015: Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4

Tahun lalu persaingan antara smartphone selfie didominasi oleh kompetisi antara Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Lumia 535. Tahun ini Sony sudah merilis smartphone selfie terbaru dalam wujud Sony Xperia C4, meski Samsung dan Microsoft belum merilis pengganti Samsung Galaxy Grand Prime dan Lumia 535 namun muncul kompetitor kuat lain yaitu Asus Zenfone Selfie yang menjadi andalan pabrikan asal Taiwan Asus di segmen ini.

Baca juga: Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?

Persaingan antara Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4 lagi-lagi merupakan kabar baik bagi calon konsumen, karena opsi yang mereka miliki sebelum membuat keputusan menjadi lebih variatif. Pada artikel berikut kami hendak menyajikan perbandingan singkat Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4 untuk membantu Anda membuat keputusan beli.

Pilih Asus Zenfone Selfie atau Sony Xperia C4?


Perbandingan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4

Sony memang hanya menempatkan lensa 5 MP pada bagian depan Sony Xperia C4 sebagai kamera selfie, namun kembali perlu dicatat bahwa nilai MP tak selalu mencerminkan kualitas foto yang dihasilkan. Selain itu Sony adalah salah satu dari beberapa produsen smartphone yang terkenal menjaga kualitas kamera ponsel buatannya dengan demikian teliti.


Sebaliknya sebagai pemain baru di segmen ini Asus merasa perlu memosisikan diri sebagai kompetitor serius menghadapi nama-nama seperti Sony dan Samsung yang lebih berpengalaman di industri ponsel lebih-lebih untuk niche smartphone selfie. Maka tak terlalu mengejutkan sebenarnya ketika pabrikan asal Taiwan tersebut langsung memberikan lensa 13 MP sebagai kamera selfie untuk smartphone Android terbarunya tersebut.

Sesuai judulnya bahwa perbandingan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4 kali ini merupakan perbandingan smartphone selfie. Karena itu kami akan sedikit mengabaikan poin-poin lain yang umum digunakan kala membandingkan dua smartphone dan lebih berfokus pada performa masing-masing dalam posisinya sebagai smartphone selfie sendiri.

Kamera 5 MP Sony Xperia C4 merupakan penyempurnaan dari beberapa kritik terhadap Sony Xperia C3 tahun lalu. Memanfaatkan pengalamannya di industri kamera maka pabrikan asal Jepang ini sanggup menawarkan kualitas foto dengan detil cukup baik serta reproduksi warna natural meski hanya menggunakan lensa 5 MP. Bagaimanapun masih ada hal lain yang membuat Xperia C4 layak mengusung predikat sebagai smartphone selfie, yaitu dukungan aplikasi perangkat lunak yang memberikan banyak opsi bagi pengguna untuk berkreasi dengan foto selfie yang dihasilkan maupun mengoptimalisasikan kualitas foto itu sendiri.


Olah software bukan merupakan kegemaran fotografer sejati, namun Sony tentu sangat sadar bahwa segmen yang mereka sasar memiliki karakter yang sama sekali berbeda dengan penggemar fotografi dan penggemar foto selfie mayoritas memang mengapresiasi dukungan software semacam ini disamping lensa lebar yang memungkinkan berfoto secara kelompok tentu saja.

Perbandingan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4

Pada sisi lain Asus Zenfone Selfie juga tak sekedar memainkan ketertarikan psikologist konsumen yang banyak tergoda dengan iming-iming kamera 13 MP. Mengusung nama “Selfie” bukan tanggung jawab sembarangan dan nama itu sendiri sudah memunculkan ekspektasi tertentu dari calon konsumen. Untu itulah produsen asal Taiwan ini pilih menggunakan aperture f/2.2 untuk kamera selfie di bagian depan serta lensa lebar 88 Derajat dengan maksud bukan saja agar pengguna bisa melakukan selfie berkelompok namun juga semaksimal mungkin latar belakang yang ada mampu dijangkau oleh lensa. Sadar bahwa kamera memang bukan merupakan kompetensi inti dari Asus maka kali ini mereka memercayakan sensor kameranya pada produk buatan Toshiba.


Nilai MP memang bukan satu-satunya tolok ukur dalam menentukan kualitas foto yang dihasilkan oleh sebuah kamera namun pada kasus perbandingan Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4 terbukti bahwa Xperia C4.

Kualitas layar tentu saja turut berperan dalam menilai sebuah smartphone selfie salah satu alasannya karena lewat layar itulah pertama-tama pengguna bisa menilai kualitas foto yang dihasilkan. Pada poin ini keduanya berimbang karena sama-sama menggunakan layar 5.5 inch berteknologi IPS dengan resolusi 1080 x 1920 pixels serta kepadatan warna yang tentu saja juga identik yaitu 401 ppi. Namun Asus lagi-lagi unggul karena layarnya sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 4. Selain itu layar Zenfone Selfie juga sudah menerapkan teknologi TruVivid yang diklaim menghasilkan reproduksi warna lebih natural, namun apakah itu menjadikan reproduksi warna layar Asus Zenfone Selfie ketimbang pada Sony Xperia C4 rasanya sangat subjektif karena setiap pengguna memiliki selera serta preferensi berbeda.

Sedangkan sekedar mengobati penasaran Anda mengenai performanya, di atas kertas lagi-lagi Zenfone Selfie lebih diunggulkan karena chipset Snapdragon 615 dengan prosesor octa core serta GPU Adreno 405 yang terintegrasi memang secara teoritis memiliki performa lebih baik dibanding chipset MediaTek MT6752 dengan prosesor octa-core dan GPU Mali-T760MP2 yang menjadi jantung performa kecepatan Sony Xperia C4.

Jadi, Pilih Asus Zenfone Selfie atau Sony Xperia C4?

Dari perbandingan antara Asus Zenfone Selfie vs. Sony Xperia C4 di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa keduanya sama-sama handal jika dimaksudkan sebagai smartphone selfie. Hanya saja dalam beberapa hal Asus Zenfone Selfie memang menunjukkan keunggulannya dibanding kompetitornya yang berasal dari Jepang tersebut.

Sayangnya sampai saat ini harga Sony Xperia C4 yang akan resmi dirilis bulan ini masih misteri demikian pula halnya dengan harga Asus Zenfone Selfie sehingga belum memungkinkan bagi kami untuk memberikan rekomendasi antara dua smartphone selfie ini.