on

Perbandingan Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80

Hanya berselisih beberapa pekan setelah merilis Lenovo K3 Note, pabrikan asal Cina Lenovo merilis Lenovo K80 yang sekilas product positioning-nya tak berbeda dari K3 Note atau yang resminya juga disebut sebagai K50. Di atas kertas keduanya relatif identik namun apakah demikian adanya? Atau adakah pembeda lain?

Perbandingan antara Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80 berikut kami angkat untuk menemukan pembeda antara kedua smartphone Android terbaru tersebut. Tentunya ada cukup banyak calon konsumen yang sedang mempertimbangkan membeli salah satu diantara kedua smartphone Android murah buatan Lenovo itu. Jika Anda adalah satu diantaranya silakan menyimak paparan singkat berikut ini:

Perbandingan Harga dan Spesifikasi Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80


Perbandingan Spesifikasi Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80

Lenovo K80 specs Lenovo K3 Note specs
Intel 64-bit Atom 1.8GHz Z3560 quadcore Mediatek MT6752 octacore 1.7Ghz Cortex-A53
2GB/4GB of RAM 2GB RAM
5.5-inch full HD IPS display, 1920 x 1080 resolution 5.5-inch full HD IPS, 1920 x 1080
32/64GB of storage, expandable via microSD up to 32GB 16GB
13-megapixel rear camera, auto-focus lens with dual-color Real Tone flash, 1080p video, HDR, OIS 13-megapixel rear camera, autofocus, dual-LED flash, HDR
5-megapixel front camera, f/2.0-aperture, wide-angle 85-degree lens with Selfie Panorama 5-megapixel front camera
Dual SIM Dual SIM
3G, LTE 3G, LTE
WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, NFC, MHL WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, NFC
Android 5.0 Lollipop with ZenUI Android 5.0 Lenovo Vibe 2.5
4000mAh battery 3000mAh battery
Black, white, red Yellow, white

Kedua smartphone (phablet) terbaru Lenovo ini sama-sama menawarkan layar dengan resolusi Full HD (1080 pixels). Keduanya juga sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop (5.0). Bahkan kamera utama K3 Note dan K80 juga menggunakan lensa 13 MP.

Perbedaan antara Lenovo K3 Note dengan Lenovo K80 di sektor desain juga sangat minim. Di antaranya adalah perubahan posisi kamera serta penambahan aksen warna silver untuk K80. Posisi speaker juga menjadi salah satu pembeda sebab pada Lenovo K80 tidak lagi berada di melainkan di tengah. Dimens Lenovo K80 sedikit lebih tebal dan sedikit lebih berat pula dibanding tebal dan bobot Lenovo K3 Note.

Berbeda halnya dengan Lenovo K3 Note yang menggunakan cover belakang serta baterai tipe removable hal yang sama tidak ditemukan pada desain Lenovo K80. Bahkan slot untuk SIM card dan microSD diposisikan di bagian samping kanan dan kiri.

Perbandingan Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80

Kualitas layar Lenovo K3 Note dan Lenovo K80 sama-sama baik namun keunggulan keduanya tidaklah sama. Layar K80 menampilkan gambar yang lebih nyata dengan reproduksi warna mendekati natural. Di sisi lain layar K3 Note menampilkan level kecerahan yang lebih baik sehingga lebih jelas terbaca kala digunakan di luar ruangan.

Menariknya meski sama-sama menggunakan kamera utama 13 MP dan bahkan pada Lenovo K80 sudah dilengkapi dengan fitur OIS namun kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Lenovo K3 Note justru lebih baik dalam hal akurasi, ketajaman dan pencahayaan.



Perbandingan Kamera Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80

Di sektor performa kecepatan meski Lenovo K3 Note mencatat point yang lebih tinggi dibanding Lenovo K80 saat dilakukan uji benchmark, namun dalam kenyataannya waktu loading dan boot-up Lenovo K80 justru terasa lebih cepat.


Jika Anda adalah tipe konsumen yang peduli akan kualitas speaker sebuah ponsel maka Lenovo K80 adalah pilihan yang lebih baik. Suara yang dihasilkan bukan saja lebih jernih namun juga lebih keras.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80

Sekalipun spesifikasi Lenovo K3 Note vs. Lenovo K80 tampak identik namun ternyata pabrikan asal Cina tersebut tidak begitu saja menggunakan komponen yang sama. Maka tak mengherankan jika banyak ketidakmiripan karakter diantara kedua smartphone Android Lenovo tersebut.

Harga Lenovo K80 memang dibanderol lebih mahal dibanding harga Lenovo K3 Note, beberapa orang mungkin cenderung menjatuhkan pilihan pada K3 Note untuk alasan tersebut. Namun kami sendiri tak berkeberatana membayar sedikit lebih mahal untuk menebus Lenovo K80 yang performanya lebih baik serta daya tahan baterainya pun lebih lama.