on

Pilihan Laptop dengan Stamina Baterai Tahan Lama

Laptop dengan baterai tahan lama sebenarnya tidak terlalu sulit untuk ditemukan selama Anda tahu dimana mencarinya. Normalnya, ukuran daya tahan baterai laptop yang memadai untuk saat ini rata-rata adalah 10 jam, namun beberapa konsumen karena tingkat mobilitasnya membutuhkan daya tahan lebih dari angka tersebut.

Memang ada beberapa cara meningkatkan data tahan atau stamina baterai laptop, namun selain cara-cara tersebut membatasi potensi laptop bersangkutan juga dirasa tidak praktis bagi mereka yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Lebih-lebih jika yang bersangkutan adalah tipe konsumen yang sekedar pakai alias tidak memahami aspek teknis sebenarnya dari sebuah laptop dan pasrah pada bahasa pemasaran yang digunakan produsen dan penjualnya. Usah khawatir jika Anda termasuk diantaranya, beberapa pilihan laptop berikut terbukti memiliki stamina baterai lebih dari 10 jam.



Toshiba Portege Z20t: Laptop dengan Stamina Baterai Tahan Lama #1


Laptop yang baterainya tahan lama

Rahasia stamina baterai laptop Toshiba Portege Z20t tahan lama berasal dari dua baterai yang dimilikinya. Baterai yang terletak pada tablet (layar) selama pengujian sanggup bertahan selama 9 jam, sementara baterai pada keyboard menambah daya tahannya selama 8 jam. Sehingga secara teoritis kala keduanya digunakan bersama (pada mode laptop) tidak sulit bagi laptop lipat buatan Toshiba ini untuk jauh-jauh dari sumber listrik selama 17 jam.

Memang dalam pengujian hasil tersebut sulit didapat pada penggunaan normal. Namun catatan waktu 15 jam cukup membuat Laptop Toshiba Portege Z20t tercatat sebagai laptop dengan baterai paling tahan lama sampai detik ini.

Lenovo ThinkPad T450s dan Z250: Laptop dengan Stamina Baterai Tahan Lama #2


Laptop yang baterainya paling awet

Stamina baterai duo Lenovo seri ThinkPad ini mungkin tidak sepanjang laptop Toshiba Portege Z20t, namun ada keunggulan lain dari kedua laptop buatan Lenovo ini yaitu penggunaan baterai tipe removable. Belakangan ini demi mengedepankan desain serta dimensi ramping kebanyakan pabrikan laptop meninggalkan removable battery dan menggantinya dengan non-removable.

Konsumen awam tidak berkeberatan dengan kondisi tersebut, sebaliknya konsumen yang enggan begitu saja menyerahkan laptop ke jasa perbaikan laptop lebih-lebih jika masalahnya hanya sekedar membutuhkan baterai baru tidak terlalu nyaman dengan situasi tersebut. Walau demikian karena target market yang disasar oleh kedua lapotp Lenovo tersebut adalah mereka yang memiliki tingkat mobilitas sangat tinggi maka laptop ini tetap dilengkapi pula dengan baterai internal. Sisi positifnya pengguna bisa melepas dan mengganti baterai eksternal tanpa perlu mematikan laptop terlebih dahulu.

Sang produsen mengklaim baterai Lenovo X250 mamupi bertahan selama 21.4 jam, sementara untuk T450s 19,9 jam. Pada pengujian di lapangan kami mendapati keduanya sanggup bertahan selama 16 jam untuk pengunaan normal.

Pilihan Laptop dengan Stamina Baterai Tahan Lama

Del XPS 13: Laptop dengan Stamina Baterai Tahan Lama #3

Dell XPS keluaran terbaru sebenarnya menasarkan stamina baterai yang lebih panjang yaitu 18 jam menurut klaim pabrikan. Namun selain harganya lebih mahal, untuk saat ini Dell XPS 13 2015 juga masih relatif sulit didapat. Pendahulunya masih merupakan pilihan menarik, stamina baterainya pun sanggup bertahan hingga 15 jam.

Menariknya dengan daya tahan baterai sepanjang itu umumnya produsen laptop lain menggunakan prosesor Intel Core M (mobile), sedangkan tidak demikian halnya dengan Dell, sebab laptop ini tetap menggunakan prosesor Intel Core i5.

MacBook Air: Laptop dengan Stamina Baterai Tahan Lama #4

Bagi Anda yang lebih berpreferensi pada Apple dan sistem operasi Mac OS X maka Apple MacBook Air juga merupakan salah satu laptop dengan stamina baterai tahan lama. MacBook Air yang memiliki layar berukuran 11 inch menawarkan daya tahan baterai hingga 12 jam dalam pengujian. Jika Anda cenderung memilih MacBook Pro yang layarnya 13 inch pun sebenarnya stamina baterai yang dimiliki setara dengan MacBook Air.