on

Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4: Duel Smartphone Layar Resolusi Tinggi

Bicara soal layar smartphone dengan resolusi tinggi rasanya perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4 sangat menarik untuk disimak. Sebelum kehadiran Xperia Z5 Premium, layar LG G4 disebut-sebut sebagai salah satu yang tertinggi sekaligus terbaik di pasaran. Namun hanya beberapa bulan berselang Sony merilis smartphone berlayar 4K untuk pertama kalinya dalam sejarah yang serta merta mementalkan LG G4 dari singgasana.

Meski layar menjadi key selling point dari Sony Xperia Z5 Premium serta LG G4 namun di luar itu keduanya masing-masing memiliki keunggulan yang layak dipertimbangkan bagi konsumen kelas high-end. Keduanya sama-sama mengusung kamera dengan performa di atas rata-rata belum lagi build quality yang membuat konsumen merasa sejumlah uang yang dibayarkan untuk menebus terasa layak. Namun mana di antara Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4 yang merupakan pilihan lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda?

Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4


Perbandingan Desain & Spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4

Membandingkan desain Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4 terasa begitu kontras. Pasalnya desain OmniBalance yang dipertahankan Sony sejak beberapa tahun silam meski masih berkesan premium namun cenderung konvensional. Pada saat yang bersamaan Xperia Z5 Premium memiliki keunikan desain pada sensor pemindai sidik jari yang letaknya diposisikan pada tombol daya sehingga terasa ergonomis.

Pada sisi lain LG G4 menawarkan kesegaran desain sebagai perpaduan dari LG G Flex 2 dengan LG G3, pabrikan asal Korea ini tampak memadukan kelebihan dari dua smartphone tersebut dalam wujud LG G4 yang disempurnakan lewat finishing unik di cover bagian belakang. Penampilan LG G4 tidak revolusioner namun dari sisi keunikan jauh lebih moderat ketimbang penampilan Xperia Z5 Premium.

Untuk poin desain bagaimana pun Xperia Z5 Premium memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh LG G4, selain desain pemindai sidik jari yang unik serta ergonomis fakta bahwa casing Xperia Z5 Premium dirancang anti debu dan anti air dengan sertifikasi IP68 membuat pemiliknya merasa lebih terlindungi.

Perbandingan Harga Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4

Sedangkan pada perbandingan layar Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4 memang layar Quad HD yang diusung oleh LG G4 sebagai penyempurnaan dari generasi sebelumnya masih tampak memukau mata terutama kala digunakan memutar film atau bermain game. Bagaimanapun dengan tingkat kepadaran warna 543 ppi, layar berukuran 5.5 inch berteknologi IPS ini tampak inferior kala diperhadapkan langsung dengan layar beresolusi 4K milik Sony Xperia Z5 Premium.

Walau demikian tidak bisa begitu saja menyebut layar Sony Xperia Z5 Premium sebagai pilihan lebih baik dibanding LG G4, sebab sekalipun sensasi kala menonton film misalnya tak bisa dibantah pada sisi lain harus pula disadari bahwa saat ini masih sedikit aplikasi yang mendukung resolusi 4K tersebut. Hasilnya dalam banyak hal layar beresolusi tinggi pada Xperia Z5 Premium cenderung terasa kurang optimal dimanfaatkan.

Perbandingan Layar Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4

Masuk pada perbandingan performa kecepatan LG G4 vs. Sony Xperia Z5 Premium di atas kertas nyata sekali bahwa Snapdragon 808 yang menjadi andalan LG G4 inferior dibanding Snapdragon 810 yang digunakan oleh Xperia Z5 Premium. Namun kondisi di lapangan tidaklah demikian, faktanya performa LG G4 terasa se-fluid dan secepat Sony Xperia Z5 Premium yang notabene menggunakan prosesor serta GPU lebih baik. Bahkan gejala panas berlebih yang cukup mengganggu pada cover belakang Sony Xperia Z5 Premium tak bakal dirasakan oleh pengguna LG G4.

