on

Huawei Honor 7: Pantaskah Bersanding dengan Smartphone Merek Mapan?

Selang beberapa bulan setelah mendapat apresiasi kala melahirkan Huawei P8, kini produsen yang namanya makin melambung tersebut memperkenalkan mid-end smartphone terbarunya Huawei Honor 7 yang sudah resmi dijual di Asia dan Eropa saat tulisan ini dibuat. Sang produsen cukup percaya diri dengan potensi smartphone Android terbaru mereka namun benarkah bahwa Honor 7 ini layak disejajarkan dengan mid-end smartphone dari pabrikan yang lebih mapan?

Dari sisi tampilan Huawei Honor 7 sama sekali tak tampak inferior dibanding produk di segmen yang sama keluaran pabrikan mapan. Bahkan sang produsen tampak ingin jauh-jauh meninggalkan citra seri Honor yang selama ini lebih akrab sebagai budget smartphone. Untuk melihat seberapa besar potensi Huawei Honor 7 bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya silakan menyimak ulasan berikut.

Spesifikasi dan Harga Huawei Honor 7


Build Quality & Spesifikasi Huawei Honor 7

Baik dari sisi build quality maupun estetika, tampilan Huawei Honor 7 mendekati sempurna dan bahkan pilihan warna yang disediakan pun termasuk unik. Satu-satunya kekurangan di sektor ini adalah casing yang secara keseluruhan tidak memberikan grip meyakinkan sehingga tak jarang timbul kekhawatiran kalau-kalau ponsel ini jatuh kala digenggam.

Pada tepi/sisi kiri pihak pabrikan juga memberikan sentuhan detil menarik berupa tombol pintar yang merespon beberapa perintah berbeda lewat tekan pendek, tekan panjang dan tekan ganda.
Sementara itu bagian depannya didominasi oleh layar 5.2 inch dengan bezel yang sangat tipis. Tentu saja warna yang ditampilkan tak sebaik smartphone kelas flasghip namun secara keseluruhan tetap layak diapresiasi dari sisi ketajaman gambar, kejernihan dan bahkan viewing angles luas.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Honor 7

Saat ini Huawei Honor 7 masih menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, namun dari dukungan beberapa fitur yang ditawarkan kentara sekali bahwa sang produsen sudah sungguh-sungguh mempersiapkannya sebagai salah satu smartphone yang akan menjalankan sistem operasi Android Marshmallow mula-mula. Salah satunya adalah fitur reverse charging yang sampai saat ini belum diketemukan pada smartphone merek lain.
  • 5.2-inches
  • Full HD (1920x1080)
  • 157 grams
  • Android 5.0 Lollipop
  • 20-megapixel
  • 8-megapixel
  • 2.2GHz/1.5GHz octa-core HiSilicon Kirin 935
  • 3GB RAM
  • 16GB. Expandable via microSD up to 128GB
  • Yes
  • Dual SIM, fingerprint sensor, front-facing flash
Kami sendiri belum memiliki kesempatan menguji ketangguhan chipset 935 dengan prosesor octa-core, namun menurut beberapa sumber kredibel sekalipun tidak menunjukkan potensi selama uji benchmark dalam keseharian tak pula diketemukan kondisi dimana Huawei Honor 7 tampak kewalahan menjalankan aplikasi maupun multitasking.

Kamera Huawei Honor 7

Huawei Honor 7 Indonesia

Performa multitasking-nya menjadi tanggung jawab RAM berkapasitas 3 GB. Sementara untuk memori internal tersedia kapasitas 16 GB dan dukungan memori eksternal via hybrid slot hingga 128 GB. Sama halnya dengan Galaxy S6, Honor 7 pun menyediakan IR blaster.

Impresi Awal Huawei Honor 7

Dibanderol di kisaran harga Rp 4 juta-an Huawei Honor 7 memiliki cukup banyak kelebihan dibanding kompetitor sekelasnya. OnePlus 2 dan Motorola Moto X Style tampaknya bakal menjadi dua pesaing utama yang berpotensi mengganjal sukses Huawei Honor 7. Namun jangan lupa bahwa keduanya dibanderol dengan harga yang juga lebih mahal.