on

Mengupas Spesifikasi Apple iPad Mini 3

Apple iPad Mini 3 dirilis tanpa banyak promosi maka tak heran jika tak sedikit calon konsumen yang bahkan tak menyadari bahwa pabrikan asal Cupertino tersebut telah merilis generasi terbaru dari seri iPad mini. Berbeda halnya dengan kala merilis iPad Air 2 serta iMac Retina 5K yang banyak menyedot perhatian publik kehadiran Apple iPad Mini 3 sepertinya sengaja dihindarkan dari sorotan.

Rilis Apple iPad Mini 3 yang nyaris tak terdeteksi tersebut tentu terasa tidak lumrah mengingat dalam sejarahnya Apple selalu heboh tatkala merilis produk baru. Bahkan biasanya jauh-jauh hari sebelum pengumuman resmi saja sudah ada demikian banyak rumor beredar seputar produk terbaru Apple tersebut. Lantas seperti apakah sebenarnya sosok serta spesifikasi Apple iPad Mini 3? Simak ulasannya berikut ini.

Harga Apple iPad Mini 3


Ubahan dan Spesifikasi Apple iPad Mini 3

Dari sisi desain Apple akhirnya mendengar harapan para loyalisnya yang sangat berhadap pabrikan tersebut bakal merilis iPad Mini dengan casing berwarna emas (gold) yang dalam beberapa tahun belakangan ini seolah sudah menjadi ciri khas produk-produk Apple. Meski harapan itu terwujud nyatanya pada sisi lain tak ada ubahan apapun di sektor desain untuk Apple iPad Mini 3 dibanding generasi sebelumnya.

Tak perlu banyak disesali, toh faktanya iPad Mini tetap adalah sebuah tablet kompak yang paling solid dan memiliki nilai estetika paling tinggi diantara perangkat lain dalam kategorinya hingga sekarang. Dengan bobot 331 gram untuk iPad Mini 3 versi WiFi dan 341 gram untuk versi selular (4G) sudah barang tentu pengguna bakal diuntungkan dalam hal kepraktisan mobilitas.

Spesifikasi iPad Mini 3

Lantas apa sebenarnya yang baru dari iPad Mini 3? Satu hal yang paling mencolok adalah keberadaan fitur Touch ID yang keberadaannya bukan sekedar berfungsi untuk melakukan unlock namun lebih dari itu juga dapat digunakan untuk mengamankan aplikasi bahkan berfungsi juga memberikan otentifikasi untuk membeli aplikasi, lagu, film dan sebagainya.

Berbeda halnya dengan iPhone 6 atau iPhone 6 Plus yang sudah dilengkapi dengan modul NFC, iPad Mini 3 belum memilikinya. Tentu saja bagi Anda yang tinggal di Indonesia fakta ini tak terasa berpengaruh. Sebenarnya keputusan Apple meniadakan dukungan NFC pada iPad Mini 3 sangat bisa dipahami, dengan dimensi yang dimiliki tentu hampir mustahil seseorang akan menggunakan tablet sebagai media pembayaran.

Sedangkan untuk koneksi nirkabel hingga saat ini iPad Mini 3 belum menggunakan WiFi 802.11n dual band dan belum menerapkan 802.11ac sebagaimana sempat dirumorkan sebelumnya. Bahkan fitur lain seperti kamera, speaker dan sebagainya sama sekali tak berubah dari pendahulunya.

Kamera iPad Mini 3

Panel layar masih mengandalkan IPS berukuran 7.9 inch dengan resolusi 1,536 x 2,048 pixels dan rasio kontras 839:1. Layar ini adalah yang terbaik di kelasnya serta sanggup terbaca baik di luar ruangan berkat tingkat kecerahan yang tinggi. Walau demikian pemilik iPad Mini seri sebelumnya sudah pasti bakal kecewa dengan ketiadaan ubahan ini.

Apple kini tak lagi menawarkan iPad Mini dalam versi kapasitas memori internal 32 GB namun hanya 16 GB, 64 GB serta 128 GB. Performa iPad Mini 3 secara teoritis juga masih sama seperti sebelumnya sebab masih tetap mengandalkan chipset A7 dengan prosesor berkecepatan 1.3 GHz. Hasil uji benchmark mempertegas asumsi tersebut dengan perolehan point yang nyaris sama antara iPad Mini 2 dan iPad Mini 3. Malah dalam beberapa hal iPad Mini 3 mencatat point yang sedikit lebih rendah dibanding pendahulunya. Dugaan kami hal ini disebabkan oleh iOS 8.1 yang memang mengkonsumsi sumber daya lebih besar.

Perbandingan Harga iPad Mini 3 vs. iPad Mini 2
iPad Mini 3 iPad Mini 2
Harga iPad Mini 3 Harga iPad Mini 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Kesimpulan Review iPad Mini 3

Harga iPad Mini 3 kini dibanderol di kisaran Rp 7 juta (16 GB, Wifi+selular) atau sekita Rp 1 juta lebih mahal dibandingkan iPad Mini 2 (16 GB, WiFi+selular). Dengan satu-satunya kelebihan atau ubahan terletak pada keberadaan fitur Touch ID pembeli harus mempertimbangkan sendiri apakah selisih tersebut cukup layak untuk menebus iPad Mini 3 dibanding iPad Mini 2.