on

10 Kelebihan Android Marshmallow (10 Fitur Baru)

Kelebihan Android Marshmallow dibanding Android Lollipop atau lebih tepatnya fitur baru yang ditawarkan oleh sistem operasi Android versi terbaru tersebut tentu selalu menjadi hal yang paling dinanti oleh pengguna Android di berbagai belahan dunia. Bersamaan dengan diperkenalkannya seri Nexus terbaru yaitu LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P seperti biasa menandai secara resmi dirilisnya Android Marshmallow. Namun saat ini mayoritas handphone Android keluaran terkini seperti Infinix Hot 4 Pro pun sudah mengadopsinya.

Event di San Fransisco tersebut sekaligus mengungkap secara resmi berbagai fitur baru yang dimiliki oleh Android Marshmallow dimana sebelumnya masih sebatas rumor dan prediksi. Penasaran dengan beberapa kelebihan Android Marshmallow tersebut? Berikut kami sajikan lewat artikel singkat.

Kelebihan Android Marshmallow


10 Fitur Baru/Kelebihan Android Marshmallow

Kelebihan #1 Android Marshmallow: Google Now Launcher Terbaru

Google Now kini tampil makin cantik berkat beberapa ubahan atau penyempurnaan baru berupa animasi yang dari sisi visual lebih menarik dibanding versi sebelumnya. Selain app drawer-nya kini tampak lebih minimalis juga sekaligus mendukung vertical scrolling yang tak dimiliki oleh Android Lollipop atau versi-versi sebelumnya. Selain keberadaan fast alphabetic scrolling serta app suggestion hal menarik lainya dari Android Marshmallow pada poin ini adalah halaman utama (Home Screen) yang kini bisa diputar secara horizontal, bukan hanya vertikal sebagaimana didukung oleh versi sebelumnya.

Kelebihan #2 Android Marshmallow: App Permissions


Kelebihan Android Marshmallow Dibanding Android Lollipop

Fitur ini sudah ditawarkan sejak Android Jelly Bean namun kala itu setiap kali hendak melakukan instalasi aplikasi maka pengguna harus memberikan ijin kepada aplikasi untuk mengakses beberapa informasi, sekali Anda memberikan ijin maka tidak bisa diubah kecuali dengan proses instalasi ulang. Kali ini lewat Settings Menu sang pemilik bisa melakukan ubahan ijin akses tersebut tanpa harus melakukan instalasi ulang.

Kelebihan #3 Android Marshmallow: Flex Storage


Kelebihan Android Marshmallow

Jika sebelumnya untuk memindah aplikasi seperti games dan sebagainya dari memori internal ke microSD dan media memori eksternal lain diperlukan aplikasi pihak ketiga maka mulai sekarang fitur tersebut sudah disediakan atau terintegrasi dengan sistem operasi Android.

Kelebihan #4 Android Marshmallow: Chrome Custom Tabs

Fitur ini pada dasarnya memungkinkan menyimpan link website dalam bentuk menu atau tombol (button) yang menjadikannya tampak seperti sebuah aplikasi.

Kelebihan #5: Android Marshmallow: Doze & Charging

Sadar bahwa makin tingginya spesifikasi smartphone dan tablet terbaru saat ini cukup menguras stamina baterai maka Google berusaha memberi solusi ringan yang disebut sebagai fitur “Doze”. Pada dasarnya salah satu fitur terbaru yang dimiliki oleh Android Marshmallow ini akan mendeteksi apakah smartphone/tablet tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Jika memang terdeteksi ketiadaan aktivitas dalam jangka waktu tertentu maka sensor akan memerintahkan untuk menon-aktifkan beberapa aplikasi yang dinilai boros mengkonsumsi daya baterai.

Selain itu dukungan port USB tipe C juga diklaim mempercepat waktu pengisian daya baterai tiga kali lipat. Selain dua Nexus terbaru beberapa smartphone lain seperti OnePlus 2 sudah menyediakan port serupa.

Kelebihan #6 Android Marshmallow: Unistall pre-loaded apps

Google sendiri sudah mengurangi jumlah pre-loaded apps alias aplikasi bawaan dalam rangka mengoptimalkan kenyamanan pengguna. Namun bahkan untuk aplikasi bawaan yang masih terintegrasi seperti Google Docs, Google+, Google Fit dan beberapa aplikasi bawaan lainnya pengguna bisa melakukan instalasi jika dirasa tidak diperlukan. Sedangkan beberapa aplikasi seperti Setting, Google Play Store, Gmail dan Clock masih tetap dianggap sakral sehingga proses uninstall tidak dimungkinkan.

Kelebihan #7 Android Marshmallow: Now on Tap


Kelebihan dan Kekurangan Android Marshmallow

Mungkin terdengar sepele namun kehadiran fitur “Now on Tap” sebagai bagian dari Android Marshmallow sebenarnya terasa keren saat digunakan bagi Anda yang sudah terbiasa memanfaatkan fitur Google Now. Sebagai contoh saat mendengarkan musik dan ingin informasi mengenai lagu tersebut maka Anda hanya perlu menanyakan langsung pada aplikasi voice assistant tersebut.

Kelebihan #8 Android Marshmallow: Dukungan Pemindai Sidik Jari


Kelebihan Android Marshmallow

Hampir semua flagship smartphone bahkan beberapa diantaranya adalah smartphone kelas menengah sudah menyediakan sensor pemindai sidik jari. Dengan memanfaatkan keberadaannya Google lewat Android Marshmallow memberikan peluang bagi pengguna untuk mengamankan setiap aplikasi dengan pemindai sidik jari tersebut.

Kelebihan #9 Android Marshmallow: Penyempurnaan Seleksi Kata


Kelebihan Android Marshmallow

Proses seleksi kata atau “highlights” pada Android selama ini terasa cukup ribet terutama bagi mereka yang belum terbiasa. Sadar akan hal tersebut maka kini Google menyempurnakannya dengan metode yang menyerupai iOS.

Kelebihan #10 Android Marshmallow: Pengaturan Volume Lebih Baik

Salah satu kelemahan sistem operasi Android selama ini adalah kontrol volume yang menyatu antara musik, alarm serta sistem. Beberapa produsen smartphone/tablet Android sudah berusaha mengatasi agar masing-masing bekerja secara idependen, namun lewat Android Marshmallow ini adalah untuk pertama kalinya Google memisahkan ketiganya lewat sistem operasi itu sendiri.