Di sektor media penyimpanan kedua smartphone Android kelas high-end ini sama-sama menyediakan memori internal dengan kapasitas 32 GB namun sementara LG G4 hanya mendukung kapasitas memori eksternal hingga 128 GB, Xperia Z5 Premium membengkakkannya hingga 200 GB.

Poin perbandingan selanjutnya adalah stamina dan kepraktisan baterai. LG G4 mengusung baterai berkapasitas 3.000 mAh dalam berbagai pengujian stamina baterainya masuk dalam kategori layak dan bukan istimewa. Untuk mengimbanginya pihak produsen memberikan fitur Quick Charge 2.0 yang cukup membantu terutama dalam kondisi darurat. Selain itu oleh karena menggunakan baterai tipe removable maka pemilik LG G4 tak perlu repot-repot melindungi data pribadi di dalam ponsel kala harus mengganti baterai.

Sony sendiri mengklaim bahwa meski menggunakan layar resolusi 4K namun baterai 3430 mAh pada Xperia Z5 Premium sanggup bertahan selama dua setengah hari. Kami sendiri belum berkesempatan membuktikan kebenaran klaim tersebut, terus terang untuk saat ini kami cukup pesimis bahwa klaim tersebut bisa terpenuhi. Pastinya oleh karena menggunakan baterai tipe non removable maka Xperia Z5 Premium kalah dalam hal kepraktisan dibanding LG G4.

Untuk perbandingan fitur kamera LG G4 vs. Sony Xperia Z5 Premium, jelas bahwa LG G4 untuk saat ini adalah smartphone dengan kamera terbaik. Lensa lebar f/1.8, penambahan sensor spektrum warna yang diletakkan tepat di dekat optik untuk memastikan reproduksi warna seakurat mungkin, mode manual, dukungan penyimpanan dalam forma RAW serta laser auto focus merupakan kombinasi sempurna yang membuat kamera LG G4 berada di puncak tahta. Bahkan sudah terbukti menjungkalkan kamera iPhone 6 dan Galaxy S6 dari singgasana yang sempat dihuni beberapa bulan.

Perbandingan Kamera Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4

Sony Xperia Z5 Premium sendiri merupakan satu dari tiga smartphone pertama buatan Sony yang mengusung modul kamera baru 23 MP Exmor RS. Auto focus yang diklaim sanggup mengunci objek hanya dalam waktu 0.3 detik merupakan keunggulan lain dari kamera Xperia Z5 Premium yang layak digarisbawahi. Lagi-lagi sayangnya kami sendiri belum berkesempatan untuk menguji sehingga untuk saat ini belum bisa menentukan siapa yang lebih baik diantara keduanya pada poin ini.

Baik Sony Xperia Z5 Premium maupun LG G4 sama-sama menjalankan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan tampilan antar mukanya sendiri. Kami cenderung lebih menyukai tampilan antar muka milik Sony karena sederhana, mirip dengan stock Android. Sekalipun Sony menambahkan beberapa aplikasi tambahan namun jumlahnya sangat minim. Sebaliknya, LG G4 masih sama seperti generasi sebelumnya mengintegrasikan beberapa aplikasi khas LG yang sebagian besar diantaranya tak diperlukan.

Kesimpulan Perbandingan Sony Xperia Z5 Premium vs. LG G4

LG G4 tak dapat disangkal masih merupakan salah satu smartphone terbaik tahun 2015, sayangnya kehadiran Sony Xperia Z5 Premium yang mengusung sensor pemindai sidik jari, kamera dengan modul terbaru, serta layar beresolusi 4K belum lagi casing dengan sertifikasi IP68 tampaknya berpotensi menggulingkan smartphone andalan LG itu dari tahtanya. Setidaknya di atas kertas Sony Xperia Z5 Premium masih merupakan pilihan yang lebih baik.