on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 vs. LG G4 vs. Huawei P8

Samsung Galaxy S6, LG G4, HTC One M9 dan Huawei P8 adalah empat smartphone Android kelas high-end yang dianggap tercepat saat ini. Umumnya calon konsumen di segmen ini terlebih yang merupakan penggemar berat game Android akan bertanya-tanya mana diantara keempatnya yang mampu menghasilkan performa terbaik.

Meski tak mudah menentukan secara riil mana yang lebih cepat antara Samsung Galaxy S6, LG G4, HTC One M9 atau Huawei P8 namun secara teoritis perbandingan keempatnya bisa dilihat dari hasil uji benchmark. Hasil uji tersebut meski tak selalu mencerminkan fakta riil namun masih dianggap penting bagi sebagian besar calon konsumen. Karenanya dalam artikel kali ini kami secara khusus menyajikan perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 vs. LG G4 vs. Huawei P8 berdasarkan hasil uji benchmark tersebut.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 vs. LG G4 vs. Huawei P8


Perbandingan Benchmark Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 vs. LG G4 vs. Huawei P8

Sebelum melihat hasil akhir dari poin yang dicatat oleh masing-masing ada baiknya dilakukan kilas balik spesifikasi masing-masing secara singkat. Samsung Galaxy S6 mengandalkan chipset Exynos 7420 dengan prosesor octa-core dan GPU Mali-T760MP8 yang terintegrasi. Kemampuan multitasking dari flagship model terbaru buatan Korea ini dipercayakan pada RAM dengan kapasitas 3 GB. Daya pikat utama Galaxy S6 terletak pada layar Super AMOLED berukuran 5.1 inch yang sanggup menampilkan resolusi maksimal setara Quad HD.

Baca juga: Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Dari Cina, pabrikan Huawei juga mengandalkan chipset hasil racikannya sendiri yaitu HiSilicon Kirin 930/935 yang juga memiliki prosesor octa-core terintegrasi. Performa olah grafis dipercayakan pada GPU Mali-T624MP4 dan multitasking berada di bahu RAM berkapasitas 3 GB. Layar Huawei P8 tak kalah jika dibandingkan kompetitor yang berasal dari Korea dan Taiwan. Layar IPS 5.2 inch miliknya tak menampilkan resolusi setinggi Galaxy S6 atau LG G4 namun secara menyeluruh kualitas layar beresolusi Full HD ini tetap terbilang mempesona.

Baca juga: Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Kembali ke Korea, LG yang selama ini menjadi rival Samsung meski masih kalah dalam hal citra merek melakukan penyempurnaan signifikan terhadap flasghip model-nya tahun lalu dalam wujud LG G4. Meski penyempurnaan utama terletak di fitur kamera serta desain namun bukan berarti performanya tak ditingkatkan dari tahun lalu. Masih setia dengan chipset Qualcomm kali ini Snapdragon 808 yang memiliki procesor hexa-core dan GPU Adreno 818 yang menjadi andalan LG G4 didampingi oleh RAM berkapasitas 3 GB. Layar IPS LCD berukuran 5.5 inch yang diusungnya menawarkan resolusi yang masih bertahan seperti tahun lalu.

Baca juga: Menyingkap Perbedaan LG G3 vs. LG G4 

Kontestan terakhir berasal dari Taiwan yaitu HTC One M9 yang juga hanya mengalami ubahan minor dari versi tahun lalu. Mengandalkan chipset Snapdragon 810 dengan prosesor octa-core dan GPU Adreno 430 HTC memberikan kapasitas RAM yang sama seperti kompetitor sekelas yaitu 3 GB. Sedangkan layar Super LCD3 berukuran 5 inch yang diusungnya menawarkan resolusi setara Full HD.

Baca juga: HTC One M9: Seperti Apa Spesifikasi dan Penampakannya?

Hasil Perbandingan Benchmark Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 vs. LG G4 vs. Huawei P8

Tidaklah terlalu mengejutkan jika Samsung Galaxy S6 muncul sebagai pemenang dengan mencatat point 1495 untuk single core dan 5341 untuk multi core karena chipset Exynos 7420 selama ini memang masih yang terbaik di dalam uji benchmark yang dilakukan oleh sumber manapun.

Sementara itu LG G4 mencatatkan point lebih tinggi dibanding HTC One M9 untuk single core dengan point 1133 dimana One M9 hanya 1035. Namun untuk multi core kondisinya berbalik dengan HTC One M9 meraih 3942 point dan LG G4 3541.

Huawei P8 meraih point paling kecil diantara keempat super smartphones yang diuji kali ini dimana pada single core tercatat poin 862 dan 3502 untuk multi core

Meski Huawei P8 tampil sebagai yang terlemah dalam pengujian namun perlu dicatat pula bahwa harga Huawei P8 jauh lebih murah dibanding ketiga kontestan lain. Sebaliknya dengan raihan poin tertinggi Samsung Galaxy S6 juga tercatat sebagai yang termahal di antara keempat kontestan kali ini.