on

Perbandingan iPhone 6 vs. LG G4

Perbandingan iPhone 6 vs. LG G4 bakal mewarnai sengitnya persaingan antara iOS vs. Android yang tak semata direpresentasikan oleh kompetisi antara iPhone 6 vs. Samsung Galaxy S6 semata. Sebab faktanya dalam dua tahun terakhir produsen smartphone Android lain pun mampu menempatkan diri sejajar atau bahkan dalam beberapa hal lebih baik dibandingkan iPhone.

Faktor yang menjadikan perbandingan iPhone 6 vs. LG G4 dirasa sangat menarik adalah karena lewat smartphone Android terbarunya ini perusahaan asal Korea tersebut sukses menghadirkan kamera berkualitas tinggi dengan lensa RGBW serta teknologi ala DSLR. Sementara iPhone dianggap sebagai benchmark kamera smartphone meski posisinya tahun ini sebenarnya telah digeser oleh Galaxy S6. Tanpa berpanjang lebar berikut kami sajikan perbandingan iPhone 6 vs. LG G4.

Perbandingan iPhone 6 vs. LG G4


Perbandingan Desain & Spesifikasi iPhone 6 vs. LG G4

Sebagaimana dibahas dalam beberapa artikel terakhir LG G4 menghadirkan desain unik lewat pilihan cover leather dan keramik. LG bahkan secara khusus memercayakan proses penjahitan bahan leather-nya pada perusahaan di Jerman.
Meski opsi cover keramik dibanderol lebih murah dibanding versi leather namun kualitas yang didapat oleh konsumen pun sebanding dengan harganya. Kualitas material keramik cenderung terasa seperti plastik murahan yang digunakan oleh ponsel kelas menengah.

Apple sendiri tetap konsisten memilih bahan logam sebagai material casing iPhone 6 sebagaimana sudah mereka lakukan sejak bertahun-tahun silam. Menilai mana yang lebih baik antara iPhone 6 dan LG G4 dari sisi desain serta build quality tidaklah mudah. Dalam kasus LG G4 versi leather yang diperbandingkan maka kami memberikan poin kemenangan bagi LG. Namun jika versi keramik yang dijadikan bahan pembanding maka poin kemenangan lebih layak diberikan untuk iPhone 6.

LG masih memiliki kelebihan lain yang membuatnya unggul di sektor desain yaitu penggunaan casing belakang tipe removable dimana di balik cover tersebut pengguna memiliki akses terhadap slot microSD serta baterai. LG pun menyediakan aksesoris OEM untuk cover bagian belakang sehingga pengguna yang bosan bisa mengubah penampilan ponsel LG G4 miliknya, atau menjadikannya tampak baru jika sudah mulai banyak tergores.

Dari sisi dimensi iPhone 6 layak diberi poin kemenangan, sebab dengan layar berukuran lebh kecil yaitu 4.7 inch dimensi smartphone keluaran Apple ini lebih kompak serta praktis jika dibandingkan LG G4 yang mengusung layar 5.5 inch.

Kualitas layar iPhone 6 sendiri sebenarnya sudah tergolong istimewa, namun karena pembandingnya adalah layar Quad HD milik LG G4 maka saat keduanya diperbandingkan bersebelahan tampak sekali ketajaman warna serta gambar pada layar LG G4 masih unggul dibanding layar iPhone yang beberapa tahun lalu sempat dianggap sebagai terbaik dibandingkan layar smartphone yang ada di pasaran.

Perbandingan Layar  iPhone 6 vs. LG G4

Untuk membandingkan performa kecepatan iPhone 6 vs. LG G4 tidaklah mudah, sebab keduanya menjalankan sistem operasi dengan karakteristik yang sama sekali berbeda.
LG G4 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan prosesor Hexa-core dan GPU Adreno 418 yang terintegrasi. Chipset ini sudah mendukung jalannya game 3D pada resolusi 4K disamping juga dukungan jaringan LTE.

