on

Bedah Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia C5 Ultra

Hanya berselang beberapa bulan setelah memperkenalkan Sony Xperia C4, raksasa elektronik asal Jepang: Sony kembali merilis keluarga terbaru Xperia seri C yaitu Sony Xperia C5 Ultra yang penampilannya menonjol berkat layar berukuran 6 inch serta bezel super tipis. Di sektor kamera, smartphone Android terbaru keluaran Sony ini juga tampak menjanjikan dengan sensor 13 MP.

Dibanderol di kisaran harga Rp 5,5 juta-an, Sony Xperia C5 Ultra mau tidak mau nantinya bakal berhadapan dengan dua kompetitor kuat di segmen ini yaitu OnePlus 2 dan Motorola Moto X Pure. Reputasi dan nama besar Sony tentu merupakan nilai plus di mata calon konsumen, namun di luar itu apa saja sebenarnya yang ditawarkan oleh Xperia C5 Ultra sendiri untuk membuatnya lebih layak diliirik ketimbang dua kompetitornya itu?

Sony Xperia C5 Ultra Indonesia

Desain dan Spesifikasi Sony Xperia C5 Ultra

Menilik desainnya kentara sekali bahwa Sony Xperia C5 Ultra banyak mengambil inspirasi dari Xperia seri Z. Oleh karena Xperia seri Z sampai saat ini termasuk yang terbaik dari sisi desain maka wajar jika penampilan Xperia C5 Ultra ini tampak menonjol diantara para kompetitor sekelasnya. Lebar bezel yang hanya 0.8 mm juga membuat layarnya tampak lebih besar dari ukuran sesungguhnya.

Memang oleh karena dimensi yang besar ini maka tingkat kepraktisannya tak sebaik smartphone dengan layar berukuran 5 inch misalnya, namun oleh karena dimensi yang terbilang tipis maka mengoperasikan dengan satu tangan masih sangat memungkinkan.

Makin menjadikan Sony Mobile sebagai salah satu merek paling konsisten dalam memberikan desain serta build quality sempurna adalah perpaduan serat kaca dengan metal yang bukan saja membuatnya terasa solid kala digenggam namun sekaligus tak kalah premium jika dibandingkan Xperia seri Z yang banderol harganya jauh lebih mahal.

Seperti biasa, selain desain point kelebihan dari Sony Xperia C5 Ultra terletak pada layarnya. Bukan semata-mata karena berukuran super jumbo namun layar dengan resolusi 1920 x 1080 pixels ini mengadopsi teknologi Sony Bravia Engine 2 yang akrab digunakan pada produk televisi buatan Sony. Kepadatan warna mencapai 367 ppi melengkapi keistimewaan yang bakal diapresiasi oleh penggemar film dan game.

Layar Sony Xperia C5 Ultra

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia C5 Ultra

Layar berteknologi IPS ini menghasilkan ketajaman warna yang sangat baik. Tingkat kecerahan (brightness level)-nya juga sangat ideal sehingga meski digunakan di luar ruangan kualitas gambar yang ditampilkan sama sekali tidak berkurang. Sayangnya, muncul kelemahan Sony Xperia C5 Ultra dari sisi reproduksi warna yang menurut kami cenderung unsaturated. Warna-warna tertentu seperti kuning dan merah tidak ditampilkan sekuat pada layar Xperia C4. Bahkan setelah beberapa kali melakukan ubahan setting pun tetap tidak berhasil menemukan hasil sesuai ekspektasi.


Masuk ke fitur kamera utama dengan sensor 13 MP serta dukungan LED flash, di atas kertas tak banyak yang baru di sini. Sebab pihak produsen masih menggunakan kamera yang sama digunakan pula oleh smartphone selfie Sony Xperia C4 dan Xperia M4 Aqua. Walau demikian kala diuji secara langsung baru kentara bahwa Sony melakukan penyempurnaan yang cukup berarti. Ketajaman, tingkat detil serta akurasi warna yang dihasilkan jauh lebih baik jika dibanding kamera Xperia C4 dan M4 Aqua.

White balance memang masih menjadi kelemahan kamera 13 MP Sony Xperia dibanding kompetitor di segmen yang sama, namun tampak ada perbaikan jika dibanding sebelumnya.

Kala digunakan di malam hari kamera Sony Xperia C5 Ultra masih terbilang sanggup menunaikan tugas dengan baik. Tingkat saturasi yang dihasilkan tergolong baik namun yang menjadi kekuatannya terletak pada kecerahan.

Hasil Kamera Sony Xperia C5 Ultra

Sony Xperia C5 Ultra menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan tampilan antar muka keluaran Sony sendiri. Secara keseluruhan tampilan antar muka yang digunakan oleh Xperia C5 Ultra tak jauh beda dari stock Android. Berbagai efek animasi yang diketemukan pada Xperia Z3+ tidak ada di sini, namun jika dikehendaki tersedia ribuan themes yang siap diunduh.

Performa kecepatannya sendiri menjadi tanggung jawab dari chipset MediaTek MT6752 dengan prosesor octa-core berkecepatan 1.7 GHz dan GPU Mali-T760M berikut kapasitas RAM 2 GB. Sony menyediakan memori internal dengan kapasitas 16 GB serta microSD yang sanggup mendukung hingga kapasitas maksimal 200 GB.

Ditilik dari spesifikasi tersebut maka pada dasarnya Sony Xperia C5 Ultra memiliki performa yang kurang lebih sama seperti Xperia C4. Uji benchmark memperkuat hal tersebut, kecepatan booting Sony Xperia C5 Ultra tercatat 40 detik atau lebih cepat beberapa detik dibandingkan Asus Zenfone 2.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia C5 Ultra

Baik menjalankan aplikasi harian, browsing, memutar film maupu menjalankan game 3D tak ada kendala apapun ditemukan selama pengujian.

Sayangnya lagi-lagi kembali ditemukan kekurangan Sony Xperia C5 Ultra yang cukup mengecewakan yaitu kualitas speaker yang volumenya terasa terlalu rendah, bahkan lebih rendah jika dibandingkan speaker pada Xperia C4.

Sementara itu stamina baterai 2930 mAh yang diusungnya terbilang istimewa dengan kemampuan bertahan selama dua hari untuk penggunaan normal. Sayangnya sama seperti Xperia Z3, smartphone kelas menengah terbaru buatan Sony ini pun menggunakan baterai tipe non-removable yang bakal terasa tidak praktis kala harus memperbaruinya.

Kesimpulan Review Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia C5 Ultra

Sony Xperia C5 Ultra mewakili sisi premium dari Xperia seri C yang selama ini sekedar dikenal sebagai smartphone kelas menengah dengan casing plastik dan kamera powerful. Jika dibandingkan Xperia C4 maka jelas ada penyempurnaan signifikan baik dari sisi build quality maupun performa kameranya sendiri. Sebaliknya dalam beberapa hal lain sang produsen masih pilih mempertahankan spesifikasi lama, yang untungnya masih membuatnya handal menjalankan berbagai aplikasi dan tugas.

Kelemahan utama dari Sony Xperia C5 Ultra yang terasa mengganggu sebenarnya justru terletak pada reproduksi warna layar yang sedikit menurun dibanding Xperia C4 serta volume speaker yang mengecewakan. Dalam jangka panjang, baterai non-removable juga perlu dipertimbangkan sebagai salah satu kekurangan smartphone Android terbaru dari Sony ini.

Menimbang kelebihan serta kelemahan yang dimiliki kami masih memberikan nilai positif untuk Sony Xperia C5 Ultra karena tetap memberikan great value for money.