on

Samsung Galaxy Tab A 8: Bukan Tablet Android Biasa

Tablet Android dewasa ini makin beragam baik dari sisi dimensi layar, merek, spesifikasi dan sebagainya. Namun demikian pabrikan asal Korea: Samsung cukup jeli dalam menentukan product positioning Tablet Android terbarunya yang dinamai Samsung Galaxy Tab A 8. Cukupkah positioning yang unik itu membawa Tablet Android terbaru keluaran Samsung tersebut menonjol diantara para kompetitor yang makin menjamur saat ini?

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab A 8


Bedah Spesifikasi Tablet Android Samsung Galaxy Tab A 8

Sebelum membahas lebih terperinci mengenai Tablet Android Samsung Galaxy Tab A 8 berikut adalah spesifikasinya:
  • 1.2GHz Snapdragon 410 quad-core processor
  • 2GB RAM
  • 16GB storage, expandable up to 128GB via microSD
  • 8-inch XGA LCD display, 1024 x 768 resolution
  • 5.0-megapixel primary camera
  • 2.0-megapixel secondary camera
  • Wi-Fi, Bluetooth, LTE, 3G, HSPA+
  • 4200mAh battery
  • Android Lollipop 5.0, TouchWiz UI
  • S-Pen stylus

Dari sisi desain tak ada keistimewaan yang menonjol pada Samsung Galaxy Tab A 8, desainnya tak berbeda dari tablet Samsung Galaxy yang sudah pernah dikenal sejak beberapa tahun belakangan demikian pula material casing yang digunakan tetaplah menggunakan plastik.
Walau demikian bukan juga berarti merupakan fakta negatif, sebab dimensinya yang kompak serta bobot ringan membuat Tablet Android buatan Samsung ini terasa pas dibawa kemana-kemana.

Harga Samsung Galaxy Tab A 8

Peletakkan tombol-tombol juga tak membuatnya istimewa maupun unik, hampir semua tablet Android keluaran merek lain menerapkan tata letak yang sama seperti tombol daya dan pengatur volume di sisi kanan bersama dengan slot microSD dan SIM card. Sedangkan bagian depannya didominasi oleh layar berukuran 8 inch dengan resolusi maksimal 1024 x 728 dan rasio 4:3.

Samsung Galaxy Tab A 8 Indonesia

Di bagian bawah layar Anda akan menemukan dua capacitive buttons yang berfungsi untuk melakukan navigasi dan sebuah tombol “home”.
Sementara itu di bagian belakang terdapat kamera 5 MP serta slot untuk menyimpan S-Pen.

Kamera Samsung Galaxy Tab A 8

Keberadaan S-Pen pada Samsung Galaxy Tab A 8 itulah sebenarnya yang menjadikan Tablet Android ini unik. Sebab secara tidak resmi pihak pabrikan sendiri seolah ingin memposisikan Galaxy Tab A 8 sebagai sebuah Tablet Android yang secara khusus diperuntukkan bagi mereka yang menggemari seni atau bahkan menggeluti bidang tersebut secara profesional.

Samsung Galaxy Tab A 8

Sayangnya dalam pengamatan singkat sejauh ini keberadaan S-Pen di Samsung Galaxy Tab A 8 tidak seistimewa yang dibayangkan. Kinerjanya kurang lebih sama seperti kinerja S-Pen di Samsung Galaxy Note 4. Cukup membuatnya menonjol dibanding kompetitor sekelas namun terlalu berlebihan menyebutnya sebagai Tablet yang dirancang untuk penggemar dan pekerja di bidang seni.


Bagaimana dengan performanya sendiri? Well, jika Anda membeli Tablet dengan maksud untuk bermain game maka baiknya singkirkan saja Samsung Galaxy Tab A 8 dari daftar pilihan. Perpaduan antara chipset Snapdragon 410, RAM berkapasitas 2 GB serta tampilan antar muka TouchWiz memang cukup responsif untuk aplikasi harian dan penunjang produktivitas namun pastinya bukan dimaksudkan untuk menjalankan game-game Android yang menjadi kegemaran para penggemar game.

Impresi Pertama Terhadap Tablet Android Samsung Galaxy Tab A 8

Harga Samsung Galaxy Tab A 8
Hitam
Harga Samsung Galaxy Tab A 8
Jual Samsung Galaxy Tab A 8

Harga Tablet Android Samsung Galaxy Tab A 8 saat ini ada di kisaran Rp 4,5 juta, relatif mahal memang jika hanya membandingkan spesifikasinya saja. Bagaimanapun keberadaan S-Pen merupakan kelebihan tersendiri, faktanya tak ada tablet lain yang menyertakan aksesoris dengan kinerja setara S-Pen dan segmen konsumen tertentu memang sangat membutuhkan keberadaan S-Pen untuk menunjang produktivitas harian mereka.