on

Bedah Tablet Android Lollipop Murah: Lenovo Tab 2 A8

Kala mempertimbangkan tablet Android Lollipop dengan harga murah umumnya calon konsumen langsung berpaling ke merek-merek kurang ternama karena berasumsi bahwa anggaran yang mereka agihkan hanya sesuai untuk merek abal-abal tersebut. Namun jika mau mencari lebih teliti sebenarnya tak harus berakhir demikian. Faktanya ada beberapa pabrikan ternama yang meriis tablet Android murah dengan sistem operasi Android Lollipop, Lenovo Tab 2 A8 adalah satu di antaranya.

Tablet Android Lollipop murah sebenarnya juga bukan barang langka untuk dicari, hampir semua produsen sudah menggunakan versi Android terbaru tersebut untuk produk yang mereka rilis di tahun ini. Lenovo Tab 2 A8 sendiri merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu Lenovo Tab A8 generasi pertama yang mencatat penjualan cukup tinggi di tahun lalu.

Tablet Android Lollipop Murah: Lenovo Tab 2 A8


Menelusur Spesifikasi Tablet Android Lollipop Murah Lenovo Tab 2 A8

Tablet Lenovo seri A memang merupakan entry-level dari perusahaan asal Cina tersebut yang diposisikan di bawah seri Yoga maupun Miix. Tahun lalu harga Lenovo Tab A8 generasi pertama hanya dibanderol di kisaran Rp 1,5 juta-an dan generasi penerusnya masih dibanderol kurang dari Rp 2 juta.

Untuk entry-level product-nya ini Lenovo pilih melakukan pendekatan yang mirip dengan Nexus yaitu menerapkan tampian antar muka yang sederhana. Pada satu sisi tampilannya tidak terlalu menarik karena minim estetika namun di sisi lain minimnya kebutuhan sumber daya juga meingkatkan performa kecepatan secara menyeluruh.

Berikut adalah spesifikasi dari Lenovo Tab 2 A8:
  • Processor: MediaTek MT8161 1.3 GHz
  • Graphics adapter: ARM Mali-T720
  • Memory: 1024 MB, LPDDR3
  • Display: 8 inch 16:10, 1280x800 pixel, 10-point capacitive, IPS, glossy: yes
  • Storage: 16 GB eMMC Flash, 16 GB
  • Connections: 1 USB 2.0, Audio Connections: 3.5 mm audio, Card Reader: MicroSD, Sensors: Accelerometer, GPS, Proximity
  • Networking: 802.11 b/g/n (b/g/n), Bluetooth 4.0, 2x Micro SIM
  • Size: 8.9 x 210 x 125 mm
  • Battery: 16.3 Wh Lithium-Polymer, 4290 mAh
  • Operating System: Android 5.0 Lollipop
  • Additional features: Webcam: Rear: 5 MP auto-focus, Front: 2 MP fixed-focus, Speakers: Stereo Dolby Atmos, USB charger, SYNCit HD, SHAREit, Dolby Atmos, 12 Months Warranty

Tampilan Tablet Android Lollipop murah Lenovo Tab 2 A8 nyaris tak berubah dibandingkan generasi pertama. Namun jika diperhatikan berdasar data spesifikasi di atas maka terlihat bahwa dimensi Tab 2 A8 ini sedikit lebih ramping meski bobotnya sama sekali tak berkurang.

Ada sedikit kekurang di sektor desain yaitu adanya sedikit ruang antara baterai dengan casing yang menyebabkan muncul bunyi yang kurang nyaman kala ditekan. Namun selain itu build quality-nya cukup baik untuk sebuah Tablet di kisaran harga ini.
Dimensinya sendiri secara menyeluruh sepadan dengan kompetitor sekelas.

Spesifikasi dan Harga Lenovo Tab 2 A8

Sama pula seperti umumnya Tablet Android di kisaran harga ini Lenovo Tab 2 A8 hanya menyediakan konektivitas terbatas namun hampir semua yang dibutuhkan sehari-hari sudah ter-cover seperti Micro-USB 2.0, MicroSD, dan 3.5 mm audio. Tablet Android murah buatan Lenovo ini juga sudah tersedia dalam versi yang mendukung Dual SIM card serta jaringan GSM dan LTE meski harganya sedikit lebih mahal.

Kombinasi antara kamera utama 5 MP serta kamera sekunder 2 MP cukup layak kualitasnya, meski sama seperti kamera tablet pada umumnya pengguna tak bisa sepenuhnya menggantungkan kebutuhan kepadanya jika menghendaki kualitas foto yang benar-benar layak dicetak.

Ukuran layarnya cukup lebar untuk mengetik dengan nyaman baik dalam posisi portrait maupun landscape, permasalahannya justru terjadi pada layar sentuh capacitive yang terasa kurang responsif kala menerima perintah. Gejala ini dialami oleh hampir semua Tablet buatan Cina dan Taiwan di kisaran harga kurang dari Rp 2 juta.

Mengenai performa kecepatannya sendiri berdasar hasil benchmark Lenovo Tab 2 A8 mencatatkan poin yang tak berbeda jauh dengan smartphone Xiaomi Redmi 2, jelas bahwa di kisaran harga ini Anda tak bisa berharap terlalu banyak. Menariknya, sementara mayoritas Tablet dan Smartphone murah menggunakan GPU Mali 400, Lenovo Tab 2 A8 sudah menggunakan Mali T720 yang lebih baik dari sisi performa meski masih di bawah GPU Tegra 3.

Benchmark Lenovo Tab 2 A8

Selama Anda tak berkeberatan memainkan game dengan resolusi rendah maka hampir semua game Android terbaru bisa berjalan lancar di Lenovo Tab 2 A8, termasuk di antaranya adalah N.O.V.A. 3.


Performa audio-nya juga cukup memuaskan, selain penempatan speaker menghadap ke depan juga didukung dengan aplikasi Dolby Atmos, memang tak sebaik fitur Dolby Digital Plus yang biasa diketemukan di laptop Lenovo namun mengingat harga tablet Android Lenovo Tab 2 A8 yang sangat murah maka keberadaannya jelas layak diapresiasi.


Kesimpulan Review Tablet Android Lollipop Murah Lenovo Tab 2 A8


Harga Lenovo Tab 2 A8
Hitam
Harga Lenovo Tab 2 A8
Jual Lenovo Tab 2 A8

Tablet Android Lollipop murah Lenovo Tab 2 A8 merupakan salah satu pilihan logis untuk anggaran di bawah Rp 2 juta. Tidak sempurna memang namun beberapa kelemahannya bisa ditolerir namun jika anggaran Anda sedikit longgar tak ada salahnya mempertimbangkan Lenovo Tab S8 yang selain lebih ramping juga memiliki spesifikasi sedikit lebih baik.