on

Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2

Lenovo Vibe Shot akhirnya resmi dijual di Indonesia dengan menggandeng Lazada sebagai mitra ekslusifnya. Kehadiran smartphone kelas mid-end terbaru buatan Lenovo ini sekaligus menambah panjang daftar flagship killers favorit tahun ini bersama dengan OnePlus 2 dan Motorola Moto X Pure. Sebagai penerus dari smartphone pertama yang memiliki predikat flagship killer maka sampai saat ini OnePlus 2 masih menjadi benchmark. Karenanya kali ini kami mengangkat perbandingan antara Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2.

Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2 bukan saja menjadi menarik karena keduanya sama-sama berpotensi sebagai “flagship killer” namun juga secara spesifik mengandalkan fitur kamera sebagai key selling point. Ekspektasi terhadap kualitas kamera keduanya tentulah tak perlu diberikan berlebihan dengan membandingkan dengan LG G4, Galaxy S6 atau iPhone 6. Namun sebagai smartphone kelas menengah keduanya memang memiliki segudang potensi.

Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2



Head-to-head Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2

Dari sisi desain seperti sudah berulang kali diulas bahwa OnePlus melakukan ubahan cukup signifikan pada OnePlus 2 antara lain dengan meningkatkan kualitas material serta pattern cover belakang yang unik dengan lima opsi pilihan. Bingkainya sendiri merupakan paduan antara aluminium dengan magnesium.

Bagaimana dengan sang penantang? Tampilan serta material casing Lenovo Vibe Shot tak kalah atraktif. Metal menjadi andalan di keempat sisinya, sementara pada bagian belakang juga lagi-lagi menggunakan material metal yang cukup tebal pada bagian atas dan serat kaca di bawahnya. Bobotnya yang hanya 145 gram juga jauh lebih ringan jika dibanding OnePlus 2 dengan 175 gram.

Masuk ke bagian layar, OnePlus 2 menunjukkan keunggulan dari sisi ukuran karena dibekali dengan layar 5.5 inch dimana layar Lenovo Vibe Shot sedikit lebih kecil yaitu 5 inch. Namun karena tingkat resolusi keduanya setara maka nilai kepadatan warna Vibe Shot lebih baik dibanding OP2.

Keduanya sama-sama sudah menggunakan proteksi Corning Gorilla Glass, jika Lenovo menggunakan Gorilla Glass 3 maka OnePlus sudah mengadopsi Gorilla Glass 4 yang sudah lebih disempurnakan.

Di sektor performa OnePlus 2 unggul berkat penggunaan chipset yang lebih tinggi kelasnya yaitu Snapdragon 810 dengan DDR4-RAM berkapasitas 4 GB. Lenovo Vibe Shot mengandalkan chipset kelas menengah yaitu Snapdragon 615 dan DDR3-RAM berkapasitas 3 GB.

Perbandingan menarik antara Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2 tentu ada pada poin kamera. Vibe Shot sejauh ini diakui sebagai smartphone dengan kamera terbaik yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Cina tersebut. Sensor 16 MP dengan dukungan optical image stabilisation, triple-LED flash, infrared auto-focus, panorama, HDR, manual mode, face detection juga kemampuan merekam klip dalam resolusi 1080p 30 fps banyak mendapat apresiasi dari para reviewer. Demikian pula halnya dengan kamera selfie pada bagian depan.

OnePlus 2 sendiri tak kalah istimewa. Meski sensornya hanya 13 MP namun dibekali berbagai teknologi canggih seperti lensa enam layer, laser autofocus seperti pada LG G4, dual flash dan OIS. Selain sanggup merekam klip dengan resolusi 4K kamera ini juga mendukung mode slow motion dengan resolusi 720 p pada 120 fps. Pada bagian depan OnePlus menempatkan kamera sekunder atau yang belakangan ini lebih akrab disebut sebagai kamera selfie dengan sensor 5 MP.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2

Harga Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2
Lenovo Vibe Shot OnePlus 2
Harga Lenovo Vibe Shot Harga OnePlus 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Mengacu pada beberapa poin perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. OnePlus 2 di atas meski sama-sama mengandalkan kamera sebagai fitur utama namun tipe konsumen yang bakal ditarik oleh masing-masing tampaknya bakal sedikit berbeda. Mereka yang lebih mementingkan kamera kala membeli sebuah smartphone tampaknya akan lebih menemukan Lenovo Vibe Shot sebagai pilihan ideal. Sementara mereka yang menggemari bermain game cenderung akan menjatuhkan pilihan pada OnePlus 2 karena chipset, prosesor serta RAM yang lebih baik.