on

Microsoft Lumia 540 Layakkah Untuk Dibeli?

Beberapa bulan setelah sukses merilis Lumia 535 dan bahkan kala itu dianggap sebagai pesaing sempurna bagi Samsung Galaxy Prime yang harganya lebih mahal, pabrikan asal AS Microsoft merilis penerusnya dalam wujud Microsoft Lumia 540. Kali ini bukan emerging markets saja yang menjadi sasarannya, pasar AS, UK dan beberapa negara maju lainnya pun dengan penuh keyakinan menjadi bagian dari penetrasi pasar Microsoft.’

Jika dibandingkan dengan pendahulunya maka tampak ada cukup perubahan signifikan terutama di sektor kualitas layar. Hanya saja pada sisi lain segmentasi yang dilakukan oleh Microsoft terasa membingungkan. Sebab dengan banderol mendekati Rp 2 juta harga Microsoft Lumia 540 setara dengan harga Lumia 640 yang spesifikasinya lebih tinggi.

Baca juga: Pilih Microsoft Lumia 640 atau Lumia 640 XL?

Spesifikasi dan Harga Microsoft Lumia 540


Bedah Spesifikasi Microsoft Lumia 540

Desain Lumia 540 sangat identik dengan pendahulunya yaitu Lumia 535 yang mencatat angka penjualan cukup tinggi di tahun lalu. Desain maupun build quality-nya sangat baik untuk sebuah smartphone dengan banderol kurang dari Rp 2 juta. Satu-satunya kekurangan di sektor ini adalah permukaan tipe glossy yang mudah tampak kotor oleh jari serta debu.

Penempatan tombol-tombolnya pun tak berbeda dengan seri Lumia lain, sebut saja tombol daya serta pengatur volume yang ditempatkan di sisi kanan. Sama halnya pula dengan Lumia 640, Anda takkan menemukan tombol navigasi capacitive di sini.

Smartphone 2 Juta-an

Layar IPS berukuran 5 inch dengan resolusi HD serta dukungan teknologi ClearBlack bisa dibilang sebagai keunggulan utama dari Microsoft Lumia 540 yang juga menunjukkan penyempurnaan paling nyata dibanding Lumia 535. Sayang sekali pihak pabrikan belum melapisinya dengan Corning Gorilla Glass untuk layar tersebut.

Performa kecepatan merupakan hasil kinerja dari chipset Snapdragon 200 dengan prosesor quad-core terintegrasi serta RAM 1 GB yang bertanggung jawab untuk kemampuan multitasking-nya. Mungkin di atas kertas ada banyak calon konsumen yang merasa ragu akan kemampuannya, namun dalam pengujian kami sama sekali tak menemukan gejala lag baik saat transisi antar aplikasi maupun saat browsing.

Internal memori yang diusung sudah cukup lega untuk sebuah smartphone kelas low-end yaitu 8 GB, namun Microsoft masih tetap memberikan dukungan memori eksternal hingga kapasitas maksimal 128 GB. Kapasitas baterainya kini juga meningkat menjadi 2200 mAh dibanding Lumia 535 yang hanya 1905 mAh.

Kamera Microsoft Lumia 540

Microsoft lagi-lagi bermurah hati dengan memberikan kamera utama 8 MP ber-sensor ¼ inch dan aperture f/2.2. Kamera ini masih didukung pula dengan fitur auto-focus dan LED flash. Pada bagian depan penggemar foto selfie juga kembali dipuaskan dengan kamera 5 MP. Sekali lagi untuk sebuah ponsel di kisaran harga kurang dari Rp 2 juta, Microsoft Lumia 540 menawarkan great value for money dibanding smartphone lain sekelasnya.

Microsoft Lumia 540 Microsoft Lumia 640
Microsoft Lumia 540 Microsoft Lumia 640
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Kesimpulan Ulasan Microsoft Lumia 540

Kualitas, performa serta fitur yang ditawarkan oleh Lumia 540 sangat menjanjikan dengan mengingat banderolnya yang tak sampai Rp 2 juta. Memang harganya tak berselisih jauh dibanding harga Microsoft Lumia 640, namun untuk segmen low-end selisih beberapa ratus ribu rupiah tentu tak bisa dipandang remeh. Karenanya kami optimis penjualan Lumia 540 bakal sama baik atau bahkan sedikit lebih baik dibandingkan Lumia 535 tahun lalu.