Seperti biasa Apple menggunakan chipset buatannya sendiri, kali ini adalah A8 yang menjadi jantung performa iPhone 6 dikombinasikan dengan M8.

Prosesor LG G4 memang lebih cepat dibandingkan prosesor iPhone 6, hal ini ditegaskan pada uji kecepatan prosesor dimana LG G4 mencatat 3513 point dan iPhone 6 hanya 2794. Namun performa grafis iPhone 6 justru lebih baik dengan 49 fps dan 26 fps pada uji GFXBench T-Rex dan GFXBench Manhattan karena LG G4 hanya mencatatkan 25 fps dan 9 fps.

Pada pengujian kecepatan menjelajah internet dengan SunSpider lagi-lagi iPhone 6 mencatatkan poin yang lebih baik dibanding kompetitornya yang berasal dari Korea itu.

Dalam aplikasinya di lapangan kedua smartphone sama-sama menunjukkan tingkat fluiditas yang baik, namun kala menjalankan game memang cukup terasa performa iPhone 6 yang lebih unggul dibandingkan LG G4.

Perbandingan Kamera iPhone 6 vs. LG G4

Sedangkan untuk perbandingan daya tahan baterai iPhone 6 vs. LG G4 keduanya sama-sama mampu bertahan selama satu setengah hingga dua hari untuk penggunaan normal.

Poin yang paling dinanti tentu adalah perbandingan kamera iPhone 6 vs. LG G4 seperti sudah kami singgung di awal.

Kamera LG G4 dengan lensa RGBW, aperture f/1.8, sensor 16 MP berikut dukungan Optical Image Stabilization (OIS) sudah menggemparkan sejak pertama kali diperkenalkan secara resmi oleh pihak produsen. Belum lagi LG juga menyempurnakan kinerja fitur laser auto-focus yang tahun lalu diapresiasi karena kecepatan serta keakuratannya dalam menangkap objek foto.
Dalam rangka mendukung klaim-nya sebagai second camera untuk fotografer profesional maka produsen juga memberikan pilihan mode manual dimana pengguna bisa mengatur setting sebebas-bebasnya meliputi ISO, shutter speed, exposure, white balance serta focus sebagaimana bisa mereka lakukan dengan kamera DSLR. Prosesor yang terpisah semakin memantapkan positioning tersebut. Jika dikehendaki pengguna pun bisa menyimpan file dalam format RAW yang lebih fleksibel saat diedit nantinya.

Meski kamera sekunder 8 MP-nya tak sepadan dengan kamera utama namun dengan lensa f/2.0 sudah pasti performa kamera ini bakal melebihi ekspektasi para maniak foto selfie.

Kamera iPhone 6 sebelumnya adalah tolok ukur kualitas kamera smartphone, posisinya digeser setelah Samsung mampu menghadirkan kamera yang lebih baik lewat Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Posisi kamera iPhone 6 makin terpuruk pasca kelahiran LG G4. Kualitas kamera iPhone 6 tetaplah baik, masih jarang smartphone kelas high-end yang mampu menawarkan kualitas setara. Namun jika dibandingkan dengan kualitas foto yang dihasilkan kamera LG G4 berikut performa serta fitur dari kamera itu sendiri maka iPhone 6 menjadi tampak inferior.

Poin perbandingan kamera iPhone 6 vs. LG G4 kembali menempatkan flasghip model keluaran LG itu sebagai pemenang.

Perbandingan Harga iPhone 6 vs. LG G4
iPhone 6 LG G4
Harga iPhone 6 Harga LG G4
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Kesimpulan Hasil Perbandingan iPhone 6 vs. LG G4

Kami melihat masing-masing dari kedua smartphone kelas high-end ini menawarkan keunggulan yang berbeda. Jika Anda adalah pengguna yang lebih mementingkan fitur kamera maka LG G4 adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan iPhone 6. Sedangkan bagi Anda yang lebih mengutamakan dimensi kompak pilihannya sudah jelas adalah iPhone 6. Tak ada yang lebih baik atau lebih buruk diantara keduanya, masing-masing pilihan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna pula.