on

Impresi Awal Mirosoft Lumia 940: Flagship Smartphone Pertama Microsoft

Semenjak resmi menanggalkan nama Nokia di depan merek Lumia, perusahaan asal AS Microsoft tampak asyik bermain di segmen low-end industri telepon selular. Harapan bahwa mereka akan menandai dimulainya era smartphone Microsoft lewat model flagship kala itu pupus sudah. Namun setelah publik tak menduga-duga justru Microsoft siap merilis flagship smartphone pertamanya yang diberi nama Mirosoft Lumia 940.

Mirosoft Lumia 940 bakal resmi diperkenalkan pada tanggal 29 Juli tahun ini dan bakal menjadi perangkat Windows Phone pertama yang sudah menjalankan sistem operasi Windows 10. Banyak pengamat yang sejauh ini menilai bahwa sukses tidaknya Mirosoft Lumia 940 bersama Windows 10 bakal menentukan masa depan Microsoft di industri ponsel sekaligus masa depan sistem operasi Windows Phone sendiri. Untuk mengetahui seperti apa smartphone canggih bersistem operasi Windows 10 ini berikut kami sajikan preview Mirosoft Lumia 940.

Spesifikasi dan Harga Mirosoft Lumia 940


Ulasan Awal Spesifikasi Mirosoft Lumia 940

Meski tak sepopuler Android maupun iOS pula jumlah aplikasi yang tersedia tak sekaya dua kompetitornya itu namun pada sisi lain Microsoft sebagai raksasa perangkat lunak memiliki keunggulannya sendiri yang kini bisa dirasakan oleh pengguna ponsel berbasis WP. Walau sedikit namun berbagai aplikasi yang disediakan oleh pabrikan ini terintegrasi dengan baik satu sama lain, dan yang tak kalah penting adalah kesemuanya didapat dengan cuma-cuma a.k.a. gratis.

Sebut saja misalnya Skype dan Onedrive yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna saat ini, belum lagi Microsoft Office. Berbekal kondisi tersebut tidak berlebihan sebenarnya jika sistem operasi Windows Phone dinilai memiliki potensi besar.

Semua keunggulan yang nantinya bakal teroptimalisasi dalam wujud Windows 10 dan mula-mula direpresentasikan lewat Mirosoft Lumia 940. Untuk mengoptimalkan pengalaman tersebut maka sang produsen menghadirkan layar berukuran 5.2 inch dengan resolusi Quad HD dan menghasilkan kepadatan warna 565 ppi. Di atas kertas semestinya kualitas layar Mirosoft Lumia 940 mampu membuatnya bersaing ketat dengan Samsung Galaxy S6, LG G4 maupun iPhone 6 Plus. Layar ini pun diminimalisir dari goresan dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 4.


Sama halnya dengan LG G4, Mirosoft Lumia 940 pun mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan prosesor Hexa-core terintegrasi yang terdiri atas Dual-core 1.82 GHz Cortex-A57 & Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 serta GPU Adreno 418 yang didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB. Spesifikasi mumpuni berikut karakter sistem operasi WP yang terkenal efisien menggunakan sumber daya tampaknya bakal membuat performa kecepatan Mirosoft Lumia 940 layak diacungi jempol, setidaknya di atas kertas.

Mempertahankan kekhasan smartphone Lumia di segmen high-end yang sejak awal selalu terkenal lewat kecanggihan kameranya maka kali ini Mirosoft Lumia 940 pun dibekali dengan kamera utama 20 MP, optik Carl Zeiss, optical image stabilization, autofocus, dual-LED flash, sensor berukuran 1/2.5', 1.12 µm pixel size, PureView technology, dual capture, geo-tagging, face detection serta mode panorama. Lagi-lagi di atas kertas mestinya kombinasi tersebut mampu menempatkan kualitas foto yang dihasilkan hanya sedikit di bawah kualitas kamera DSLR. Namun untuk lebih pasti masih harus menunggu saat Mirosoft Lumia 940 dirilis beberapa pekan kedepan.

Sedangkan untuk mengkomodir ekspektasi para penggemar foto selfie maka tak ketinggalan kamera sekunder 5 MP pun diletakkan pada bagian depan.

Meski paparan di atas mestinya sudah membuat orang berdecak kagum namun keunggulan utama dari Mirosoft Lumia 940 tentu terletak pada sistem operasi Windows 10 yang sudah sangat familiar di kalangan para pengguna PC yang notabene mayoritas adalah pengguna Windows OS. Bersama dengan sistem operasi terbaru ini nantinya sang produsen juga untuk pertama kali bakal memperkenalkan browser terbaru mereka yaitu Microsoft Edge yang dijanjikan memberi pengalaman baru dan berbeda dalam menjelajah dunia maya.

Smartphone Windows 10

Sisi negatifnya dalam rangka memaksa pengguna untuk menggunakan Onedrive maka Microsoft hanya menyediakan memori internal Mirosoft Lumia 940 sebesar 32 GB dan tanpa dukungan memori eksternal.
Dengan baterai berkapasitas 3000 mAh pihak pabrikan menjanjikan daya tahan baterai selama dua hari untuk penggunaan wajar.

Preview Mirosoft Lumia 940

Sejauh ini Mirosoft Lumia 940 tampak memiliki lebih dari cukup amunisi yang bakal membuatnya mampu berhadapan dengan smartphone flagship berbasis iOS maupun Android. Sampai saat ini Microsoft belum mengkonfirmasi harga resmi Mirosoft Lumia 940. Asalkan harganya kompetitif kami cukup yakin akan potensi cerah smartphone canggih berbasis Windows ini.