on

Menilik Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Setelah rilis resmi Samsung Galaxy Note terbaru seperti biasa calon konsumen tentunya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dibanding generasi pendahulunya. Berpatokan pada asumsi tersebut maka kami mencoba mengulas perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4 pada artikel kali ini.

Tahun lalu ketika untuk pertama kalinya Samsung Galaxy Note meninggalkan casing plastik dan beralih ke logam konsumen tampak makin antusias terhadap phablet andalan pabrikan asal Korea tersebut. Kini sang penerus tampil lebih menarik lagi berkat paduan logam dengan serat kaca meski bagi beberapa konsumen bergantinya faux leather menjadi glass tersebut dinilai sebagai sebuah kemunduran. Selain material, adakah ubahan penting lain yang membedakan Samsung Galaxy Note 5 dengan Samsung Galaxy Note 4?

Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4


Mengupas Perbandingan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Dahulu Samsung selalu memberi perbedaan yang cukup jelas antara desain Samsung Galaxy seri S dengan Samsung Galaxy Note. Perbedaan tersebut dari tahun ke tahun semakin minim dan bahkan kali ini bisa dibilang tak ada beda sama sekali antara Galaxy S6 dengan Galaxy Note 5 dari garis besar desain yang diusungnya.

Kesan premium sebagai hasil paduan material logam dengan desain unibodi kembali dimunculkan oleh pihak pabrikan lewat Galaxy Note 5 ini. Galaxy Note 4 sendiri sebagaimana sudah diketahui memadukan metal dengan faux leather sedangkan kini pabrikan pilih menggunakan serat kaca berlapis Corning Gorilla Glass. Salah satu alasan beberapa konsumen kecewa dengan keputusan tersebut karena faux leather dianggap lebih nyaman sekaligus awet dibanding serat kaca. Namun tentu saja setiap orang memiliki pertimbangan dan penilaian yang tidak sama.

Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Justru ketika bicara soal desain yang mencolok sekali membedakan Samsung Galaxy Note 5 dengan Samsung Galaxy Note 4 adalah ketiadaan removable back cover pada Galaxy Note terbaru sehingga slot microSD serta removable battery pun pada akhirnya turut dikorbankan.

Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Di luar itu dari sisi desain tak banyak lagi perbedaan antara kedua generasi Galaxy Note. Penempatan tombol-tombol dan port bisa dibilang identik satu sama lain.

Di sektor layar tentu saja tidak ada peningkatan dari segi ukuran, sebab layar 5.7 inch sudah sangat maksimal untuk sebuah phablet, lebih dari itu maka perbedaan antara phablet dengan tablet bakal menjadi semakin rancu. Di atas kertas memang tak ada beda diantara kedua layar, sebab baik resolusi dan kepadatan warna yang ditampilkan keduanya pun identik satu sama lain. Walau demikian ketika dibandingkan secara langsung kentara bahwa dari sisi teknologi Samsung sudah melakukan penyempurnaan. Hasilnya layar Galaxy Note 5 tampak lebih cerah dan tajam dibanding layar Galaxy Note 4.

Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Performa Galaxy Note 5 mengalami peningkatan signifikan di atas kertas berkat penggunaan prosesor octa-core Exynos 7420 dengan dukungan LDDR-4 RAM berkapasitas 4 GB. Galaxy Note 4 sendiri selain menggunakan prosesor yang lebih lawas juga masih menggunakan LDDR-3 RAM berkapasitas 3 GB. Perbedaan performa keduanya memang terasa secara riil, namun performa Galaxy Note 4 sendiri sampai saat ini masih termasuk mumpuni.

Masuk ke perbandingan fitur Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4 meski keduanya sama-sama sudah memiliki sensor pemindai sidik jari namun Galaxy Note 5 jauh lebih baik dan praktis karena pengguna cukup menyentuhkan jari ke tombol “Home” seperti halnya pada Galaxy S6. Sedangkan pada Galaxy Note 4 masih dilakukan dengan swipe.

Fitur S-Pen pun turut dibenahi, bukan sekedar penampilannya lebih premium namun kinerjanya juga terasa lebih natural dibanding sebelumnya.

Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Di sektor kamera lagi-lagi Samsung Galaxy Note 5 unggul berkat penggunaan kamera baru seperti yang digunakan oleh Galaxy S6. Bagi Anda yang belum tahu, kamera smartphone Galaxy S6 dianggap sebagai kamera smartphone terbaik kedua setelah LG G4 dan di atas iPhone 6. Jadi meski kamera Galaxy Note 4 sendiri termasuk outstanding namun dari sisi performa maupun kualitas masih di bawah penerusnya.

Kesimpulan Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Pada perbandingan singkat Samsung Galaxy Note 5 vs. Samsung Galaxy Note 4 bisa diambil kesimpulan bahwa ada cukup banyak penyempurnaan yang dilakukan pabrikan untuk phablet Android terbaru mereka di segmen high-end tersebut. Jika anggaran Anda cukup sudah pasti Galaxy Note 5 adalah pilihan yang lebih baik, namun jika anggarannya terbatas maka membeli Galaxy Note 4 juga bukan pilihan yang buruk sebab bahkan untuk ukuran saat ini pun phablet tersebut masih termasuk handal.